Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

deandrawiraAvatar border
TS
deandrawira
Muhasabah
Tetiba suka iri aja gitu sama emak emak yang punya suami pengusaha skala Bakrie. Mereka kayaknya gak pernah ngerasain gimana nabung berbulan bulan buat beli sepatu sekolah anak. Misahin gaji suami biar awet sebulan. Walau itu duit dibubuhin pengawet mayat tetep aja raib dan nguap. Gak pernah bisa awet kayak mumi firaun.

Mereka juga gak pernah pusing denger listrik yang bunyi nya nyut nyut an efek token habis.
Mereka dengan enaknya bisa pesen makan dan tiket pesawat kemanapun mereka mau, menguploadnya tanpa rasa berdosa ketika para emak macam saya yang cuma bisa ngeces sambil melongo gak ada habisnya.
Mereka gak pernah ngerasain gimana perihnya naik Commuterline gak dapet tempat duduk, kegencet sana sini demi mengirit honor transport per bulan.

Harga skincare mereka yang harganya setara dengan honor saya selama 2 tahun mengajar di sebuah fakultas kampus disebuah daerah, bikin saya kadang bergidik. Segitunya ya buat glowingin muka aja sampe ngabisin duit yang buat saya sih bermakna banget, bisa sekolahin anak, bayar sewa rumah, cicilan ala ala masyarakat 62.

Dari zaman sekolah prestasi saya gak bisa dibilang biasa, peringkat satu dari tingkat SD sampai SMU masih belum bisa mendongkrak cita cita masuk kedokteran yang di idam idamkan.

Beberpa kali ikut test kampus negeri dengan jurusan kedokteran selalu lulus dengan nilai yang baik. Tapi, di negeri dongeng ini isi kepala saja gak cukup untuk meraih cita cita wahai marimar.

Rupanya ada tahap akhir dimana setiap mahasiswa tetap harus siapkan dana sejumlah (Rp ), ini yang bikin emak saya cuma bisa sujud berlama lama setiap malam. Ah, saya jadi kasian alhasil mengalah saja masuk kuliah jurusan apa pun yang penting gratis tis.

Nyari kost an semurah mungkin, dengan biaya hidup yang super pas pas an. Pagi siang malem makan dirapel hanya dengan sebungkus indomie hahay. Kadang harus nyambi jadi guru private atau jadi MC kimpoian dadakan demi bisa makan enak, dan honornya bisa beli sepatu plus kaos kaki yang cuma punya satu satunya, aduh.

Diajak siaran radio daerah yang dibayar cuma dengan sebungkus nasi goreng atau honor transport 15ribu rupiah itu sudah jadi kebanggaan.

Ah sedih kalo diceritain mah,

Sebagai bahan pemikiran ke depan. Ternyata hidup di negeri ini kerja keras aja gak cukup gaes, kalimat indah dari pak mario teguh gak semanis fakta dilapangan.

Lihat aja pak Nadiem yang katanya berhasil dan sukses bisnisnya karena kerja keras, ah buat saya sih gak mungkin. Secara kita tahu siapa ayah beliau, skala Hotman Paris aja pernah belajar sama beliau. Kebayangkan dia udah dihujanin duit sejak brojol.

Kalo mereka berani bermimpi karena jika mimpi itu tak bisa diraih mungkin paling banter mereka mendarat mesra di atas karpet merah. Lalu asyik menyusun mimpi kembali.

Lha saya? Kalo mimpi lalu jatoh mau nyungseb kemana? Wong naik aja nggak, apa iya mau kekubur hidup hidup?

Kemarin mahasiswa saya sempat membahas tentang degradasi moral, sifat hedon yang di tularkan pada generasi bangsa, dimana anak anak muda kita hanya disuguhkan tontonan kekayaan, barang mewah, membuat anak anak generasi tak siap menerima perihnya perjuangan, cenderung selalu ingin instant, tak berfikir mana benar dan salah terlebih mana halal dan haramnya aturan tuhan.

Kepada diriku, Qalbu ini berpesan. Sehebat dan sekaya apapun mereka di dunia, ingatlah bahwa kekaayan serta kesenangan mereka tak bisa menebus kesulitan saat berada di alam kubur.

Bahkan sehebat apapun lamborghini yang di banggakan oleh beberapa artist dengan harga fantastis, tak mampu menolong kita saat melintasi Shiratal Mustaqim.


De
Diubah oleh deandrawira 21-07-2020 06:00
bukhorigan
bukhorigan memberi reputasi
1
666
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Stories from the Heart
Stories from the HeartKASKUS Official
31.6KThread42.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.