Female
Batal
KATEGORI
link has been copied
283
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0ff61e88b3cb1f4a0bc07a/menurut-agan-anak-merupakan-investasi-masa-depan-atau-amanah
Ane tertarik membahas ini, karena topik ini memang sedang hangat-hangatnya di bahas di Twitter, dan topik ini ane rasa relate banget dengan semua orang, entah kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua.
Lapor Hansip
16-07-2020 13:39

Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Ane tertarik membahas ini, karena topik ini memang sedang hangat-hangatnya di bahas di Twitter, dan topik ini ane rasa relate banget dengan semua orang, entah kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua, ataupun kalian yang saat ini sedang menjadi anak. Pertanyaann untuk kalian yang saat ini sudah menjadi orang tua. "Apakah kalian menganggap anak kalian Investasi?" dan untuk kalian sebagai anak, "Apakah kalian merasa terbebani, memberikan sebagian hasil kerja kalian untuk orang tua?"

Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?

Ane pribadi sering sekali mendengar kata-kata ini "Investasi terbaik adalah anak sendiri" dulu ane masih belum terlalu paham apa yang dimaksud dengan Investasi, tapi seiring berjalan dengan waktu, ane berpikir Investasi kan biasa dilambangkan dengan uang, seperti kita menanamkan sesuatu lantas berharap mendapatkan sesuatu juga setelahnya. Terus maksudnya kita membiayai anak dengan uang, dengan harapan kita akan mendapatkan kembali uang tersebut dalam jumlah yang lebih besar atau bagaimana?

BANYAK ORANG TUA MENGANGGAP ANAK ADALAH INVESTASI.
Orang tua normal akan menganggap anak sebagai titipan dari Tuhan yang harus dijaga dengan baik, diberi fasilitas terbaik semampu kedua orang tuanya, terlepas dari apakah anak tersebut nantinya akan membalas kebaikan dengan berbakti kepada kedua orang tuanya atau tidak. Tapi kewajiban orang tua memang untuk merawat anak-anak nya tanpa pamrih. Tapi ada juga orang tua yang menganggap anaknya adalah Investasi, contohnya adalah kolega kerja ane.

Kolega kerja ane adalah seorang janda berumur 40 tahun, memiliki 1 anak laki-laki kelas 3 SMA, dia sering curhat ke ane tentang kehidupannya. Dan 1 hal yang ane inget bener sampe saat ini, dia bilang "Sin, gue kerja banting tulang begini, cuma buat anak gue sin, gue sekolahin dia bener-bener dari kecil sampe segede ini, gue semua yang biayain sin. Investasi gue ya cuma anak gue, kalo dia udah selese sekolah, gue mau berenti kerja sin. Capek. Biar gantian anak gue yang kerja."

Ya gimana ya, ane juga ga bisa menyalahkan pemikiran kolega ane ini, karena ane tau beratnya perjuangan dia ngebesarin 1 anak dengan status single parent gitu. Cuman ketika nanti ternyata anaknya ga sesuai sama harapan ibu nya gimana? Karena dari awal temen ane ini udah menganggap anaknya sebagai Investasi.

UNEK-UNEK ANAK YANG DIANGGAP SEBAGAI ROBOT INVESTASI.
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?

sumber gambar : Twitter/@tucarino_
Bisa dibaca ya, diatas adalah contoh unek-unek seorang anak yang merasa terbebani dengan segala kebutuhan keluarga dan adik-adiknya. Ya gimana ya, ane juga sebenarnya bingung menyikapinya, kalau ditanya "Apa ada tipe orang tua yang morotin hasil kerja anaknya?"Jawabannya jelas ada, temen kosan ane dulu pas merantau begini. Dia rela dikosan cuma makan sama mie instan hampir setiap hari, biar bisa ngumpulin uang buat bayar utang orang tuanya dikampung. Tapi kalo temen ane, dia ga pernah ngeluh. Dia bilang selama dia masih bisa kerja buat bantu orang tuanya ya ga masalah.

LURUSKAN POLA PIKIR, TUJUAN DAN NIAT. SUPAYA TIDAK MERASA TERBEBANI.
Pemikiran sepertiAnak adalah Investasi atau Anak bukan Investasi serta Memberi Orang Tua adalah Kewajiban atau Memberi Orang Tua ketika Kita Lebih, abaikan saja dan gausah diperdebatkan. Yang penting lakukan peran dengan sebaik mungkin. 
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?


Karena ane percaya, orang tua yang baikadalah orang tua yang mendukung anaknya dalam hal apapun tanpa menuntut kembali. Anak adalah anugerah dari Tuhan dan sudah swajib hukumnya bagi orang tua untuk merawatnya, kalau ada yang bilang anak adalah Investasi, mungkin lebih ke Investasi akhirat ya. Kalo bagi ane seorang muslim, ane diajarkan bahwa "Anak yang berbakti adalah pahala bagi orang tua yang sudah meninggal" setiap doa-doa nya akan menggugurkan dosa orang tuanya. 

