Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ffsfAvatar border
TS
ffsf
Bahaya yang Mengancam Dibalik Nikmatnya Rokok Batangan
Sebagian besar masyarakat di Indonesia terutama pria telah kecanduan pada konsumsi rokok batangan. Rokok pun turut menjadi salah satu bagian kehidupan. Kebiasaan merokok yang awalnya hanyalah rasa iseng atau untuk memenuhi rasa penasaran tersebut bahkan telah berkembang menjadi sebuah kebutuhan. Hampir di setiap kesempatan seperti makan, nongkrong bersama teman atau hanya sekedar melakukan rutinitas. Keberadaan rokok selalu menjadi hal yang utama.

Namun, rokok tentunya memiliki banyak sekali efek yang berbahaya bagi tubuh. Walaupun Anda hanya mengkonsumsi satu batang rokok setiap hari. Namun, lama-kelamaan satu batang itu akan menjadi jumlah yang banyak apalagi jika dilakukan secara terus-menerus.
Bagaimana dengan 1 tahun? 2 tahun? 5 tahun? Atau bahkan puluhan tahun. Bahaya yang terkandung dalam satu batang rokok tersebut akan bertumpuk dan pada akhirnya dapat mengancam kesehatan Anda. Lalu, apa sajakah bahaya rokok batangan? Simak penjelasannya berikut ini :

Menimbulkan Penyakit
Salah satu bahaya terbesar rokok batangan adalah dapat menimbulkan adanya penyakit. Ada beberapa penyakit berbahaya yang selalu mengintai Anda apabila Anda menjadi seorang perokok. Jenis penyakit ini bahkan sudah tertera dengan jelas dalam setiap kemasan rokok batangan. Sayangnya, peringatan ini sama sekali tak diindahkan oleh para pecandu rokok. Bahaya yang bisa didapatkan karena merokok tersebut antara lain :
Kanker dan gangguan pernafasan

Bahaya rokok batangan yang pertama adalah dapat menyebabkan penyakit kangker. Kangker ini dapat mengintai kesehatan para perokok aktif maupun perokok pasif yang ada di sekitarnya.
Dalam satu batang rokok, ada kandungan dari lebih 60 zat kimia yang dapat meningkatkan radikal bebas dalam tubuh yang memicu pertumbuhan sel yang tidak normal. Efek dalam jangka panjangnya adalah dapat menyebabkan kangker paru, mulut, faring (tenggorokan), kanker ginjal, kanker hati dan lain sebagainya.
Diantara penyakit kangker tersebut, kanker paru adalah bahaya terbesar dari rokok batangan. Pria perokok akan mengalami peningkatan risiko kanker paru-paru hingga 25 kali. Sementara, perokok wanita akan meningkat hingga 25,7 kali resiko terkena kanker paru ini.
Peningkatan resiko yang mencapai 25 kali ini tentunya sudah bukan hal yang bisa disepelekan lagi. Selain kangker, rokok juga dapat meningkatkan adanya gangguan pada saluran pernafasan seperti flek atau radang paru.

Penyakit Jantung
Bahan kimia yang ada pada rokok berpotensi  menjadi racun bagi tubuh. Selain itu,  bahan kimia tersebut juga dapat menyebabkan kerusakan struktur otot jantung dan pembuluh darah pada jantung.
Bahan kimia tersebut salah satunya adalah tar dan nikotin yang memang menjadi 2 bahan terkenal yang berbahaya pada rokok batangan. Tar dan nikotin ini memicu terjadinya penumpukan plak pada pembuluh darah. Penumpukan plak pada darah ini dapat memicu Aterosklerosis. Penumpukan plak ini juga dapat menghambat aliran darah menuju jantung.
Selain memicu Aterosklerosis penumpukan plak ini juga dapat menyebabkan penyakit arteri perifer yang terjadi akibat pembuluh nadi di kaki dan lengan menyempit. 

Diabetes
Diabetes selain disebabkan oleh keturunan juga dapat disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Salah satu gaya hidup tidak sehat tersebut adalah merokok. Perokok aktif memiliki resiko yang lebih besar dibandingkan dengan orang yang tidak merokok atau terkena paparan rokok.
Hal tersebut diakibatkan oleh kandungan bahaya dari nikotin. Asap yang dihasilkan dari pembakaran asap rokok dapat membuat kadar gula darah menjadi tidak normal. Nikotin juga memicu resistensi insulin atau terganggunya respon tubuh terhadap insulin.
Jika hal tersebut berkembang menjadi penyakit diabetes.  Maka, hal tersebut akan semakin berbahaya karena diabetes dapat menyebabkan beberapa penyakit komplikasi seperti jantung, penyakit mata dan masih banyak lagi.

Gangguan Kehamilan
Paparan asap rokok juga dapat menganggu kesehatan ibu hamil dan janin yang tengah dikandungnya.
Nikotin yang terdapat pada rokok akan menghalangi plasenta untuk menyerap nutrisi dan oksigen sehingga perkembangan dan pertumbuhan bayi akan terhambat. Selain itu, rokok juga menyebabkan ketidaksuburan baik bagi pria maupun wanita.

Meningkatkan Kolestrol
Bahaya rokok batangan yang selanjutnya adalah dapat menyebabkan kadar LDL atau lemak jahat dalam darah meningkat serta menurunkan kadar HDL atau lemak baik dalam darah.

Gigi menjadi tidak sehat
Coba Anda perhatikan gigi para perokok aktif. Gigi mereka tidak akan putih bersih. Merokok dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan gigi menguning dan kecoklatan serta rentan keropos. Perokok aktif juga akan memiliki bau mulut yang tidak sedap.

Gangguan mata
Merokok dapat menyebabkan peningkatan resiko terkena penyakit mata seperti glaukoma, degenerasi manula ataupun katarak.

Mengurangi daya tahan tubuh
Rokok batangan yang memiliki banyak zat berbahaya ternyata juga dapat menurunkan sistem imun tubuh sehingga daya tahan tubuh menjadi lebih rendah serta Anda akan memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena infeksi.


Menimbulkan Gangguan Psikologis
Tak hanya dapat menyebabkan berbagai penyakit pada fisik atau tubuh. Rokok juga dapat menyebabkan gangguan psikologis atau kecemasan dan rasa gelisah. Hal tersebut terjadi ketika Anda mencoba untuk menarik diri dari rokok batangan yang selama ini Anda konsumsi.
Nikotin yang memiliki zat adiktif dapat membuat Anda kecanduan dan mengkonsumsi rokok terus-menerus. Nikotin ini juga dapat menyebabkan gangguan kinerja pada otak. Gangguan kinerja pada otak ini juga dapat mempengaruhi cara seseorang bertindak dan berfikir. Hal tersebut patut diwaspadai mengingat nikotin dapat mencapai otak hanya dalam kurun waktu 10 menit saja.
Akibat hal ini maka rokok juga dapat mengakibatkan perubahan perilaku. Hal tersebut salah satunya dipicu oleh adanya zat dopamin yang merupakan salah satu senyawa berbahaya yang terkandung dalam rokok batangan.
Dopamin ini dapat memberikan efek bahagia atau rasa senang bagi para penghisapnya. Hal tersebutlah yang memicu para pecandu rokok untuk terus mengkonsumsi rokok secara berkelanjutan.
Apabila mereka menghentikan kebiasaan merokok ini maka dikhawatirkan mereka akan mudah mengalami mood swing alias perubahan mood secara drastis.
Kesimpulan
Itulah beberapa bahaya rokok batangan yang mengintai para pecandu rokok terutama para pria. Sebenarnya, para pecandu rokok ini pun bahkan sudah menyadari mengenai bahaya tersebut. Namun, mereka merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok yang telah mereka lakukan sejak lama.
Tapi, sekarang Anda tak perlu merasa khawatir lagi. Anda bisa berhenti mengkonsumsi rokok batangan dan beralih menggunakan PUFF. Salah satu inovasi rokok elektrik yang lebih aman dibandingkan dengan rokok batangan.
PUFF adalah alternative terbaik bagi Anda untuk menghilangkan kebiasaan merokok. Mengapa PUFF bisa menjadi alternative terbaik? Kebiasaan merokok tak bisa dihilangkan begitu saja apalagi dalam jangka waktu yang dekat. Dengan PUFF Anda masih tetap bisa merokok namun dengan bahaya yang lebih diminimalisir sebanyak mungkin.
Selain itu, PUFF ini memiliki harga yang lebih terjangkau dan hanya berkisar puluhan ribu rupiah saja. Jika diakumulasikan maka Anda bisa lebih hemat 80% dengan PUFF apabila dibandingkan dengan ongkos yang harus Anda habiskan untuk membeli rokok batangan.
So, tunggu apa lagi? segera beralih dari rokok batangan ke PUFF. Jaga kesehatan diri Anda dan juga orang sekitar dengan PUFF.


[url=https://puffnow.com/idS E N S O Rnews/bahaya-yang-mengancam-dibalik-nikmatnya-rokok-batangan]Sumber[/url]
kafir.resistant
kafir.resistant memberi reputasi
1
494
5
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.