Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
396
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0b29b765b24d0cf876187d/masakan-jawa-kok-manis-sunda-kok-banyak-lalapan-padang-kok-pedes-kenapa
Di daerah sunda sendiri, tanah priangan. Pasti gansis tau kalo masakan sunda itu selalu dihidangkan bersama lalapan, walopun mungkin gak semua orang sunda seperti itu dalam menyajikan masakan yang dibuatnya sendiri. Ato orang padang yang terkenal dengan selera masakan yang bercita rasa pedas dan bersantan.
Lapor Hansip
12-07-2020 22:18

Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?

Past Hot Thread
Selamat datang gansis semua di trit ane emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Quote:



Kalo bicara tentang makanan. Negeri kita ini memang jawaranya kalo soal variasi hidangan. Dari sabang sampe merauke, setiap daerah pasti punya menu tersendiri. Apalagi ane yang berasal dari keluarga jawa, tidak pernah lepas dari masakan yang berasa manis.


Kenapa sih masakan jawa itu terkenal manisnya ? Ane yang bingung pun pernah nanya ke ortu tentang pertanyaan itu. Namun, jawaban yang di dapat terbilang biasa dan lebih mengarah ke opini pribadi, seperti "biar hidup kita terus manis dan terhindar dari kepahitan serta kesengsaraan", kata bapak ane ato juga ada pendapat lain "kan karna dikasih kecap", kata emak ane emoticon-Big Grin. Yah, apa pun itulah bikin ane tambah penasaran kenapa bisa begitu.


Di daerah sunda sendiri, tanah priangan. Pasti gansis tau kalo masakan sunda itu selalu dihidangkan bersama lalapan, walopun mungkin gak semua orang sunda seperti itu dalam menyajikan masakan yang dibuatnya sendiri. Ato orang padang yang terkenal dengan selera masakan yang bercita rasa pedas dan bersantan.


Semua hal itu bikin ane bertanya - tanya, why ? and why ?


Setelah ane baca, baca, baca... Ternyata ane dapat kesimpulan dari hal itu semua.

Quote:


Masakan sunda yang terkenal akan lalapannya itu gak lepas di pengaruhi oleh budaya, tradisi, karakter masyarakat serta letak geografis dan keadaan alam tanah sunda itu sendiri gansis. Tanah sunda yang terletak di Jawa Barat dan dikelilingi oleh pegunungan membuat daerahnya begitu subur. Beragam jenis tanaman juga dapat tumbuh tanpa banyak masalah di tanah sunda. Keadaan alam yang dingin khas daerah pegunungan akhirnya membuat orang sunda berupaya membuat makanan yang mampu meningkatkan rasa panas dalam tubuh. Cabe, yang relatif mudah ditemukan dan mudah tumbuh di tanah Sunda menjadi pilihan untuk diolah menjadi sambal. Namun, ada juga sumber lain yang bilang bahwa kegemaran masyarakat sunda makan lalap sejalan dengan budayanya yang mementingkan harmoni manusia dengan alam. Kehidupan masyarakat sunda yang pola hidupnya berusaha menyatu dengan alam itu, membuat mereka akhirnya memiliki pengetahuan tentang tumbuhan mana yang bisa dimakan dan mana yang tidak.

Quote:


Lalu gimana dengan masakan padang yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan sering menggunakan santan ?


Yang ane liat dari berbagai sumber kenapa masakan padang bisa berasa pedas dan bersantan ialah karna berasal dari faktor geografis, sejarah, dan budaya. Sejak dulu, daerah asal Minangkabau terbagi menjadi 3, yang dikenal sebagai luhak nan tigo, yaitu Luhak Agam, Luhak Limapuluh Kota dan Luhak Tanah Datar. Asal usul masakan minang/padang berasal dari 3 daerah tersebut yang mana merupakan daerah dataran tinggi dan juga disebut darek. Daerah darek dikelilingi oleh hawa dingin, oleh karena itu dibutuhkan sesuatu yang hangat bagi penduduknya. Salah satu caranya adalah melalui masakan, penggunaan cabe di dalam resep masakan agar menjadi pedas dan menghangatkan badan. Kurang lebih mirip dengan di daerah sunda ya gansis, cabe dalam suatu masakan digunakan untuk tujuan yang sama hanya saja pengolahannya yang berbeda, kalo di sunda sering dibuat sambel kalo di minangkabau/padang langsung dimasak bersama hidangan utama. Lalu, kenapa masakan padang banyak make santan ? ... Hal itu gak lain karna adanya pengaruh india yang masuk di pelabuhan pesisir sumatra barat pada zaman dulu.

