Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

KkunyukAvatar border
TS
Kkunyuk
Bio Farma: Tak Ada Unsur Haram dlm Pembuatan Vaksin Corona Bersama China Kuminis
Bio Farma: Tak Ada Unsur Haram dlm Pembuatan Vaksin Corona Bersama China Kuminis

PT Bio Farma menjadi salah satu pihak yang terlibat dalam pengembangan vaksin corona di Indonesia. Mereka memastikan bahan-bahan pembuatan vaksin tersebut bebas dari unsur-unsur yang tidak halal.

"Dari unsur-unsur (yang) kita gunakan untuk membuat vaksin, sampai hari ini tidak ada unsur yang bisa dikatakan dia tidak halal," kata Dirut Bio Farma Honesti Basyir dalam raker dengan Komisi IX DPR, Selasa (14/7).

Bio Farma sedang berkoordinasi dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mendapatkan sertifikat halal vaksin tersebut. Bio Farma tak menampik hal tersebut juga butuh waktu.

"Tapi kami berkomunikasi dengan MUI karena untuk mendapatkan sertifikat halal akan membutuhkan waktu, tapi karena dengan adanya tes juga di lapangan kami untuk memastikan vaksin ini tidak ada kandungan-kandungan yang mungkin unsur itu jadi tidak halal," kata dia.

Bio Farma: Tak Ada Unsur Haram dlm Pembuatan Vaksin Corona Bersama China Kuminis

Dalam pengembangan vaksin corona dalam negeri, Eijkman telah menggandeng dua perusahaan farmasi Indonesia, yakni PT Biofarma dan PT Kalbe Farma. Mereka juga bekerja sama dengan lembaga penelitian internasional untuk mempercepat pengembangan vaksin COVID-19, salah satunya adalah biofarmasi Sinova dari China, dan Genexine asal Korea Selatan.

BPOM telah mengambil peran untuk percepatan izin edar dan pelulusan produk sebagai obat dan vaksin, sehingga proses pengembangan obat dan izin edar dapat lebih cepat dilakukan. Tentu saja, pihak BPOM juga ikut mendampingi dalam beberapa uji klinik obat dan vaksin tersebut untuk pemenuhan syarat sertifikasi dan registrasi.

Presiden Jokowi sebelumnya menegaskan vaksin corona untuk masyarakat Indonesia bisa diedarkan pada awal 2021. Warga yang dianggap rentan, masyarakat di zona merah, dan tenaga medis akan mendapatkan prioritas untuk mendapatkan vaksin ini.

"Kebutuhannya kita hitung ada 347 juta vaksin karena satu orang bisa tidak hanya sekali. Orang yang sudah divaksin, bisa mental lagi, jadi harus divaksin lagi. Tahun depan kita perkirakan produksi 170 juta vaksin," kata Jokowi.

Rahmat Lil Alamin

Rezim thagut kembali menyakiti hati ummah 212 dgn membuat vaksin bersama china kuminis dan tafir korea dgn drama2nya ya akhi

Ikhwan dan akhwat kagak akan sudi memakai vaksin itu!!

Tapi lumayan ada job demo lagi stlh RUU HIP: Tolak Vaksin Corona China dan Korea

Alhamdulillah

emoticon-Christmas
Diubah oleh Kkunyuk 16-07-2020 15:19
secengdapet8
secengdapet8 memberi reputasi
-1
1.9K
15
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.