Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Kemiskinan Naik, Sri Mulyani: Sesuai Prediksi


Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah sudah memprediksi bahwa angka kemiskinan pada awal tahun ini akan naik. Apalagi pandemi Covid-19 memang sangat menekan ke kalangan menengah ke bawah.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penduduk miskin Indonesia pada Maret 2020 sebanyak 26,42 juta orang. Jumlahnya meningkat 1,63 juta orang dari periode September tahun lalu dan naik 1,28 juta orang dari Maret tahun lalu.

Menurutnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memang paling banyak menekan UMKM dan kelompok bawah seperti ultra mikro. Ini lah yang menjadi penyebab kemiskinan naik cukup tinggi.

"Kenaikan kemiskinan masih di dalam range yang merupakan prediksi kita bahwa kenaikan sekitar 1,2 juta," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Rabu (15/7/2020).

Lanjutnya, pemerintah akan melanjutkan kebijakan yang sudah ada selama ini untuk menekan penambahan angka kemiskinan yang lebih tinggi lagi. Mulai dari perpanjangan dan penambahan kuota penerima bantuan sosial.

"PKH akan kita beri tambahan beras, kita juga tambah UMKM bansos produktif. Jadi kelompok yang betul-betul belum bankable sekarang bisa diidentifikasi dan mereka akan dapatkan kredit dalam bentuk bansos, sehingga mereka tidak terbebani untuk mengembalikan," jelasnya.

Bendahara Negara ini menekankan, ini dilakukan terutama untuk kelompok ultra mikro agar bisa menjalankan usaha dan bisa tetap bertahan di tengah tekanan pandemi Covid-19 ini.

"Itu kita lakukan di level-level bawah yang ultra mikro dan mekar. Kemudian kredit-kredit di Pegadaian dan koperasi dan bank wakaf masuk target kita sekarang saat ini," tegasnya.

link


"Kenaikan kemiskinan masih di dalam range yang merupakan prediksi kita bahwa kenaikan sekitar 1,2 juta," ujar Sri Mulyani di Gedung DPR RI, Rabu (15/7/2020).
scorpiolama
scorpiolama memberi reputasi
1
912
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.