Sedangkan anak yang baik akan memberi kepada orang tuanya tanpa diminta. Sebagai wujud dan bentuk terimakasih karena telah merawat, membesarkan, menemani dan melakukan hal terbaik sebagai orang tua. Ane sadar betul, sebesar apapun materi yang diberikan oleh anak kepada orang tuanya, tidak akan sebanding dengan pengorbanan dan perjuangan kedua orang tua yang telah merawatnya. So, menurut ane sikapi dengan bijak.

sumber : Opini pribadi

Diubah oleh sinsin2806
profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 44 lainnya memberi reputasi
43
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 7
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
16-07-2020 15:22
Bagi ane begini, ya kalo ane udah punya anak ya ane anggap aja amanah. Bukan investasi dunia, karena si anak mungkin saja 'malas', gak ikhlas, atau bahkan gak mau dijadiin ladang investasi. (Tergantung orangnya)

Ane sendiri gak dianggap investasi sih sama ortu, tapi ane mampu sih ngasih harta ke ortu tapi bukan dalam bentuk invest.

* * *

Kalo di tempat ane, rata-rata para orang tua yang miskin ingin menjadikan anaknya sebagai invest. ( yang kaya juga ada sih, tp gak sebanyak yang miskin). Tp gak tau lah kalo ditempat lain.
Diubah oleh anakjahanam722
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
16-07-2020 15:33
Menurut ane anak tuh amanah dan tanggung jawab orang tua gan. Dan kalo kita bisa menjalankan amanah dan tanggung jawab itu dengan baik, ane yakin pasti kita sebagai orang tua bakal dapat imbalan yang setimpal ko.







Oh iya gan bantu isi kuisioner skripsi ane ya
https://bit.ly/bantutarizal
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
16-07-2020 17:52
Klo menurutku mah. Anak itu ya amanah. Jangan punya anak klo tujuan nya biar besok tua ada yg nemenin, biar rumah gak sepi lagi, biar besok tua ada yg gantian cari duit. Anak disekolahin ya tujuan nya biar dia bisa mandiri, di masa depan cari duit sendiri.. Punya anak berarti membuka jalan buat generasi sesudah kita.. Jadi jangan pamrih. Klo udah berani punya anak. Membiayai kehidupan nya dan sekolah nya itu kewajiban bagi orang tua, jadi jangan pamrih minta di bales klo suatu saat anak nya udah sukses. Begitupun anak punya kewajiban berbakti. Berbakti gak harus dalam bentuk materi. Sayang dan care terhadap kondisi orang tua, itu juga bentuk berbakti.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
arrighi.21 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
16-07-2020 18:58
Masalahnya emang ada orang tua yg emang ngarepin nanti tua tinggal minta sama anak, tp saat dewasa dan punya keluarga si anak juga punya kebutuhan sendiri, dan alhasil si anak tdk bisa selalu memberi pada si ortu, trus ujung2nya si ortu nyebut2 jasa2nya, dr ngelahirin, nafkahin, sampai nyekolahin. Apa kalau gitu pahalanya luntur ya.

#itu pengalaman temen kerja ane dulu
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
16-07-2020 19:00
kok jd sedih ya baca trit beginian
emang g enak kalo dianggap sbg investasi bagi orang tua (ngrasain sendiri), cuma ya kelak kalo kita yg jd orangtua kudu lebih baik drpd ortu kita lah, kalo bisa berdikari gausah ngrepotin anak. Biar udah tua jg bisa menghidupi kebutuhan dan keperluan sendiri gitu, karena ane gamau anak ane nanti merasakan apa yg ane rasakan saat ini emoticon-Frown
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
16-07-2020 21:39
alhamdulillah sih meskipun kerjaan freelance dan masih kuliah paling nggak ane dah ngga minta uang saku sama sekali
dan dikit-dikit ngasih ke orang tua, semoga dilancarin rezekinya amin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
vincentlgunawan dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
16-07-2020 21:44
Tergantung bre, dr sisi mana kita memandang, kl ane penganut teori sinetron ikan terbang, anak adalah alesan buat kimpoi lagi, ngoahahaha
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 00:22
Page One gaan tolong emoticon-Malu (S)

"Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia: investasi/ invéstasi/ merupakan penanaman uang atau modal pada suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Secara umum investasi dapat diartikan sebagai meluangkan/ memanfaatkan waktu, uang atau tenaga demi keuntungan/ manfaat pada masa datang. Jadi, dapat dikatakan investasi merupakan membeli sesuatu dan diharapkan pada masa yang akan datang dapat dijual kembali dengan nilai yang lebih tinggi dari semula." Wikipedia

Menurut ane anak ya anak, Investasi ya Investasi, Jadi beda. Anak bukan sebuah bibit yang tiap hari disiram trus setelah besar di petik buahnya sih, kalo ada yg mikir gitu kasian aja ane pikiran nya sempit.

