QueenAmaleeaAvatar border
TS
QueenAmaleea
Ingin Memaafkan Pasangan Yang Selingkuh? Tanyakan 10 Hal Ini Sebelum Kamu Menyesal

Cheating (foto-timesofindia.indiatimes.com)
Pernah merasakan dikhianati dan diselingkuhi?  Gimana rasanya gan, sist? 
Sakit? Sedih? Ga terima?  Marah?
emoticon-Ngamukemoticon-Ngamuk
Ya umunya itulah respon yang orang rasakan saat diselingkuhi oleh pasangan mereka. Banyak orang yang memilih untuk berpisah dengan pasangan mereka pasca diselingkuhi. Bahkan ada yang enggan untuk bertemu mantan pasangan lagi karena merasa jijik dan kecewa lantaran perselingkuhan tersebutemoticon-Busaemoticon-Busa.
Tapi rupanya ada loh orang yang dengan besar hati bersedia memaafkan pasangan mereka, meski telah diselingkuhi. 
Ya meski kayanya kok "bego banget sih udah diselingkuhin masih aja mau maafin" tapi dengan alasan "gimana lagi masih cinta, aku yakin kok dia berubah", banyak orang yang memilih untuk memaafkan pasangan yang telah berselingkuh.
Kalau agan gimana?


Perlu TS tegaskan disini ya kalau perselingkuhan itu tak hanya dilakukan oleh kaum pria saja. Wanita juga ada kok yang berselingkuh gan. 
Bahkan penelitianyang dilakukan oleh General Social Survey menyebut wanita millenial lebih sering berselingkuh dibandingkan kaum prianya. 13% perempuan mengaku selingkuh dari pasangan mereka dengan berbagai alasan.
Simple karena merasa kesepian, tidak puas dalam hubungan dengan pasangan, penggunaan obat atau alkohol hingga hanya mencari tantangan dan merasa bosan; menjadi alasan mengapa seseorang berselingkuh.
Jadi di zaman sekarang perselingkuhan tak hanya di dominasi oleh kaum Adam gan, pasti banyak juga perempuan yang berselingkuh dari pasangan dengan berbagai alasan. 

Unfaithful to your partner (foto-indianexpress.com)

Untuk alasan selingkuh sendiri memang beragam gan. Tapi menurut The Journal of Sex Research melalui jurnal yang mereka publikasikan tahun 2017silam, marah atau balas dendam pada pasangan menjadi alasan yang sering diutarakan seseorang ketika memilih untuk selingkuh.
Dorongan seksual justru bukan alasan utama mengapa seseorang memilih untuk berlaku curang pada pasangan mereka. 
Bagi banyak orang, perselingkuhan menjadi "dosa terbesar" dalam suatu hubungan yang sukar untuk dimaafkan. Tapi ternyata ada orang yang punya hati cukup besar untuk memafkan pasangan mereka yang telah selingkuh. Beberapa alasan tentu diungkapkan oleh mereka yang punya hati besar ini.
Perasaan cinta yang masih cukup besar di dalam hati jadi alasan seseorang memilih untuk memaafkan. Selain itu mereka juga berharap pasangan bisa berubah dan tak mengulangi berselingkuh lagi.
Bagi yang sudah menikah, memaafkan pasangan yang telah berselingkuh biasanya karena adanya anak, tekanan dari keluarga dan masyarakat, takut kehilangan financial backing, serta keengganan untuk menyandang status duda/janda setelah cerai.
Memaafkan pasangan yang telah selingkuh tentu hak semua orang (meski kayanya TS ogah maafin orang kaya gitu emoticon-Kagetsemoticon-Kagets). Agan dan sist pernah mendengar ungkapan "once cheater, always cheater"? Katanya orang yang sudah selingkuh bukan tak mungkin akan mengulangi perbuatannya lagi.


Couple (foto-shrm.org) 

Lalu layakkah peselingkuh ini dimaafkan?
Tentu saja setiap orang berhak untuk mendapatkan kesempatan kedua. Mungkin sekarang agan atau sist sedang dilema apakah mau memaafkan pasangan yang sudah selingkuh atau tidak.
Namun sebelum agan atau sist memutuskan untuk meaafkan pasangan yang selingkuh, coba tanyakan dulu 10 hal ini pada diri kalian sendiri,
daripada menyesal di kemudian hari.



