- Beranda
- The Lounge
Beri kritikan yang baik di tempat kerja dengan cara ini Gan
...
TS
PaPi.GaGa
Beri kritikan yang baik di tempat kerja dengan cara ini Gan
Tidak semua orang bisa menerima kritikan Gan. Apalagi bila kritikan tersebut disampaikan dengan cara yang kurang baik. Bukannya jadi bahan evaluasi, kritikan malah bikin konflik berkepanjangan.
Nah biar itu tidak terjadi, coba perhatikan beberapa tips cara mengkritik yang baik terutama untuk di lingkungan kerja ini ya Gan.
1. Jangan suka membuat asumsi
Saat kamu mengkritik seseorang pastikan bahwa saat itu kamu tidak menambahkan asumsi yang kamu buat. Kenapa? Ya namanya asumsi bisa jadi salah apalagi bila tidak dilihat berdasar fakta yang ada.
2. Berikan saran untuk memperbaiki
Banyak orang terkadang lupa memberikan saran atau solusi dari apa yang mereka kritik. Sehingga kritikan itu tidak menimbulkan dampak yang besar bagi orang yang menerimanya.
Coba deh memberi kritik konstruktif dengan memberikan kritik yang beralasan kepada orang laindalam penyampaian yang lebih bersahabat.
Tidak hanya itu, dalam kritik konstruktif kamu juga menyarankan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan itu di lain waktu.
3. Gunakan metode sandwich
Cara mengkritik yang baik salah satunya adalah dengan menggunakan metode sandwich dalam memberikan kritik yang membangun. Metode kritik sandwich ini membagi kritikan ke dalam 3 formula yakni positive- improve - positive (PIP).
Pada awalnya kamu berfokus pada hal yang kamu sukai dari orang yang akan diberikan kritik. Lalu, kamu menyampaikan kritik terkait hal yang tidak kamu sukai disertai dengan saran perbaikannya.
Terakhir tutuplah dengan kesimpulan positif seperti di awal dan harapan agar ke depannya bisa lebih bagus.
4. Berikan kritik yang fokus pada situasi bukan pada orangnya
Cara mengkritik yang baik selanjutnya adalah dengan menekankan fokus kritik pada situasi bukan pada orangnya. Jadi, kritik kamu ini tidak berlandaskan karena ketidaksukaanmu terhadap orang tersebut.
Fokuslah pada situasi, masalah yang ada, tindakan dan perilaku. Contohnya “pakaianmu kotor” bukan “kamu kotor”, “laporannya terlambat” bukan “kamu terlambat” dan lain-lain.
Selain cara mengkritik yang baik seperti ulasan di atas, perhatikan nada bicara, waktu yang tepat untuk mengkritik sampai bahasa tubuh yang baik.
Dengan memerhatikan hal-hal ini semoga kritikan yang kamu beri di tempat kerja dapat diterima dengan baik dan berdampak positif bagi yang menerimanya ya Gan.
**Thread diambil dari artikel ini.
Nah biar itu tidak terjadi, coba perhatikan beberapa tips cara mengkritik yang baik terutama untuk di lingkungan kerja ini ya Gan.
1. Jangan suka membuat asumsi
Saat kamu mengkritik seseorang pastikan bahwa saat itu kamu tidak menambahkan asumsi yang kamu buat. Kenapa? Ya namanya asumsi bisa jadi salah apalagi bila tidak dilihat berdasar fakta yang ada.
2. Berikan saran untuk memperbaiki
Banyak orang terkadang lupa memberikan saran atau solusi dari apa yang mereka kritik. Sehingga kritikan itu tidak menimbulkan dampak yang besar bagi orang yang menerimanya.
Coba deh memberi kritik konstruktif dengan memberikan kritik yang beralasan kepada orang laindalam penyampaian yang lebih bersahabat.
Tidak hanya itu, dalam kritik konstruktif kamu juga menyarankan apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki kesalahan itu di lain waktu.
3. Gunakan metode sandwich
Cara mengkritik yang baik salah satunya adalah dengan menggunakan metode sandwich dalam memberikan kritik yang membangun. Metode kritik sandwich ini membagi kritikan ke dalam 3 formula yakni positive- improve - positive (PIP).
Pada awalnya kamu berfokus pada hal yang kamu sukai dari orang yang akan diberikan kritik. Lalu, kamu menyampaikan kritik terkait hal yang tidak kamu sukai disertai dengan saran perbaikannya.
Terakhir tutuplah dengan kesimpulan positif seperti di awal dan harapan agar ke depannya bisa lebih bagus.
4. Berikan kritik yang fokus pada situasi bukan pada orangnya
Cara mengkritik yang baik selanjutnya adalah dengan menekankan fokus kritik pada situasi bukan pada orangnya. Jadi, kritik kamu ini tidak berlandaskan karena ketidaksukaanmu terhadap orang tersebut.
Fokuslah pada situasi, masalah yang ada, tindakan dan perilaku. Contohnya “pakaianmu kotor” bukan “kamu kotor”, “laporannya terlambat” bukan “kamu terlambat” dan lain-lain.
Selain cara mengkritik yang baik seperti ulasan di atas, perhatikan nada bicara, waktu yang tepat untuk mengkritik sampai bahasa tubuh yang baik.
Dengan memerhatikan hal-hal ini semoga kritikan yang kamu beri di tempat kerja dapat diterima dengan baik dan berdampak positif bagi yang menerimanya ya Gan.
**Thread diambil dari artikel ini.
yuki26 memberi reputasi
1
597
4
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
924.3KThread•87.9KAnggota
Urutkan
Terlama
Komentar yang asik ya