Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

aliribatdAvatar border
TS
aliribatd
Artificial Intelligence yang mampu menerapkan Hukum Syari'at secara Kaffah ?
Artificial Intelligence yang mampu menerapkan Hukum Syari'at secara Kaffah ?
" Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) mampu mengganti banyak hal dalam aspek kehidupan manusia, mulai dari berkendara hingga mendeteksi sebuah penyakit dan lain sebagainya, politik akan dapat dipengaruhi juga dalam jangka waktu yang dekat"  www.trtworld.com 

Pengaruh AI (Artificial Intelligence) terhadap dunia politik akan menjadi hal yang tidak dapat dihindari dalam kemajuan teknologi saat ini. Bukan tidak mungkin bisa dimasa depan nanti, hukum akan dibuat oleh AI berdasarkan suatu program. Bahkan gagasan ini telah dilontarkan Presiden Joko Widodo untuk mengganti sistem birokrasi dalam pemerintasan dengan AI dalam perkataan-nya pada tahun 2019 lalu.

Kenyataan-nya, hal tersebut bukanlah hal yang disebut "baru" dalam dunia internasional. Sebagai contoh yang lain, Kampanye pemilihan Presiden Russia tahun lalu mengikut-sertakan "Alice" yang merupakan sebuah AI yang memiliki slogan "the president who knows you best  (seorang presiden yang terbaik dalam memahamimu)" dan mendapat lebih dari 1000 suara dalam pemilihan umum. kampanye Alice masih berlanjut hingga sekarang ini. Contoh lain adalah negeri sakura di tokyo, sebuah AI yang bernama "Michito Matsuda" mendapat peringkat ketiga dan mendapat ribuan suara. Disamping itu, "Sam", sebuah AI dari negara New Zaeland sedang dirancang untuk mengikuti Pemilihan Umum pada tahun 2020 saat ini.


 

Semua itu adalah sebuah kenyataan yang terjadi dalam hidup kita. Memang saat ini mereka tidak dapat memenangkan pemilihan umum. Akan tetapi, kemungkinan mereka akan mendapat suara terbanyak jikalau manusia sudah lelah dengan seorang politikus. Disamping itu, sebuah AI dirancang dapat dirancang sedemikian rupa hingga dapat membuat sebuah AI menjadi "Politikus Sempurna" yang bebas dari kesalahan, tanpa hasrat untuk menyalah-gunakan kekuasaan, berkerja tanpa lelah dan tanpa mengharap sebuah imbalan. Pada titik ini, sebuah AI dapat dikatakan sebagai "Pemimpin Ideal" yang diidam-idamkan oleh seluruh masyarakat. Lantas, bagaimana sebuah AI akan merumuskan sebuah kebijakan?.

AI mendapat keuntuntungan untuk mengakses seluruh data dari Big Data, yang merupakan kumpulan dari seluruh informasi yang didapat melalui internet yang diakses setiap manusia dari setiap waktu, kapanpun, dan dimanapun. Hal itu menjadikan AI memiliki pengetahuan akan risiko dan keuntungan dari suatu kebijakan yang akan diterapkan. Hal ini membuka kemungkinan bahwa tidak mustahil suatu negara berdiri dengan sebuah pemerintahan dan sebuah rakyat tanpa sebuah wakil rakyat yang menjadikan rakyat dan pemerintahan memiliki timbal-balik secara langsung tanpa bantuan dari wakil rakyat yang terkadang membutuhkan waktu dan usaha yang tidak begitu efisien dalam menyampaikan suara rakyat kepada pemerintahan.


 

Ketika dihadapkan dengan otomatisasi pengetahuan, sistem AI adalah saluran pengetahuan yang kuat dan dapat bertindak sebagai asisten yang berharga bagi pejabat pemerintah. Namun, ketika dihadapkan dengan keterampilan, sistem AI saat ini tidak dapat menyaingi manusia. Saat diperlukan, AI dapat membantu merancang kebijakan dan menanggapi risiko. Akan tetapi, masih jauh dari mampu bernegosiasi dengan terampil atau menyusun kebijakan yang akan beresonansi dengan publik. Dalam beberapa tahun ke depan, manusia masih akan diperlukan untuk memberikan kecerdasan emosional dan kreativitas dalam kancah politik, tetapi, seiring kemajuan teknologi, sistem AI mungkin menjadi mampu melakukan tugas-tugas kompleks. Selain itu, atribut akan menjadi aspek yang paling sulit untuk ditiru karena mesin dapat bertindak hanya sebagai mesin logika. Kehadiran manusia dalam pemerintahan kemungkinan akan diperlukan untuk masa mendatang. Namun, bukan tidak mungkin bahwa manusia nantinya akan melibatkan AI dalam pembuat rumusan kebijakan hukum dan bertidak sebagai mesin yang dapat meningkatkan kepercayaan publik kepada negara-nya sedangkan politikus tetap menjadi perkerjaan manusia. Mungkin juga bahwa nantinya manusia menyerahkan pemerintahan kepada AI secara total.

Mungkin dunia seperti dalam cerita Psycho-Pass dapat menjadi kenyataan dimana system Sibyl menjad sebuah hukum yang harus ditaati setiap orang. Hal itu memang cukup seram apabila kita bayangkan. Disinilah saya terpikirkan oleh suatu ide. Bagaimana jika sistem AI diprogram sedemikian rupa untuk menjalankan syari’at islam secara total?.

Hal ini cukup menarik bagi saya, dikarenakan apabila kita melirik jauh dimasa lalu, kebanyakan politikus islam ingin mendirikan sebuah masyarakat ideal seperti yang dibuat oleh Rasululloh S.A.W. di Madinah. Maka, apakah sistem AI akan membantu kita dalam mewujudkan hal tersebut?.

Mari kita bayangkan, sebuah pemerintahan dimana sistem AI diprogram untuk menganalisis setiap Sunnah Rasululloh S.A.W., meneliti kebijakan-nya dalam menganggapi suatu masalah, menganalisis setiap pemerintahan Khulafa’ur Rasyidin, kerajaan-kerajaan Islam dimasa lalu, dan seluruh kitab-kitab karangan ulama’ tentang cara mengelola pemerintahan sesuai syari’at islam. Apabila setiap data yang diperoleh dapat dikalkuslasi risiko dan keuntungan-nya oleh sebuah mesin dan dapat diterapkan dalam sebuah masyarakat dalam setiap bidang mulai dari pendidikan,, keamanan, peperangan,ekonomi, dan lain sebagainya, maka pertanyaanya adalah, apakah dalam hal ini sebuah syari’at islam berhasil diterapkan dalam masyarakat secara kaffah (total)?.

Untuk lebih lanjut, mari kita diskusikan hal ini dibawah.

-Ilove_Chocolate03



Salam kenal gan!
saya anak baru disini, ini juga thread pertama saya.
kalo ada yang salah, mohon maaf dan bila ada yang melontarkan kritik, syukur deh buat saya. lumayan, buat pengalaman. soalnya ini juga baru pertama kali saya coba menulis
Yoroshiku Onegaishimashu, Senpai-tachi ^~^.

Polling
0 suara
Andaikata AI semacam itu ada didunia dan masuk kedalam kancah politik, saya ingin
Diubah oleh aliribatd 12-07-2020 09:12
entop
pecinta.manisan
babiat378
babiat378 dan 5 lainnya memberi reputasi
-2
919
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.