Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

estebanvisAvatar border
TS
estebanvis
Dinasti Politik di Pilkada 2020, Lima di Antaranya Keluarga Presiden dan Wapres
Dinasti Politik di Pilkada 2020, Lima di Antaranya Keluarga Presiden dan Wapres


JAKARTA, HALUAN.CO –Perlehatan Pilkada 2020 akan diramaikan oleh keluarga pejabat yang akan maju sebagai calon kepala daerah di sejumlah daerah. Empat orang di antaranya bahkan kerabat Presiden Joko Widodo dan satu merupakan putri Wapres Ma’ruf Amin.

Mengapa Ini penting: Dinasti politik pada pilkada dapat berpotensi penyalahgunaan wewenang dan sumber daya dalam kampanye.

Konteks: Pilkada 2020 digelar serentak di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. Proses pemungutan suara akan berlangsung 9 Desember, mundur 3 bulan dari jadwal semula akibat pandemi virus corona.

Kerabat pejabat di Pilkada 2020:

Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Jokowi itu mendaftarkan diri di Pilwakot Solo dan rencananya akan diusung PDIP.

Bobby Afif Nasution, menantu Jokowi yang akan maju sebagai Wali Kota Medan melalui PDIP, PAN dan Golkar. Bobby sendiri merupakan kader PDIP.

Wahyu Purwanto, adik ipar Jokowi, yang akan maju di Pilbub Gunung Kidul.

Doli Sinomba Siregar, paman Bobby Nasution, maju sebagai calon bupati Tapanuli Selatan dari partai Golkar.

Siti Nur Azizah, putri Wapres Maruf Amin, mantap maju di Pilwalkot Tangerang Selatan. Ia merupakan mantan ASN di Kementerian Agama yang bergabung dengan Partai Demokrat dan menjabat sebagai Wasekjen DPP Demokrat periode 2020-2025.

Hanindhito Himawan Pramono. Haninditho merupakan anak Seskab, Pramono Anung yang akan maju di Pilkada Kediri. Ia berpasangan dengan Ketua Fatayat NU Kabupaten Kediri Dewi Maria Ulfa, didukung oleh PDIP.

Ipuk Fiestiandani. Ipuk merupakan istri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas yang juga akan maju sebagai cabup Banyuwangi. Ia mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP bersama Sugirah yang juga anggota DPRD Banyuwangi dari Fraksi PDIP.

Rahayu Saraswati Djojohadikusumo, keponakan Menhan Prabowo Subianto yang maju dari Partai Gerindra dan PDIP untuk Pilwakot Tangerang Selatan.

Irman Yasin Limpo. Adik bungsu Mentan Syahrul Yasin Limpo bakal meramaikan Pilwakot Makassar. Ia maju dari Partai Golkar.

Pilar Saga Ichsan, merupakan putra pertama Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah atau keponakan Ratu Atut, mantan Gubernur Banten, yang juga akan meramaikan Pilwakot Tangsel.

Marlin, istri Wali Kota Batam, maju di Pilgub Kepulauan Riau dari Partai NasDem.

Ikhfina Fahmawati, istri Musthofa Kamal Pasha mendeklarasikan diri maju di pilkada Mojokerto 2020, berpasangan dengan Muhammad Al Barra. Musthofa Kamal Pasha sendiri merupakan mantan Bupati Mojokerto yang menjadi terpidana kasus suap pembangunan menara telekomunikasi, suap proyek jalan dan pencucian uang serta telah divonis 8 tahun penjara.



Artikel Politik dan Hukum Lainnya:

1. Perusahaan Hashim Dapat Jatah Ekspor Benih Lobster dari KKP
2. PKS Binggung Menhan Ditugaskan Garap Lumbung Pangan, Mentan Kemana?
3. PDIP dan Rekam Jejak Pembakaran Bendera
4. Pilihan untuk Jadi Parpol adalah Langkah Strategis Bagi PA 212
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
695
14
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.