Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Percaya Tak Percaya, Batu di Bengkulu Disebut Menangis Saat Malam 14 Suro


Bengkulu - Di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, ada situs batu yang konon sering mengeluarkan air dari sela batu pada tiap bulan purnama 14 Suro. Warga setempat menyakini air mata tersebut berasal dari Putri Selangka.
Objek wisata Batu Menangis ini terletak di kawasan pemandian Suban Air Panas, Rejang Lebong, Bengkulu. Penjaga objek Batu Menangis, Robert Bastian mengatakan batu ini berasal dari legenda Putri Selangka yang meratapi nasibnya dengan duduk di batu tersebut.

Hingga saat ini batu menangis masih terawat dan terjaga kelestariannya. Dia lalu bercerita soal suara tangisan di malam tanggal 14 Suro.

"Selain kerap terdengar suara tangisan di tanggal 14 suro, ada juga yang mendengar tangisan terdengar setiap magrib tiba tapi batunya tidak mengeluarkan air (seperti) saat 14 Suro," kata Robert dalam obrolan detikcom, Senin (20/07).

Robert mengatakan Batu Menangis telah terdaftar sebagai salah satu cagar budaya. Makanya, hingga kini Batu Menangis menjadi tujuan objek wisata di Kabupaten Rejang Lebong.

Agar kelestariannya terjaga, areal Batu Menangis diberi pagar agar tidak dirusak oleh orang tidak bertanggung jawab. "Agar pengunjung tidak kesulitan mengetahui sejarah batu menangis ini, kita telah memasang sejarah batu tersebut," kata Robert.

Alkisah, konon ada sebuah Kerajaan Suku Rejang yang memiliki seorang putri cantik jelita, yaitu putri Selangka. Dia biasa disebut juga Putri Gemerincing karena kecantikannya.

Putri Selangka dijodohkan dengan Pangeran Gambir Melayang dari kerajaan lain. Namun perjodohan ini ditentang oleh Putri Selangka.

Akhirnya, Putri Selangka lari dan menangis duduk di batu yang saat ini menjadi objek wisata Suban air panas. Di batu inilah menurut warga, Putri Selangka menangis meratapi nasibnya.

Maka setiap tanggal 14 Suro di batu ini sering terdengar suara tangisan wanita, bahkan suara tersebut menurut warga masih terdengar hingga kini.

https://m.detik.com/news/berita/d-51...alam-14-suro/2

Believe or not.....kembali kita aja emoticon-Ngakak
Diubah oleh gabener.edan 20-07-2020 02:46
nomorelies
c4tboo
punto99
punto99 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.8K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.