Sebagai Anak kita wajib buat bertanggung jawab atas orang tua dan keluarganya entah dalam bentuk harta atau apapun di dunia atau di akhirat. Sebagai anak kita juga harus berbakti kepada orang tua dan keluarga karena kita ada karena mereka dan juga jasa dan perjuangan orang tua itu gabisa dinilai dengan apapun.

Sedangkan sebagai orang tua kita di wajibkan membesarkan,mendidik,merawat anak kita dengan sepenuhnya dan ikhlas tanpa menganggap bahwa suatu saat nanti anak akan memberikan return/keuntungan buat orang tua nya karena anak itu amanah Allah. dan sebagai orang tua yang baik dan bijak menurut ane sangat bagus kalo sebagai orang tua kita bisa menyisihkan sebagian harta buat bekal di masa tua nanti sehingga meringankan tanggung jawab anak dan keluarganya. Inget anak nantinya akan punya kehidupan nya sendiri.
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan adnanami memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 03:50
Kan ada Peribahasa nya , Cancut Taliwanda Kebo Nusu Gudel.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 04:41
Nggak bisa, tanggung jawab itu searah saja. Orang tua yang buat anak jadi orang tua yang tanggung jawab besarin anak.

Terus si anak tanggung jawabnya apa? Ya ke anaknya dia, memangnya mau stop berkembang biak.

Itu skema zaman doeloe anak buat investasi. Anak sebelas, kere sembilan, yang sukses dua bisa bantu ortu. Atau kere semua pun bisa patungan bantu ortu nggak terlalu berat karena berbanyak.

Sekarang nggak bisa, anak dua aja biayanya banyak (anak kalau diurus, kalau nggak diurus sih beda). Dikasih kewajiban ngurus ortu nggak mampu ntar terlantar semua, gaji kecil mau dipakai tiga generasi: atas, tengah, bawah.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
2pic dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 06:01
Dalam hal ini amanah yang harus dijaga dan merupakan ladang pahala bagi orang tua yang beriman. Kalau memang orang terbebani itu ya memang beban, tapi kondisikan agar tidak menjadi beban.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 06:43
kalo ortunya ga faham agama, siap2 aja kecewa. anaknya bakal jadi anak durhaka karena ortunya ga memberi bekal agama sejak kecil.
mau bukti? liat aja tetangga sekitarmu
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan adnanami memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 08:27
Anak dan orangtua harus sama2 paham
Di dunia ini manusia gk bisa selamanya bekerja
Ada hari tua yg tentu kebanyakan manusia gk bisa bekerja lagi
Anak itu dibesarkan oleh orang tua dengan susah payah
Begitu pula saat sakit keduanya tentu sangat saling membutuhkan
Keluarga itu harus bersama baik senang maupun susah

Di akhirat, kita semua akan ke akhirat dan akan mempertanggungjawabkan perbuatan kita
Orangtua memiliki tanggungjawab mengarahkan anaknya ke arah yang baik
Orangtua yg membiarkan anaknya kejalan yg salah kelak anakpun akan menuntutya
Anak merupakan salah satu amal jariyah yang bisa meyelamatkan orangtuanya
Keluarga itu harus gotongroyong agar bisa selamat di akhirat nanti

profile-picture
profile-picture
profile-picture
Richy211 dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 17:00
menurut robert kiyosaki anak adalah BEBAN
emoticon-Ngakak

lihat tuh sekarang makin banyak kasus anak gugat orang tua kandungnya,
dikasih warisan ada yg malah ngusir orang tuanya
dll
emoticon-Ngakak
Diubah oleh copoters
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 17:08
karena sebagian besar pasangan/calon ortu/ortu di Indonesia, ngga paham apa yg dimaksud family planning
hal ini dialami terutama oleh mereka yg less educated ...
mrk hanya paham, nikah, baik, punya anak ...udah...

beda banget sama pasangan dari negara maju, macam eropa, korsel, ausie, kanada, NZ, US ...

mrk mikir, berencana punya anak, gimana sekolahnya, gimana cara mendidiknya, apakah membebani keuangan, apakah mampu ngasih makan dll
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan 2pic memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 17:12
ga semua orang tua bener, ga semua anak bener.. mmg indah kalau dua2nya bisa bijaksana.
profile-picture
profile-picture
sinsin2806 dan vi4ola memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 17:12
sederhana, anak itu rizki.

tidak dapat didefinisikan.
emoticon-Cendol Gan
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 17:14
anak itu titipan dari yang maha kuasa sinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grinemoticon-Big Grin
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 17:15
anak = tanggung jawab
karena orang tua sendiri yg dengan sadar menginginkan anak.
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Menurut Agan, Anak Merupakan Investasi Masa Depan atau Amanah?
17-07-2020 17:17
generasi sandwich ya, well banyak anak banyak rejeki hanya perumpaan bila keluarganya memang kaya tujuh turunan

namun sekarang malah jadi beban s anak, bayangkan harus menanggung beban keluarga
cita citanya tertutup, karena orang tuanya egois.
harusnya punya plan plan untuk masa depan, itulah pentingnya bibit bobot bebetnya
profile-picture
sinsin2806 memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Halaman 2 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia