S.e.m.e.d.iAvatar border
TS
S.e.m.e.d.i
Virus Corona Bisa Melayang, Gan!



Wah si makhluk kecil ini mulai mengalami perkembangan Gan, keren sekali tambah bikin keder manusia bukan? Sungguh luar biasa.

Tapi sepertinya saya sudah baca hal ini beberapa bulan lalu dari media Kompas.com
Dikatakan bahwa partikel droplet bisa terbawa arus udara yang disalurkan tanpa sengaja oleh AC ruangan. Saat itu berita yang dimuat di sana tentang sebuah keluarga yang sebelumnya bak-baik saja akan tetapi terinfeksi corona setelah makan di sebuah restoran, padahal sudah memenuhi SOP kesehatan.

Diduga ada keluarga lain yang membawa virus teraebut lalu droplet terikat pada partikel udara yang dikeluarkan oleh AC dan diterbangkan ke seluruh ruangan. Kejadian ini terjadi di LN.

Seharusnya hal ini sudah bisa diprediksikan, agar masyarakat Indonesia pada khususnya semakin waspada dan berhati-hati.
Jangankan saat pandemi saat musim flu saja harus memperhatikan aturan kesehatan. Tapi masyarakat kita sering mengabaikan hal penting tersebut. Ketika mulai pandemi jadi panik.

Oleh karena itu saat ini disebut sebagai New Normal, agar tidak salah mengartikan. Bukan bebas berkumpul seperti dulu lagi, tapi hidup dalam peradaban baru. Dengan segala peraturan dan protokol kesehatan yang ketat yang harus dipatuhi. Ingat tetap pakai masker dimana pun berada. Karena droplet yang bisa melayang di udara ini dalam bentuk yang terkecil, seperti semburan atau mikro droplet, sehingga kemungkinan bisa terbawa arus angin atau udara.

Harapan TS sih tidak muluk-muluk, jangan bersin dan meludah sembarangan. Karena masih banyak TS temui terutama mereka yang meludah sambil naik motor.
Saat angin kencang droplet pun melayang juga kemana-mana.

Selain menjaga tidak bersin dan meludah sembarangan, menjaga sirkulasi udara dalam ruangan atau rumah agar tetap lancar. Ventilasi harus ada, jangan sampai pengap. Ini pernah dijelaskan oleh petugas puskesmas bagian sanitasi, bila ruangan tidak terkena langsung cahaya matahari maka harus leluasa sirkulasi udaranya. Supaya partikel kecil dalam bentuk virus, bakteri atau kuman, tidak mengendap dalam ruangan. Semprot desinfektan pada ruangan sesuai kebutuhan.

Kita sendiri yang bertanggung jawab atas kesehatan diri. Jadi jaga daya tahan tubuh dengan rajin membersihkan ruangan dan mengkonsumsi vitamin C. Lakukan selalu gerakan masyarakat sehat.
Saya akan menambahkan dalam gerakan masyarakat sehat ini bahwa ciptakan selalu rasa nyaman dan senang, karrna imunitas terjaga juga dari pola pikir kita.
Semoga pandemi bisa diatasi.

Jaga kesehatan Gan, sedia payung sebelum hujan
Tak ada rotan akar pun jadi


Salam Semedi šŸ™

Juli, 11.2020
ā¤ā¤ā¤ā¤ā¤

Opini mengulas kabar dari berbagai sumber berita
Gambar Pixabay
Diubah oleh S.e.m.e.d.i 11-07-2020 11:43
babebob
babebob memberi reputasi
1
383
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThreadā€¢82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
Ā© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.