Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Β© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

reza142Avatar border
TS
reza142
Kenali Penyakit Stroke, Jenis, dan Gejalanya


Pengertian Penyakit Stroke

Secara umumnya, penyakit stroke ialah penyakit yang merupakan kondisi dimana pasokan darah dan oksigen yang harusnya mengalir lancar menuju otak terganggu atau kekurangan suplai yang mengakibatkan jaringan otak menjadi kekurangan oksigen serta nutrisi yang dibutuhkan sebagaimana harusnya. Lalu, selama beberapa saat sel di otak akan mulai mati. Dan kondisi inilah yang berbahaya dan mengancam jiwa seseorang yang mengakibatkan terjadinya kerusakan secara permanen.


Penyakit stroke ini sendiri sudah dikenal oleh khalayak luas karena telah ikut berpartisipasi dan menjadi salah satu dari sepuluh pembunuh tertinggi di Indonesia, bersandingan dengan penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan penyakit lainnya. Penyakit stroke ini juga dapat dialami oleh siapapun baik pria maupun wanita, dan satu cara yang paling tepat ialah dengan mencegahnya dengan gaya hidup sehat sebelum terlambat. Apabila sudah mengidap penyakit stroke, maka wajib untuk menjaga pola hidupnya agar dan mengikuti anjuran dokter agar dapat menjaga kesehatannya.

Jenis-jenis Penyakit Stroke


Stroke iskemik

Penyakit stroke jenis ini ialah suatu keadaan dimana si pembuluh darah yang harusnya menyuplai darah ke otak terganggu oleh adanya bekuan darah. Sekitar 87 persen dari kasus penyakit stroke yang terjadi ialah jenis stroke iskemik ini.

Stroke hemoragik

Penyakit stroke jenis ini ialah suatu keadaan dimana si pembuluh darah mengalami kebocoran atau bahkan pecah. Sekitar 13 persen dari kasus penyakit stroke yang terjadi ialah jenis stroke hemoragik ini.

Stroke ringan

Penyakit stroke jenis ini ialah suatu keadaan dimana sistem saraf kekurangan darah dalam waktu singkat. Biasanya hal ini tidak bertahan lebih dari 24 jam atau bahkan hanya terjadi selama beberapa menit saja.



Gejala Penyakit Stroke

Umumnya penyakit stroke cenderung terjadi tiba-tiba dan hanya terjadi pada satu bagian tubuh. Ciri ciri penyakit stroke dapat berupa :

- Hilang keseimbangan.

- Bermasalah pada saat berjalan.

- Mati rasa pada satu bagian tubuh (wajah, tangan, atau kaki).

- Bermasalah pada saat berbicara atau mendengar.

- Sakit kepala secara tiba-tiba.

Faktor-Faktor Risiko Terjadinya Penyakit Stroke
Ada berbagai macam faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit stroke, baik secara medis maupun gaya hidup :

Faktor medis :
- Penyakit jantung (semua jenis penyakit jantung, baik infeksi jantung, cacat jantung, gagal jantung, maupun gangguan ritme jantung).
- Hipertensi (tekanan darah tinggi).
- Sleep apnea.
- Kolesterol tinggi.
- Diabetes.

Faktor gaya hidup :
- Obesitas.
- Malas berolahraga.
- Konsumsi alkohol berlebih.
- Perokok aktif maupun pasif.
- Penggunaan obat-obatan terlarang.



Untuk tips sehat lainnya, bisa klikΒ disini. Thanks
πŸ™πŸ™πŸ™

0
448
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThreadβ€’10KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Β© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.