sofiayuanAvatar border
TS
sofiayuan
Bikin Gengsi? Nyatanya Peliharaan Ini Bikin Kantong Tebel!



Assalamualaikum, apa kabar hari ini?masih betah atau sudah bosan berdiam diri di rumah?. Semoga betah ya!.

Di rumah saja memang sangat membosankan, apalagi jika tak memiliki kegiatan. Tapi kayakanya gak mungkinkaan, jika seharian full gak ngapa-ngapain. Paling tidak ngumpul bareng keluarga, nonton tv, ngajari adik, bikin kreasi dan banyaak lagi kegiatan positif yang bisa di lakukan saat #dirumahsaja. Adalagi nih yang gak kalah seru, yakni dengan memanfaatkan waktu senggang untuk merawat hewan peliharaan atau kesayangan kita.


Nah kalau ane sehari-hari yah bantu orang tua buat ngerawat tuh bocah eh sapi maksudnya. Memang gak nyariin rumput sih , tapi biasanya setiap pagi Ane memasak air untuk minum sapi tersebut. Gak kalah sama manusianya kan. Dia juga ikutan minum air panas loh.



Sambil menunggu airnya panas sapi di beri makan terlebih dahulu kata Bapak biar kenyangnya lebih awet. Waah yuk silahkan di coba tips bapak Ane hehe.
Selain itu kotoran sapi juga dapat di manfaatkan sebagai pupuk(sudah sangat umumkan). Kalo di rumah biasanya nunggu kotoran sapi mengering/mengeras baru di kemas dalam karung untuk di pergunakan sebagai pupuk di ladang. Gak ngerogoh koceng lagi deh buat beli pupuk.


Apakah tidak bisa jika kotoran yang masih basah di pergunakan untuk memupuk? Jawabannya tentu bisa, namun hasilnya kurang maksimal. Kata bapak ane sih karena masih panas jadi merusak tanaman. Mungkin jika di teliti dalam laboraturium akan tahu kandungan apa sebenarnya yang terdapat di dalamnya.



Jika ada yang bertanya bagaimana cara merawat sapi agar lebih cepat gemuk?. (Riset di rumah sendiri sih) selain memberikan makanan yang cukup, biasanya di beri tambahan dalam comboran(air minum sapi) seperti konsentrat, polar (ampas gandum), ampas padi, BR. Bisa juga ampas tahu. Banyak juga vitamin yang bisa di berikan agar sapi makin sehat.
Merawat sapi susah-susah gampang sih. Kadang sapi yang jarang di keluarkan dari kandangpun juga bisa pincang. Nah resep mengobatinya mudah banget. Masak 1 kg gula ples air. Jika sudah mendidih diamkan hingga dingin. Baru deh air gula siap di berikan pada sapi yang sakit kakinya.

Terkadang malu atau gengsi sih memperlihatkan hewan yang kita pelihara. But, hewan ini bisa jadi tabungan hehehe.

Itulah kegiatan Ane selama berdiam diri di rumah saja. Semoga kita semua terhindar dari wabah virus covid 19. Amiin

Sampai jumpa di thread Ane selanjutnya. jangan lupa bahagia, belajar bersama bisa dan terima kasih


Sumber tulisan : Opini pribadi
sumber gambar : Dok.pri
Diubah oleh sofiayuan 05-07-2020 06:37
lurika
ismilaila
embunsuci
embunsuci dan 42 lainnya memberi reputasi
43
1.9K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Hewan Peliharaan
Hewan Peliharaan
icon
6.9KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.