Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

LordFaries3.0Avatar border
TS
LordFaries3.0
Siap Lawan China, Amerika Bangun Secara Besar2an Pangkalan Militer di Pulau Wake




TRIBUNPEKANBARU.COM - Amerika saat ini juga ikut menggesa pembangunan pangkalan militer.

Di tengah tingginya tensi politik di Laut China Selatan dan Laut China Timur akibat ulah China, ternyata Amerika sudah mempersiapkan skenario terburuk, perang dengan tentara China (People's Liberation Army/PLA).

Saat ini pangkalan militer Amerika yang terdekat ke China adalah Okinawa Jepang dan Guam.
Terbaru Amerika telah mempercepat pembangunan pangkalan militer di Pulau Wake, yang terletak di antara Jepang dan Hawaii, sebagai pangkalan cadangan utama.

Melansir the drive, citra satelit yang diperoleh The War Zone dari Planet Labs,  25 Juni 2020 menunjukkan bahwa peningkatan besar pada pangkalan di Pulau Wake.

Berdasarkan citra satelit arsip, pembangunan besar-besaran lapangan terbang dimulai awal tahun ini dan masih berlangsung hari ini.

Ini meliputi pembangunan apron timur, area apron sekunder yang diperbesar di ujung barat di landasan.

Landasan pacu yang sudah dibangun kembali sudah rampung.
Panjang runwaynya 9.800 kaki (3.000 meter lebih) mampu menampung semua pesawat yang ada di gudang senjata Amerika.
Siap Lawan China, Amerika Bangun Secara Besar2an Pangkalan Militer di Pulau Wake Perkembangan pembangunan pangkalan militer AS di Pulau Wake (the drive)
Pentagon telah mengucurkan ratusan juta dolar untuk membangun kubu strategis rahasia di Pulau Wake dalam beberapa tahun terakhir.

Di luar kegunaan sebagai logistiknya yang jelas, ternyata alasan utama Amerika membangun pangkalan cadangan di Pulau Wake adalah lokasinya di luar jangkauan rudal balistik jarak menengah (IRBM) China maupun Korea Utara.

Guam, yang terletak sekitar 1.500 mil lebih jauh ke barat, berada dalam jangkauan senjata-senjata ini.

Jika pecah dengan China, pangkalan-pangkalan Amerika yang berada dalam jangkauan rudal-rudal seperti Pangkalan Kadena di Okinawa akan kewalahan menghadapi gempuran rudal China pada fase kritis.

Guam, pangkalan utama Angkatan Laut AS dan Pangkalan Angkatan Udara Andersen yang luas, akan menjadi sasaran serangan yang lebih besar.
Siap Lawan China, Amerika Bangun Secara Besar2an Pangkalan Militer di Pulau Wake Dongfeng-41 atau DF-41 muncul saat parade militer HUT ke-70 China Selasa (1/10/2019). DF-41 disebut bisa menjangkau AS hanya dalam 30 menit, dan mendapat julukan sebagai senjata hari kiamat. (YOMIURI SHIMBUN/Koki Kataoka via Reuters)

Guam memiliki baterai rudal THAAD yang telah ada selama bertahun-tahun untuk menangkis serangan rudal balistik secara khusus.

Tapi jika dibombardir terus-menerus, kemampuan pertahanan Guam lama-lama juga rontok.
Pangkalan militer AS di gugus Kepulauan Mariana juga masuk dalam jarak tembak rudal balistik jarak menengah (MRBM) atau rudal balistik jarak menengah (IRBM).

Pulau itu sendiri dapat dengan cepat dibentengi dengan pertahanan udaranya sendiri dan pertahanan dari kapal perang Angkatan Laut AS yang berlayar antara daratan China dan pulau itu.

Pulau Wake juga dianggap berada dalam payung pertahanan berbasis darat (ground-based midcourse defense/GMD) yang dipusatkan di Fort Greely, Alaska.
GMD dirancang untuk menghadapi ancaman rudal balistik antarbenua (ICBM) antarbenua (ICBM).

Gagasan menjadikan Pulau Wake menjadi pusat aktivitas kekuatan udara dengan skenario perang di Asia Pasifik sudah diujicobakan.
Siap Lawan China, Amerika Bangun Secara Besar2an Pangkalan Militer di Pulau Wake Pesawat pembom siluman B-2 yang bertolak dari pangkalan Pulau Wake (wiki common)
Tahun lalu, pesawat pembom B-2 Spirits menggunakan lapangan terbang Pulau Wake untuk pertama kalinya sebagai titik pemuatan ulang senjata dan pengisian bahan bakar (forward re-arming and refueling point/FARP) dengan penerbangan dari Pangkalan Angkatan Udara Hickam di Hawaii, bukan Guam.

Tentu saja, operasi dari Pulau Wake, akan sangat bergantung pada pesawat tanker pengisian bahan bakar udara.

Ingat F-35A hanya memiliki kemampuan tempur dalam radius sekitar 650 mil (ini sebenarnya sudah sangat baik dibanding sebagian besar pesawat tempur saat ini).
Padahal jarak dari Pulau Wake ke pantai China sekitar 3.000 mil.
Midway, yang terletak 1.200 mil di sebelah timur Pulau Wake, adalah pilihan lain, tetapi memiliki kapasitas terbatas dan landasan yang lebih pendek. (the drive)

https://pekanbaru.tribunnews.com/2020/07/10/siap-lawan-china-amerika-bangun-secara-besar-besaran-pangkalan-militer-di-pulau-wake-yang-unggul?page=all.

B2 cepirit di bawa cuy.... ada yang mau di irakan kah?

0
810
2
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
79.4KThread11.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.