Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewakereAvatar border
TS
dewakere 
Praktikum Anak SD Penyaring Air, Lifehack Yang Sangat Berguna Bagi Keluarga Gua




Assalamualaikum

Sedikit cerita sih soal lifehackyang gua bikin mungkin lain daripada yang lain karena ada sejarahnya juga. Dirumah gua penggunaan air apapun menggunakan air sumur dimana kita menggunakan pompa air untuk mengalirkan air ke keran-keran yang ada dirumah.

Kemudian ada masalah, kok airnya gak jernih berwarna hitam, akhirnya gua dan abang gua mencari solusi pertama sih ingin membeli penjernih air di beberapa market place yang harganya lebih dari 300 ribuan. Gua mikir anjir mahal banget, apalagi ketika covid pemasukan berkurang. Untungnya hampir seminggu, 5 kali gua berkumpul dengan anak-anak SD dan terinspirasi salah satu praktikum yang ada di buku tematik anak SD kelas 4.

{thread_title}


Akhirnya gua iseng nyoba ilmu yang gua praktekin ketika gua kelas 5 SD. Dengan filter air buatan yang bahan dasarnyaadalah : ijuk yang kita potong dari sapu bekas, kerikil dan batu alam yang kita ambil di sungai (kebetulan rumah gua dekat sungai), arang dari batok kelapa dan serabut kelapa yang gua bikin sendiri karena punya pohon kelapa, dan botol minuman berkarbonasi 2 biji yang gua beli di salah satu minimarket seharga perbijinya 17.000 dan spons sisa dari apa saja.

Caranya cukup mudah sih, mungkin sebagian besar dari kita sering mempraktekkannya pada saat kita sekolah dulu. Tahap dasar ; kita masukan spons, lalu disusul ijuk, arang, dan kerikil. Awalnya kita coba dulu dengan tempat biasa tanpa kita sambungkan ke saluran air dan semua itu worth it. Akhirnya kita cobalah sambungkan dengan sedikit pipa saluran air dirumah seperti yang ada di video.

Alhamdulilah sekarang air yang ada di rumah gua jernih dan tidak berwarna kehitaman lagi, jadi bisa dipergunakan untuk berbagai hal seperti mencuci, masak dan juga yang jelas, mandi serta beberapa aktifitas lainnya.



Mungkin itu sedikit lifehack pengalaman gua yang sangat berguna bagi keluarga gua. Karena mungkin tanpa praktikum anak SD tersebut kita bisa mengeluarkan uang lebih dari Rp.300.000,- . Semoga sedikit tutorial gambar dan video yang gua berikan bisa berguna bagi agan dan sista yang memiliki masalah yang sama. Sedikit qoutes dari saya

"Asal Kita Kreatif, Semua Masalah Pasti ada Solusinya"


Quote:
Diubah oleh dewakere 17-07-2020 04:40
istijabah
Bgssusanto88
ujellyjello
ujellyjello dan 20 lainnya memberi reputasi
21
2.9K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Do It Yourself
Do It YourselfKASKUS Official
1.5KThread1.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.