Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

creatordesaAvatar border
TS
creatordesa
Penemuan Alat Yang Sangat Bergina Bagi Pertanian Indonesia|Petani Indonesia Jaya
Penemuan Alat Yang Sangat Bergina Bagi Pertanian Indonesia|Petani Indonesia Jaya
Pertanian menurut Wikipedia merupakan kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam.

Pengertian Pertanian Menurut Para Ahli

Sedangkan pendapat ahli mengenai arti pertanian, antara lain adalah sebagai berikut;

Van Aarsten (1953)

Pertanian merupakan kegiatan manusia yang dilakukan untuk memeproleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan hewan yang apda mulanya dicapai dengan jalan sengaja untuk menyempurnakan segala kemungkinan yang telah diberikan oleh alam guna mengembangbiakan tumbuhan dan hewan tersebut.

Mosher (1966)

Pertanian merupakan bentuk produksi yang khas didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dan hewan dalam suatu usaha tani dimana kegiatan produksi merupakan bisnis sehingga pengeluaran dan pendapatan mempunyai arti yang sangat penting.

Y.W Wartaya Winangun

Pertanian adalah hal yang memiliki sifat substansial dalam hal pembangunan karena dapat berlaku sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, penyedia bahan mentah untuk industri, penyumbang devisa negara dan penyedia lapangan pekerjaan.

Dwi Haryanti

Pertanian memiliki pengertian sebagai suatu usaha manusia dalam bercocok tanam dimana objeknya merupakan sebuah lahan kosong.

Sri Sulestari

Pertanian merupakan jenis usaha yang bertumpu pada pengolahan tanah dan tanaman yang ditanam berupa tanaman pangan.

Nah kawan dalam proses bertani ini terdapat proses yang namanya menanam padi atau dalam bahasa daerah mimin disebut tandur, nah dalam menanam padi ini di Indonesia kebanyakan masih menggunakan tenaga manusia walaupun ada yang sudah menggunakan mesin, namum pertanian didaerah mimin masih menggunkan tenaga manusia karena menurut para petani hasilnya lebih bagus karena akar padi menancap sempurna. Nah didaerah kawan gimana pertaniannya ?

Sekarang kita langsung ketopik pembahanyanya saja, yaituh cara atau bisa disebut juga lifehack yang dilakukan petani didarah mimin nih.....

Penemuan Alat Yang Sangat Bergina Bagi Pertanian Indonesia|Petani Indonesia Jaya

Seperti yang bisa kawan lihat digambar nih, petani yang menanam padi dibawah terik matahari ini membuat suatu alat yang terbuat dari papan plastik yang ringan berukuran panjang ±1meter yang diberi tali di bagian tengah namun hampir kebawah sehingga ada bagian papan plastik yang bisa menutupi kepala saat sedang menanam padi, kemudiaan alat itu di letakan di punggung seperti menggendong tas.

Alat ini dibuat terinspirasi dari kersahan para petani yang jika saat menanam padi topi yang dipake terjatuh, dengan alat ini petani gak perlu ketakutan topi terjatuh lagi.

Ada bonus nih buat kalian

Penemuan Alat Yang Sangat Bergina Bagi Pertanian Indonesia|Petani Indonesia Jaya

Nah ini cara menanam padi dengan mode santuy.......🤣🤣🤣

Trimakasi sudah membaca jangan lupa klik tombol Ikuti di akun mimin ya, biar mimin makin semangat berbagi info yang berguna bagi kalian kawan 😊😊
Diubah oleh creatordesa 21-07-2020 07:47
0
1K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cinta Indonesiaku
Cinta IndonesiakuKASKUS Official
5.3KThread2.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.