GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Gelaja yang Menandakan Busi Kudu Diganti Gan!

Salah satu komponen motor yang memiliki peran penting adalah busi. Komponen yang satu ini berfungsi untuk memercikan api ke ruang bakar. Percikan api inilah yang kemudian “meledakan” campuran bensin dan udara yang langsung menghasilkan tenaga. Karena fungsinya sangat penting, pengguna harus paham tanda – tanda kapan busi motor harus diganti:


Mesin brebet

Gejala pertama yang mengindikasikan kalau busi harus segera diganti adalah mesin motor menjadi berebet atau tidak langsam. Coba tarik tuas gas, apabila mesin terdengar berebet, maka kemungkinan besar busi motor lagi bermasalah. Kalau udah kayak gini mending segera ganti Gan.

Susah dinyalain

Motor yang sulit dihidupkan bisa jadi salah satu gejala busi bermasalah. Sebab, salah satu penyebab mesin tidak bisa menyala karena percikan api yang tak cukup besar. Karena itu, jika mesin motor sulit dinyalakan, kamu bisa mencurigai busi. Sebaiknya langsung diganti aja, biar gak merepotkan kalau mogok di jalan.

Tiap 6 ribu kilometer segera ganti busi

Memang gak ada durasi pasti kapan busi motor harus diganti. Tapi supaya gak bermasalah di tengah perjalanan, sangat disarankan untuk mengganti busi setiap 6 ribu kilometer. Sebab, jika sudah menempuh 6 ribu kilometer, kemungkinan busi tersebut sudah berkerak. Kerak ini bisa membuat percikan api tidak maksimal.

Akselerasi jadi gak responsif

Tarikan motor mendadak tidak responsif alias lemot juga bisa menjadi pertanda busi sudah harus diganti. Kalau udah kayak gini mending gak usah dipaksain buat dikendarai GanSis. Segera cek busi motor kalian, mungkin peforma busi yang gak maksimal menjadi sebab akselerasi motor jadi gak responsif.


widi0407
tien212700
tien212700 dan widi0407 memberi reputasi
2
1.2K
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.