Quote:


Trus kenapa masakan jawa tuh identik dengan yang manis - manis ?


Setelah tadi kaga nemu jawaban yang sreg dari narasumber terdekat ane. Barulah ane dapetin kesimpulannya kalo rasa manis dalam masakan jawa bisa dikaittin dengan banyaknya suplai gula di jawa pada zaman kolonialisme dulu. Semua berawal pada tahun 1830, ketika belanda menjajah Indonesia. Pada waktu itu gubernur jenderal van der bosch yang berkuasa di Hindia Belanda (Indonesia kala itu) memberlakukan sistem tanam paksa atau Cultuurstelsel. Tanam paksa yang diberlakukan si gubernur jenderal, bertujuan untuk mengisi kas belanda yang kosong karena terkuras oleh perang berkepanjangan melawan pangeran diponegoro dan pasukannya, atau yang terkenal disebut dengan perang jawa (De Java Orloog) yang berlangsung pada 1825-1830. Gubernur jenderal memerintahkan petani di jawa tengah dan timur waktu itu untuk menanam tebu, sehingga banyak lahan yang dulunya sawah tergantikan oleh tebu tadi. Akibat eksploitasi lahan yang dilakukan waktu itu mengakibatkan rakyat di jawa mengalami kelaperan. Mereka kesulitan memenuhi kebutuhan pangan sebab udah gak ada lagi lahan untuk menghasilkan bahan makanan. Dalam kondisi yang serba sulit begitu hanya tersedia tebu, akhirnya masyarakat jawa menjadikannya alternatif untuk bertahan hidup. Semua olahan masakannya pun menggunakan air perasan tebu sehingga masyarakat jawa sangat akrab dengan rasa manis. Alhasil, hingga kini masakan khas jawa identik dengan rasa manis yang amat legit. Bahkan, ada yang mengatakan sambel di jawa pun terasa manis, meski gak semuanya.


Quote:



Nah, sekarang yang bisa disimpulkan dari asal muasal cita rasa masakan diatas, kok bisa masakan jawa manis, sunda banyak lalapan, dan padang/minang terasa pedas tidak lain karena berbagai faktor geografis, budaya, tradisi, maupun sejarah.


Masakan jawa bisa manis karna sejarahnya dulu sebagai alternatif masakan saat masa kelaparan akibat eksploitasi lahan sawah jadi lahan tebu yang mana mengakibatkan suplai gula berlebih.


Masakan sunda banyak lalapan karna kondisi geografis disana ditambah tanahnya subur serta budayanya yang menyatu dengan alam.


Masakan padang identik pedas karna kondisi geografis disana pula serta pengaruh penggunaan santan yang dibawa dari india di pelabuhan - pelabuhan pesisir sumatra barat.



Terjawab sudah pertanyaan - pertanyaan tersebut, kenapa masakan - masakan ntuh bisa begituh.

emoticon-Nyepi

Terima kasih yang sudah membaca


Ane akhiri sampe disini

emoticon-Hai

Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?


sumber referensi:
Sumber 1, 2, 3, 4, dan 5
Gambar oleh google
profile-picture
profile-picture
profile-picture
penyukabiru dan 58 lainnya memberi reputasi
59
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 5 dari 7
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 00:12
Walaupun itu manis pedas ataupun gimana tetapi kuliner kuliner khas dari berbagai daerah di Indonesia tuh enak banget hehehe
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 01:08
Jatim - manis
Jateng- manis
Jabar-asam
Jkt-pekat
Sumatra - pedas
Sulawesi - pedas
Menurur ane sih begicu emoticon-Leh Uga
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 03:18
Quote:Original Posted By Ariwanas
Selamat datang gansis semua di trit ane emoticon-Big Grin

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Kalo bicara tentang makanan. Negeri kita ini memang jawaranya kalo soal variasi hidangan. Dari sabang sampe merauke, setiap daerah pasti punya menu tersendiri. Apalagi ane yang berasal dari keluarga jawa, tidak pernah lepas dari masakan yang berasa manis.


Kenapa sih masakan jawa itu terkenal manisnya ? Ane yang bingung pun pernah nanya ke ortu tentang pertanyaan itu. Namun, jawaban yang di dapat terbilang biasa dan lebih mengarah ke opini pribadi, seperti "biar hidup kita terus manis dan terhindar dari kepahitan serta kesengsaraan", kata bapak ane ato juga ada pendapat lain "kan karna dikasih kecap", kata emak ane emoticon-Big Grin. Yah, apa pun itulah bikin ane tambah penasaran kenapa bisa begitu.


