ih.sulAvatar border
TS
ih.sul
Percayalah, Zodiak Tidak Mempengaruhi Apapun Dalam Hidupmu


Mungkin untuk agan agan yang setiap hari menyelam ke internet sudah sering melihat yang namanya 'ramalan zodiak'. Ramalan yang dibuat berdasarkan tanggal lahir seseorang ini cukup ramai peminatnya karna banyak orang yang tertarik untuk mengetahui masa depan.

Ada banyak tipe tipe dari ramalan ini seperti ramalan keberuntungan, keuangan, pekerjaan hingga cinta. Contohnya seperti zodiak virgo akan kena sial hari ini, zodiak taurus dan aries cocok untuk menikah, zodiak pisces akan kena pecat dan sebagainya.



Sekarang mari kita buka mata telinga dan hati kita lebar lebar untuk sebuah fakta mencengangkan ini. ZODIAK TAK ADA PENGARUHNYA DALAM HIDUPMU.

Kita mungkin pernah membaca artikel mengenai sifat sifat seseorang berdasarkan zodiaknya. Nah, di dunia ini hanya ada 12 zodiak jadi apakah sifat manusia hanya ada 12?

Kalau dipikirkan secara logika pun bagaimana bisa sifat dan masa depan seseorang ditentukan lewat tanggal lahir? Sama sekali tidak ada dasar akan hal itu. Begitu juga dengan golongan darah.

Contohnya lihat pembicaraan 2 orang ini :
Quote:


Cuma orang bodoh yang memilih pasangan hidup berdasarkan cara semacam itu.



Kepribadian seseorang dibentuk berdasarkan gen dan lingkungannya dan tanggal lahir tidak memiliki andil apapun dalam hal tersebut. Memang banyak rumor rumor semacam ini seperti anak yang lahir siang hari akan jadi pemarah, anak yang lahir saat magrib akan jadi anak baik sampai anak yang lahir saat gerhana matahari akan punya kekuatan super. Kalau rumor semacam ini benar pasti banyak orang yang milih operasi sesar agar anaknya lahir saat gerhana.

Tapi kenapa banyak orang yang masih saja mempercayai hal ini? Jawabannya adalah efek barnum.



Ramalan zodiak tidak pernah menerangkan sesuatu secara spesifik melainkan hanya memberikan sesuatu yang bersifat umum. Contohnya begini :

'kamu sebenarnya orang yang ceria namun kamu sering merasa kesepian bila tidak melakukan apapun. Kamu kadang merasa tertekan oleh lingkungan sekitar namun bila kamu berusaha kamu pasti akan mampu mengatasinya'

Ada yang merasa deskripsi diatas cocok dengannya? DESKRIPSI TERSEBUT SANGATLAH UMUM DAN BISA DITERIMA SIAPA SAJA. Dengan hanya mengambil ciri umum dan membuatmu merasa kalau dirimu memang seperti itu. Itulah efek barnum. Efek barnum inilah yang membuat seseorang percaya pada ramalan meski sebenarnya ramalan tersebut tidak memberikan ramalan apapun.

So, apakah anda masih ingin percaya pada ramalan? Itu sih terserah anda.

Sekian dari saya mari bertemu di thread saya yang lainnya.
Diubah oleh ih.sul 20-07-2020 02:45
indramamoth
kekefadilah
iskrim
iskrim dan 55 lainnya memberi reputasi
54
40.3K
226
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.