Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Buku
  • Review Buku : "Animal Farm" Belajar Politik dari Binatang

septyanadiAvatar border
TS
septyanadi
Review Buku : "Animal Farm" Belajar Politik dari Binatang
Halloo bro n sis,


emoticon-Haiemoticon-Hai
Gimana kabarnya semua dimasa New Normal ini? gw berharap semua sehat-sehat aja ya.



Di Thread ini gw mau review novel lawas karya George Orwell, yang terbit tanggal 17 Agustus 1945, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan kita ya bro,
emoticon-I Love Indonesia
hmm apakah ini sebuah kontrasepsi?? gw rasa bukan, cuma kebetulan aja bro, "penganut teori konspirasi adalah mereka yang kesulitan memahami dunia yang rumit dan tak punya kesabaran untuk penjelasan yg tdk dramatis" jadi jangan dikit-dikit kontrasepsi ya bro.

Ni penampakannya bukunya gan





Judul            : Animal Farm
Penulis         : George Orwell
Penerjemah : Prof. Bakdi Soemanto
Penerbit       : Benteng
Tebal            : 144 Hlm

Novel ini menurut gw pribadi recommend buat bahan bacaan kalian karena ini novel bertema politik yang ceritanya ringan tapi tetep berbobot. Buat kalian yang mau baca langsung aja silahkan dicari gan, bisa dicari novelnya di toko-toko buku kesayangan agan, cuma terus terang gw ga pernah liat ni novel di Toko buku Konvensional, gw dapet buku ini dari hadiah give away toko buku online di IG @planetbookstoreonline (silahkan kalo mau cari di sana bro).


Ok gan kita mulai ni ye


Cerita ini berlatar disebuah Perternakan Manor milik Pak Jones, dimana semua berjalan layaknya perternakan pada umumnya. Di peternakan tsb ada seekor babi senior yang dipanggil Major sama binatang-binatang lainnya dan si Major ini dihormati sama binantang lain di Pertenarkan tsb.



sumur : google

Suatu malam si Major mengadakan sebuah pertemuan dengan seluruh binatang. Sang Major dipenghujung usianya ingin menyampaikan perenungan dalam hidupnya kepada seluruh binatang di perternakan itu. Dia bercerita tenang perenungannya mengenai kehidupan binatang. Perihal hidup mereka yang supersengsara dan penuh perbudakan. Mereka dipaksa kerja keras dan hanya diberi makan secukupnya dan ketika sudah ga berguna, mereka akan disembelih dengan cara yang kejam. Dan tiga hari setelah pertemuan tsb sang major pun meninggal dengan tenang diusianya yg sudah tua.


Setelah mendengarkan perenungan dari si Major tsb seakan semua binatang tercerahkan, berfikir bahwa mereka sebenarnya hidup dalam penjajahan, penjajahan dari ras bernama manusia. Mereka menginginkan kemerdekaan, mereka tidak mau lagi hasil kerja keras mereka dirampas oleh manusia, mereka harus mengusir manusia tsb dari perternakan mereka, Tanah Air mereka.

Singkat cerita para binatang pun bermufakat untuk melakukan perlawanan, mereka mengamuk dan berhasil mengusir penjajah dari Tanah Air mereka yang tercinta, mereka pun berhasil meraih Kemerdekaannya, MERDEKA gan!!! emoticon-Ultah.



sumur : google

Setelah Pak Jones berhasil diusir akhirnya resmilah para binatang menjadi pemilik dari perternakan itu. Mereka mengganti nama perternakan tersebut menjadi "Perternakan Binatang", mereka menetapkan ideologi perternakan tsb lewat 7 peraturan yang disepakati bersama. Dan diantara perternakan tsb terdapat seekor babi yang menjadi pemimpin mereka bro, nama babi tsb adalah Snowball, ibaratnya dia jadi Presidennya lah di Perternakan tsb.


Snowball mempimpin perternakan tsb dengan baik, dia menetapkan sistem semua untuk bersama, semua kerja dan semua hasil perternakan tsb dibagi sama rata bro, ibarat nya mereka kerja ya buat mereka juga. Ga ada kesenjangan sosial diantara para binatang itu, satu untuk semua dan semua untuk satu, ga ada juragan, ga ada pekerja, ga ada kelas sosial gan, ini kaya ideologi apa ya bro? gw kaya pernah denger, tapi apa ya, coba yang tau tolong bantu gw komeng dibawah ya  emoticon-Ngakak

Intinya semua binatang sangat happy dibawah kepemimpinan snowball, emang keren ya ni babi bro emoticon-Cool


Dan diantara binatang tsb ada juga babi bernama Napoleon, dia juga menjadi sosok penting diantara para binatang, tapi sayang dia sering berdebat sama si Snowball. Suatu hari ni Napoleon mengumpulkan anak-anak anjing bro, selama beberapa bulan anak-anak anjing itu diisolasi sama Napoleon, ga ada yang paham maksud nya buat apa.


Snowball yang selalu memikirkan kemajuan bersama perternakan ini, suatu hari menyampaikan ide kalo dia ingin mengajak semua binatang untuk membangun kincir angin yang nantinya bisa dibikin buat pembangkit tenaga listrik (et dah keren banget ni babi bisa sampe kaya gini). Semua binatang setuju gan, tapi ada satu binantang yang menolak, iye bener bro, dia adalah Napoleon. Mereka pun berdebat, Napoleon yang picik pun terpojok, dan saat terpojok itu tiba-tiba dia membuat suara aneh (mungkin kaya ngok ngok suara babi tapi melengking). Dan tiba-tiba datanglah anjing-anjing hasil didikan Napoleon tsb menyerang Snowball, Snowball pun lari terpontang panting dikejar bala tentara dari Napoleon, Snowball lari keluar peternakan dan sejak hari ini Snowball ga pernah balik lagi. Hari itu resmilah Napoleon menjadi Presiden di Perternakan tsb dengan anjing-anjing tsb menjadi semacem kaya tentara nya ciptaannya si Napoleon.


Singkat cerita dibawah kepemimpinan Napoleon ini sistemnya otoriter gan, semua dibawah kendali Napoleon, kalo ada yg ngelawan siap-siap berhadapan dengan anjing pasukannya (serem bro, udah nurut aja dah sama pemimpin kaya gini). Naoleon juga menyebarkan propganda gan, jadi ibaratnya dijaman pemerintahan dia semua aman terkendali, padahal Napoleon malah memperkaya dirinya sendiri, emang bener babi ni mahkluk emoticon-Blue Guy Bata (L).



sumur : google


Demikianlah akhirnya keadaan Peternakan Binatang di bawah kekuasaan Napoleon. Dia menjadi pemimpin yang tidak bisa dibantah dan selalu benar kalo berani macem-macem sama napoleon sayonara deh bro. Singkat cerita Napoleon malah menjalin kerjasama degan manusia bro, dan akhirnya karena kekuasaan Napoleon pun dimata para binantang menjadi serupa dengan manusia.




sumur : google

Cerita di Novel ini mengingatkan gw sama suatu peristiwa bro, lu juga ngerasa ga sih? tapi peristiwa apa ya bro?emoticon-Bingung

coba bro sis yang tau bisa bantu gw, komeng dibawah ya bro.
tapi bentar ya bro, ini ada tukang bakso ngetok-ngetok rumah gw, padahal gw ga mesen baso ni, wait ya bro jangan kemana mana nanti gw balik lagi.

emoticon-Travelleremoticon-Traveller


Diubah oleh septyanadi 16-07-2020 02:55
ceuhetty
anon009
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
1.9K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.