Di daerah sunda sendiri, tanah priangan. Pasti gansis tau kalo masakan sunda itu selalu dihidangkan bersama lalapan, walopun mungkin gak semua orang sunda seperti itu dalam menyajikan masakan yang dibuatnya sendiri. Ato orang padang yang terkenal dengan selera masakan yang bercita rasa pedas dan bersantan.


Semua hal itu bikin ane bertanya - tanya, why ? and why ?


Setelah ane baca, baca, baca... Ternyata ane dapat kesimpulan dari hal itu semua.

Masakan sunda yang terkenal akan lalapannya itu gak lepas di pengaruhi oleh budaya, tradisi, karakter masyarakat serta letak geografis dan keadaan alam tanah sunda itu sendiri gansis. Tanah sunda yang terletak di Jawa Barat dan dikelilingi oleh pegunungan membuat daerahnya begitu subur. Beragam jenis tanaman juga dapat tumbuh tanpa banyak masalah di tanah sunda. Keadaan alam yang dingin khas daerah pegunungan akhirnya membuat orang sunda berupaya membuat makanan yang mampu meningkatkan rasa panas dalam tubuh. Cabe, yang relatif mudah ditemukan dan mudah tumbuh di tanah Sunda menjadi pilihan untuk diolah menjadi sambal. Namun, ada juga sumber lain yang bilang bahwa kegemaran masyarakat sunda makan lalap sejalan dengan budayanya yang mementingkan harmoni manusia dengan alam. Kehidupan masyarakat sunda yang pola hidupnya berusaha menyatu dengan alam itu, membuat mereka akhirnya memiliki pengetahuan tentang tumbuhan mana yang bisa dimakan dan mana yang tidak.

Lalu gimana dengan masakan padang yang terkenal dengan cita rasanya yang pedas dan sering menggunakan santan ?


Yang ane liat dari berbagai sumber kenapa masakan padang bisa berasa pedas dan bersantan ialah karna berasal dari faktor geografis, sejarah, dan budaya. Sejak dulu, daerah asal Minangkabau terbagi menjadi 3, yang dikenal sebagai luhak nan tigo, yaitu Luhak Agam, Luhak Limapuluh Kota dan Luhak Tanah Datar. Asal usul masakan minang/padang berasal dari 3 daerah tersebut yang mana merupakan daerah dataran tinggi dan juga disebut darek. Daerah darek dikelilingi oleh hawa dingin, oleh karena itu dibutuhkan sesuatu yang hangat bagi penduduknya. Salah satu caranya adalah melalui masakan, penggunaan cabe di dalam resep masakan agar menjadi pedas dan menghangatkan badan. Kurang lebih mirip dengan di daerah sunda ya gansis, cabe dalam suatu masakan digunakan untuk tujuan yang sama hanya saja pengolahannya yang berbeda, kalo di sunda sering dibuat sambel kalo di minangkabau/padang langsung dimasak bersama hidangan utama. Lalu, kenapa masakan padang banyak make santan ? ... Hal itu gak lain karna adanya pengaruh india yang masuk di pelabuhan pesisir sumatra barat pada zaman dulu.

Trus kenapa masakan jawa tuh identik dengan yang manis - manis ?


Setelah tadi kaga nemu jawaban yang sreg dari narasumber terdekat ane. Barulah ane dapetin kesimpulannya kalo rasa manis dalam masakan jawa bisa dikaittin dengan banyaknya suplai gula di jawa pada zaman kolonialisme dulu. Semua berawal pada tahun 1830, ketika belanda menjajah Indonesia. Pada waktu itu gubernur jenderal van der bosch yang berkuasa di Hindia Belanda (Indonesia kala itu) memberlakukan sistem tanam paksa atau Cultuurstelsel. Tanam paksa yang diberlakukan si gubernur jenderal, bertujuan untuk mengisi kas belanda yang kosong karena terkuras oleh perang berkepanjangan melawan pangeran diponegoro dan pasukannya, atau yang terkenal disebut dengan perang jawa (De Java Orloog) yang berlangsung pada 1825-1830. Gubernur jenderal memerintahkan petani di jawa tengah dan timur waktu itu untuk menanam tebu, sehingga banyak lahan yang dulunya sawah tergantikan oleh tebu tadi. Akibat eksploitasi lahan yang dilakukan waktu itu mengakibatkan rakyat di jawa mengalami kelaperan. Mereka kesulitan memenuhi kebutuhan pangan sebab udah gak ada lagi lahan untuk menghasilkan bahan makanan. Dalam kondisi yang serba sulit begitu hanya tersedia tebu, akhirnya masyarakat jawa menjadikannya alternatif untuk bertahan hidup. Semua olahan masakannya pun menggunakan air perasan tebu sehingga masyarakat jawa sangat akrab dengan rasa manis. Alhasil, hingga kini masakan khas jawa identik dengan rasa manis yang amat legit. Bahkan, ada yang mengatakan sambel di jawa pun terasa manis, meski gak semuanya.