1. Apakah ini perselingkuhan pertamanya atau sudah kesekian kalinya?

Jika ini bukan perselingkuhan pertamanya baik saat sedang bersama kalian atau mantan-mantannya yang lain, maka memaafkan bukan opsi terbaik yang bisa agan atau sist ambil saat ini. Berkali-kali selingkuh menjadi bukti, dia bukanlah orang yang tepat untuk kalian maafkan atau beri kesempatan.
2. Apakah dia menyesal dan minta maaf atau malah bersikap biasa saja?


apologize to your partner (foto-newlovetimes.com) 

Agan dan sist bisa mempertimbangkan untuk memaafkan pasangan, jika mereka meunjukkan penyesalan pasca ketahuan selingkuh. Ya anggap saja mereka lagi khilaf emoticon-Hammeremoticon-Hammer...Tapi kalau dia terlihat biasa saja dan malah cuek, lebih baik hubungan kalian diakhiri sampai disini saja gan.
3. Apakah ini perselingkuhan fisik atau emosional?
Percayalah perselingkuhan secara emosional lebih sulit untuk diatasi dibandingkan perselingkuhan secara fisik. Ini karena pasangan yang selingkuh secara emosional bisa saja masih memikirkan orang lain, walau sudah minta maaf pada gan dan sist. Jadi kalau yang mimin baca, sebaiknya lepaskan pasangan jika ia selingkuh secara emosional dimana hubungan kalian akan jadi tidak sehat di masa depan.
4. Mengapa mereka selingkuh?
Coba bayangkan sekarang agan atau sist dalam posisi pasangan yang selingkuh ini. Coba bayangkan mengapa mereka selingkuh? Apakah murni hanya karena bosan, ingin suasana baru, sudah tidak cinta atau alasan lainnya? Dengan mengetahui alasan mereka, lebih mudah bagi agan atau sist memutuskan untuk memaafkan mereka atau tidak.
5. Bisakah kamu sabar menghadapi drama saat bersama mereka?


a crying woman (foto-thelaidetector.com) 

Percaya deh yang namanya perselingkuhan, pasti akan diungkit sewaktu saat nanti ketika kalian bertengkar. Bayangkan juga bagaimana keluarga atau teman-teman kalian berekasi jika mengetahui perselingkuhan si dia ini. Siapkah kalian dengan segala drama yang akan orang ungkit? Jika tidak siap dengan itu semua, sebaiknya kalian mengakhiri hubungan itu.
6. Mampukah kalian benar-benar memaafkan?
Inilah poin utama yang harus kalian tanyakan pada diri sendiri. Mampu engga memaafkan pasangan yang sudah selingkuh? Apalagi jika agan atau sist yang memergoki sendiri perselingkuhan itu. Perlu diingat jika kalian tidak ikhlas memaafkan pasangan, akan berpengaruh pada hubungan kalian kedepannya loh...
7. Bisakah pasangan untuk dipercaya lagi?
Kepercayaan itu ibarat kaca gan, sist. Kalau sudah pecah yang sulit atau bahkan tidak bisa untuk diperbaiki lagi. Kalau kalian merasa pasangan masih bisa dipercaya ya boleh-boleh saja untuk memaafkan mereka. Tapi kalau agan dan sist tak yakin bisa membangun kepercayaan itu, maka sebaiknya akhiri saja hubungan tersebut.
8. Apakah kalian terpuruk dengan perselingkuhan ini?


man can cry too (foto-waterfordwhispersnews.com) 

Satu hal yang perlu diingat adalah agan dan sist bertanggung jawab atas kebahagian kalian sendiri. Ada orang yang enggan mengakhiri suatu hubungan simple hanya karena mereka takut merasa kesepian. Kalau perselingkuhan tersebut membuat agan dan sist terpuruk melukai harga diri kalian, maka sebaiknya tak perlu lagi memaafkan pasangan.
9. Apakah mereka berusaha untuk memperbaiki keadaan?
Sebelum memutuskan untuk memaafkan, cobalah lihat usaha mereka untuk memperbaiki hubungan kalian. Jika dia hanya sekedar minta maaf tanpa usaha lain misalnya menghapus kontak selingkuhannya, maka gan dan sist perlu mempertanyakan keseriusan mereka.
10. Apakah ia layak dimaafkan dan mendapatkan kesempatan kedua?
Seperti yang TS sebutkan diatas, siapa saja berhak mendapatkan kesempatan kedua dan dimaafkan. Tapi apakah pasangan agan dan sist layak untuk mendapatkan itu semua? Jika dia tetap selingkuh saat hubungan kalian baik-baik saja, maka sebaiknya fikirkan dua kali untuk memaafkan pasangan. Apalagi jika perselingkuhan sudah berkali-kali dilakukan, maka ada baiknya agan dan sist move onuntuk menemukan cinta yang baru.


Tak bisa dipungkiri bahwa perasaan cinta yang sangat besar membuat kita dengan mudah memaafkan kesalahan orang yang kita cintai.
Cinta memang membutkan hati namun ada baiknya logika tetap harus bekerja. 
Apakah layak dimaafkan atau lebih baik dilepaskan saja?
Pada akhirnya keputusan memaafkan pasangan yang sudah selingkuh itu ada ditangan agan atau sist sendiri.
So do it wisely ya gan sist...
Sekian thread dari ane gan, sist; kapan-kapan kita ketemu lagi.
see youuuu
"Cheating and lying aren't struggles, they're reasons to break up.” –Patti Callahan Henry
emoticon-Kissemoticon-Kiss



Spoiler for sources:



Daniswara92
kudanil.la
tien212700
tien212700 dan 29 lainnya memberi reputasi
26
7K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.