• Beranda
  • ...
  • Education
  • Tukang Sampah Aja Bisa Maksud Harvard Law School, Lo Masih Mau Ngeluh Doang Gan?

VolkswagenPutih
TS
VolkswagenPutih
Tukang Sampah Aja Bisa Maksud Harvard Law School, Lo Masih Mau Ngeluh Doang Gan?
Quote:




Telah hadir sebuah kisah tentang perjuangan seorang pria yang berusaha untuk mengubah nasibnya agar menjadi pribadi yang berkualitas di masa depan melalui pendidikan. Adalah Rehan Staton, pemuda berusia 24 tahun yang berhasil membuktikan kalau dirinya mampu menggapai cita-citanya untuk menjadi mahasiswa Sekolah Hukum Harvard meskipun sejak kecil selalu hidup dalam himpitan ekonomi.

Harvard bukanlah sekolah berbiaya murah layaknya “kampus ruko” yang bertebaran di Jabodetabek. Universitas bergengsi tersebut mempunyai bayaran yang cukup mahal untuk dibebankan kepada mahasiswanya. Namun semua itu sesuai dengan fasilitas pembelajaran dan bekal edukasi yang mumpuni untuk para peserta didiknya. Hal itulah yang terkadang membuat lulusan Harvard dianggap punya pemikiran yang cemerlang dan siap untuk memberikan kontribusi kepada dunia, baik itu dalam sektor swasta atau pemerintahan.

Tapi meskipun berbiaya mahal, bukan berarti orang yang tidak berkecukupan dalam segi ekonomi merasa tidak boleh bermimpi untuk menjadi mahasiswa Harvard. Semua orang dengan berbagai macam latar belakang, berhak untuk menjadi peserta didik di Harvard. Tapi, tentunya dengan memenuhi syarat-syarat akademik yang standarnya cukup tinggi. Dan, Rehan berhasil memenuhi semua persyaratan itu.



Sejak kecil hingga usianya yang kini sudah 24 tahun, Rehan sudah hatam dengan pahitnya kesulitan hidup di dunia. Pertama, dia dan ayahnya pernah ditinggal oleh ibunya dari Amerika Serikat untuk kembali ke negara asalnya, Sri Lanka. Gak lama setelah kejadian itu, kesulitan dalam mendapatkan makanan sampai listrik pun sudah menjadi hal yang biasa dihidupnya.

Kedua, Rehan pernah di fase sangat merasa kesepian karena ayahnya jarang bertemu dengannya. Bukan karena ayahnya main cewek ya, tapi karena ayahnya harus kerja di tega tempat sekaligus untuk membiayai kehidupan keluarga kecilnya. Kerja keras ayahnya tersebut berefek pada jarangnya Rehan bertemu dengan sang ayah saat masa kecilnya.

Ketiga, Rehan ini sebenarnya anak yang pintar dan berbakat di bidang olahraga Gan, tapi karena kondisi ekonomi yang sulit bikin dia gak bisa langsung ngelanjutin pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Karena itulah dia akhirnya mendaftar dulu sebagai petugas kebersihan.



Keempat, saat bekerja sebagai petugas kebersihan, beruntung si Rehan mendapatkan dukungan dari bos di tempat kerjanya untuk melanjutkan kuliah. Waktu itu Rehan langsung dibawa oleh bosnya ke seorang dosen dari Bowie State University. Akhirnya berkuliahlah dia disana dan kemudian di transfer ke University of Maryland.

Kelima, pemuda yang sangat bercita-cita ngambil jurusan hukum ini harus kembali terhambat untuk menggapai mimpinya. Di fase ini Rehan mendapati kondisi ayahnya yang sedang sakit stroke. Karena tidak mempunyai untuk memenuhi kebutuhan keluarga, Rehan pun akhirnya menjadi tukang sampah lagi sambil ngelanjutin kuliahnya. Dan, tentunya sambil mengurus ayahnya yang sakit tersebut.



Perjuangan hidupnya yang keras tersebut pun akhirnya membuahkan hasil saat Rehan berinisiatif untuk mendaftar di beberapa kampus bergengsi. Dan, kerennya lagi dia diterima gak cuma oleh satu kampus doang, tapi banyak kampus!

Hingga akhirnya dia memilih Harvard Law School sebagai bagian terbaru dalam perjalanan hidupnya yang berlika-liku tersebut.



Kisah Rehan ini bukti kalau semua orang sebenarnya bisa untuk menjadi “sesuatu” di masa depan jika diimbangi dengan usaha. Mulai dari yang kaya sampai yang miskin, tua hingga muda, semuanya berhak untuk bercita-cita setinggi langit. Karena gak ada cita-cita yang utopis (kecuali bercita-cita bikin masyarakat tanpa kelas, itu baru impossible). emoticon-Big Grin

So, banyakin usaha, kurangin mengeluh, dan tetap semangat meraih cita-cita ya Gan.
emoticon-Angkat Beer


Quote:


Diubah oleh VolkswagenPutih 09-07-2020 11:20
indramamothn.h3indirapanji
indirapanji dan 60 lainnya memberi reputasi
53
6.9K
141
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Education
Education
icon
22.4KThread13.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.