Nah, sekarang yang bisa disimpulkan dari asal muasal cita rasa masakan diatas, kok bisa masakan jawa manis, sunda banyak lalapan, dan padang/minang terasa pedas tidak lain karena berbagai faktor geografis, budaya, tradisi, maupun sejarah.


Masakan jawa bisa manis karna sejarahnya dulu sebagai alternatif masakan saat masa kelaparan akibat eksploitasi lahan sawah jadi lahan tebu yang mana mengakibatkan suplai gula berlebih.


Masakan sunda banyak lalapan karna kondisi geografis disana ditambah tanahnya subur serta budayanya yang menyatu dengan alam.


Masakan padang identik pedas karna kondisi geografis disana pula serta pengaruh penggunaan santan yang dibawa dari india di pelabuhan - pelabuhan pesisir sumatra barat.



Terjawab sudah pertanyaan - pertanyaan tersebut, kenapa masakan - masakan ntuh bisa begituh.

emoticon-Nyepi

Terima kasih yang sudah membaca


Ane akhiri sampe disini

emoticon-Hai

Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?


sumber referensi:
Sumber 1, 2, 3, 4, dan 5
Gambar oleh google


Keren AbisThrednya, SalKeN emoticon-Toast
profile-picture
profile-picture
profile-picture
ppaauull dan 15 lainnya memberi reputasi
16 0
16
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 03:54
masakan padang hari ini udah gak pedes gan emoticon-Cape d...
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 04:28
Masakan padang bisa di terima semua lidah dah.
Gue awal sekolah n kuliah di jawa tengah n jogja juga kaget manis2 masakan nya.
Ending nya gue makan padang mulu
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 05:02
...di jawa , sekitaran jawa tengah nggak semuanya rasa masakan berasa manis gan...mungkin disebagian pantura, semarang,kendal berasa manis...di daerah solo raya agak tidak berasa manis...itu sih pendapat ane...itu juga tergantung selera lidah masing2..😁😁😁
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 05:22
Yang manis itu masakan orang Jawa tengah gan.. kalo Jawa timur pedes,asin gitu ..
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 05:50
Gak juga TS
Jawa bagian utara (Semarang, Jepara dll) malah cenderung pedas, Jawa Timur juga gak manis manis amat
Yang identik manis itu cuma solo ama Yogyakarta doang, tapi manisnya juga bukan karena tebu tapi karena gula jawa / gula aren
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 05:51
Ane org jawa yg awal2 pindah ke JKT smpet bingung, kok beli bakso di JKT gak dikasih kecap ya, klo di jawa mw beli mie ayam / bakso langsung otomatis dikasih kecap manis 🤣
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 06:04
Ooo gitu crta nya
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 06:09
Jawabannya karena kami lapar
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 06:23
Duhhj ane jadi rindu masakannya di emak, sudah lama nggak makan masakannya emak karna belum bisa pulang kampung karena pandemi corona ini emoticon-Matabelo
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 06:46
Ane suka lalapan daun Tespong sama daun Lobak
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 07:35
sing penting rasane enak
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 07:39
Ane suka yang manis manis bre emoticon-Malu (S)
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 08:11
dulu, kalo nanya bapak ku, "pak kenapa masakan simbah enak?" dijawabnya, soalnya makanan simbah manis hohooho
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 08:16
Ortu gue dulu punya karyawan, kalau gak salah kampungnya perbatasan Jawa Tengah-Barat gitu (Lupa namanya). Dia kalau makan apa aja mesti dikasih kecap manis. Sayur lodeh yg udah manis aja dipakein kecap manis ama dia. emoticon-Big Grin
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 08:47
apapun makanan nya, tambahin kerupuk jadi lebih enak emoticon-Big Grin
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 09:10
gak 3 daerah itu aja sih masih banyak daerah di indonesia dengan masakannya.. ane orang sunda emg gak di pungkiri demen lalapan...
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
prof-pic
Tulis balasan post ini gan...
prof-pic
Guest
Masakan Jawa Kok Manis, Sunda Kok Banyak Lalapan, Padang Kok Pedes. Kenapa ?
14-07-2020 09:32
emoticon-Cool mindblow deg
profile-picture
Ariwanas memberi reputasi
1 0
1
Halaman 5 dari 7
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia