Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

vumloAvatar border
TS
vumlo
Jokowi Percayakan Lumbung Pangan ke Prabowo
Jokowi Percayakan Lumbung Pangan ke Prabowo


JAKARTA, HALUAN.CO -Juru Bicara Menteri Pertahanan RI, Dahnil Anzar Simanjuntak mengungkapkan, Prabowo Subianto ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengurus lumbung pangan RI.

Apa yang penting: Program Food Estate belakangan ini digalakkan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal itu disampaikan Dahnil saat berbicara dalam acara peluncuran buku "Ekonomi Pertahanan Menghadapi Perang Generasi Keenam Karya Laksdya TNI Agus Setiadji" yang berlangsung secara virtual, dikutip dari CNBC, Selasa (7/7/2020).

Konteks:

• Sebelumnya, Jokowi memutuskan Kalteng sebagai kawasan food estate. Secara khusus, Jokowi memerintahkan sejumlah menteri untuk menggarap food estate bersama-sama.

• Dengan menggerakkan BUMN, Prabowo juga ikut terlibat karena lumbung pangan adalah program ketahanan non-militer.

Apa katanya: “Hari ini Kemenhan (kementerian pertahanan) diberikan tanggung jawab oleh presiden sebagai leading sector untuk memperkuat food estate. Insya Allah hari Kamis Pak Menhan dan Pak Presiden akan meninjau lokasi di Kalimantan Tengah terkait rencana dengan food estate. Food estate ini akan menjadi logistik cadangan strategis bagi Indonesia yang nanti ditangani oleh prajurit TNI,” jelas Dahnil.

Daftar menteri yang dilibatkan:

• Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto.

• Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

• Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Strategi pengembangan:

• Survei yang dilakukan The Economist tahun 2017 menunjukkan, negara-negara yang mempunyai ketahanan pangan yang stabil justru berasal dari kawasan Eropa dan Amerika Utara. Sedangkan Asia dan Afrika, yang memang sejak awal itu mendorong pertumbuhan, kemudian industrialisasi, justru meninggalkan sektor pertanian.

• Sedangkan Eropa dan Amerika, sekarang sudah mulai de-industrialisasi. Malah Eropa dan Amerika Utara mulai masuk ke ekonomi hijau dan sebagainya.

• Akhirnya, menurut Dahnil, sektor pertanian negara-negara tersebut mendapat subsidi besar-besaran. Sehingga ramalan The Economist pada 2030 justru Eropa dan Amerika Utara justru punya ketahanan pangan yang kuat.

• Dari perpektif tersebut, Menhan akan mengubah ramalan itu. Sekarang era Covid-19, semuanya sadar betul ujung-ujungnya yang paling kita butuhkan adalah tempat tinggal dan pangan.

“Maka negara, dalam hal ini Presiden, Pak Menhan, merevitalisasi logistik kita, pangan kita melalui food estate itu. Itu kesadaran itu kemudian tumbuh di era Covid-19 ini secara baik,” jelas Dahnil.

Pusat pengembangan:

• Proyek ini bakal dikerjakan di Kalimantan Tengah, tepatnya di sekitar Sungai Barito di atas lahan seluas 165 ribu hektare.

• Basuki menjelaskan, di kawasan tersebut, sebenarnya terdapat potensi pembukaan lahan seluas 295.500 hektare, namun pihaknya kini masih fokus di 165 ribu hektare.

• Selama ini, lahan 165 ribu hektare tersebut sudah pernah dibuka sebagai persawahan namun tak terawat dengan baik. Inilah yang akan dijadikan food estate.




Kalau tertarik, baca juga yuk berita politik dan hukum lainnya:

1. Anggota Baswaslu Dapat Pulsa Rp25 Ribu Setiap Rapat Daring
2. Ada 15 Perwira Polisi di Komisaris BUMN, Sebagian Jabat Saat Masih Aktif
3. Kartu Prakerja Disetop, Perusahaan Mitra Sudah Kantongi Duit Rp680 Miliar
Diubah oleh vumlo 08-07-2020 03:41
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 memberi reputasi
1
723
13
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.