perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Penghasilan Drop, Ini Bukti 'Orang Susah Makin Susah'


Jakarta, CNBC Indonesia - Menteri Keuangan Sri Mulani mengatakan karena adanya pandemi virus Corona atau covid-19, membuat masyarakat miskin, rentan miskin, dan pekerja sektor informal merupakan masyarakat yang paling terdampak.

Secara rinci, Sri Mulyani menjelaskan, 70,53% masyarakat berpenghasilan sampai Rp 1,8 juta per bulan mengaku mengalami penurunan pendapatan.

"Hasil survei demografi covid-19 yang dilakukan BPS [Badan Pusat Statistik] dampak covid berpengaruh sampai pada level akar rumput, kareba adanya pembatasan sosial. Sektor informal, UMKM langsung berdampak. Masyarakat dengan pendapatan di bawah Rp 1,8 juta terpengaruh lebih dari 70% pendapatannya mengalami penurunan," jelas Sri Mulyani di ruang rapat Banggar, Kamis (9/7/2020).

Lebih lanjut, Sri Mulyani merinci, masyarakat dengan penghasilan Rp 1,8 juta sampai Rp 3 juta 46,77% pendapatannya mengalami penurunan. Adapula masyarakat dengan pendapatan Rp 3 juta sampai Rp 4,8 juta 37,19% pendapatannya mengalami penurunan.

Sementara itu, masyarakat dengan penghasilan Rp 4,8 juta sampai Rp 7,2 juta sebanyak 31,67% mengalami penurunan pendapatan. Dan masyarakat dengan pendapatan yang di atas Rp 7,2 juta, 30,34% mengalami penurunan pendapatan.

Survei demografi yang dipaparkan oleh Sri Mulyani tersebut diikuti sebanyak 87.379 responden, di mana secara rata-rata 35,78% yang masih bekerja mengalami penurunan pendapatan.

Dari sebanyak 87.379 responden itu pula diketahui sebanyak 56,4% bekerja, 18,34% dirumahkan sementara, 2,52% terkena PHK, dan 22,74% tidak bekerja.

"Survei ini menggambarkan semakin rendah pendapatan masyarakat dampak penurunan pendapatan akibat covid-19 jauh lebih besar," ujar Sri Mulyani.

Oleh karena itu, Sri Mulyani melanjutkan, langkah-langkah pemerintah dengan menambah bansos dari berbagai jalur terus dilakukan.

"Dari Kementerian Sosial, Dana Desa, Program kartu prakerja, semua tujuannya untuk mendukung dan memberi bantuan kepada masyarakat yang mengalami dampak penurunan pendapatan akibat covid," ucap dia.

link


"Survei ini menggambarkan semakin rendah pendapatan masyarakat dampak penurunan pendapatan akibat covid-19 jauh lebih besar," ujar Sri Mulyani.
odjay05
nomorelies
nomorelies dan odjay05 memberi reputasi
2
1.1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.