Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Yogyakarta
  • Jadi Kurir Sepeda Selama Pandemi, Vicky Kantongi Rp200 Ribu dalam Sebulan

vasilizaitsevAvatar border
TS
vasilizaitsev
Jadi Kurir Sepeda Selama Pandemi, Vicky Kantongi Rp200 Ribu dalam Sebulan
Jadi Kurir Sepeda Selama Pandemi, Vicky Kantongi Rp200 Ribu dalam Sebulan
Jasa kurir sepeda di Jogja saat ini berkembang pesat. Ada sebanyak 5 sampai 6 start up jasa kurir sepeda yang telah ada.

Kaus warna abu-abu yang dikenakannya terlihat mulai basah. Sesaat ia kemudian menyandarkan sepeda fixed dan tas warna hitam di sebatang pohon. Sambil menyeka keringat di dahinya, Ardi Iswansyah (33) bercerita baru saja mengirim barang di daerah Tajem, Sleman.

Hari itu, belum sampai tengah hari, ia melalui jasa kurir sepedanya sudah mengantarkan sebanyak tiga order paket barang ke pelanggannya yang tersebar di kawasan Sleman.

Ardi sapaan akrabnya bisa dibilang merupakan pelopor jasa kurir sepeda di Yogyakarta yang meniti sejak 2013 silam. Ia mengaku alasannya untuk membangun usaha jasa kurir sepeda sebetulnya untuk memenuhi kebutuhan dan hobinya bersepeda.

"Saya sendiri membangun usaha ini tahun 2013, awalnya untuk memenuhi kebutuhan bersepeda. Ternyata, sambutan masyarakat Jogja lumayan baik. Kita salah satu kurir yang paling awal berdiri," ujarnya kepada SuaraJogja.id beberapa waktu lalu.

Pemilik jasa kurir sepeda Fixed Courrier ini mengatakan adanya ledakan ojol pada tahun 2013 di Jogja memang sangat mempengaruhi arah dunia kurir sepeda saat itu. Meski begitu, belakangan justru jasa kurir sepeda malah makin berkembang.

Hal ini ditandai dengan munculnya sejumlah start up yang bergerak di bidang jasa kurir sepeda di Jogja.

"Sekarang ini entah gimana malah berkembang lho jasa kurir sepeda itu. Kalau dulu itu cuma ada punyaku sekarang itu mulai bermunculan jasa kurir lainnya di Jogja ada sekitar 5 atau 6 lah sekarang kalau dijumlahkan," terangnya.

Ia menyebut untuk bisa bertahan dengan situasi saat ini di tengah pandemi dan banyaknya layanan serupa yang diberikan ojol, ada trik yang dipakai. Salah satunya yakni memanfaatkan gadged dan media sosial.

"Kalo mengandalkan kecepatan, jelas kita kalah dengan ojol. Apalagi, sekarang lumayan banyak warga Jogja yang mulai lupa dengan kurir sepeda. Jadi, kami sebarkan keberadaan kami lewat medsos, apalagi pangsa pasar kami banyak di antaranya anak muda," jelasnya.

Ardi mengatakan, kurir sepeda bukanlah pesaing ojol. Melainkan, alternatif jasa pengiriman yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Menyasar kerja sama bareng UMKM lokal, kurir sepeda dan UMKM lokal bisa saling bersinergi guna membentuk hubungan yang saling menguntungkan.

"Jadi, bareng UMKM kita bisa promosikan produk mereka melalui sosmed kami, mereka juga bisa mempromosikan layanan kami melalui media mereka. Jadi saling menguntungkan," kata Ardi.

Dengan alasan inilah ia tak mau mengambil keuntungan berlebih saat mengambil orderan dari UMKM lokal. Ia hanya mematok tarif Rp10 ribu per flat, tanpa ada batasan jarak.

"Biaya per flat dalam ringroad Rp10 ribu, di luar ringroad nambah Rp5 ribu. Kami gak mau memberatkan pelanggan," ujarnya lagi.

Hasil kurir bisa untuk service sepeda

Saat ini ada lima orang yang tergabung di Fixed Courrier. Semuanya adalah orang-orang yang memiliki hobi yang sama, yakni bersepeda.

Salah satu kurir yang tergabung dalam Fixed Courrier, Vicky (17) mengaku baru bergabung saat wabah Covid-19 melanda.

"Saya mulai ngurir waktu wabah Covid-19 ini. Sekolah juga online kan, jadi belajar di rumah. Jadwal sekolah online saya sekitar jam 08.00-12.00 WIB dan saya mulai ngurir biasa siang sampai sore. Jadi gak terganggu," ujarnya kepada Suarajogja.

Meski tak banyak, Vicky mengaku senang bisa menggunakan uang dari usahanya sendiri untuk perawatan sepeda miliknya.

"Sebulan bisa dapet Rp100 sampe Rp200 ribu. Segitu udah seneng, bisa pegang uang dari kerja sendiri. Bisa buat service sepeda juga," katanya.

Ia juga mengatakan, sepeda fixie cenderung jarang memerlukan perawatan ekstra sehingga ia bisa menggunakan uang hasil bekerja untuk ditabung.

Jadi Kurir Sepeda Selama Pandemi, Vicky Kantongi Rp200 Ribu dalam Sebulan
Info grafis kurir sepeda di Jogja. [Ema Rohimah / SuaraJogja.id]

Kurir sepeda bisa menjangkau banyak lokasi di Jogja

Salah satu UMKM lokal yang memanfaatkan kurir sepeda di Jogja yakni Voice of Jogja. UMKM yang bergerak di bidang clothing bertema wayang ini sudah biasa memanfaatkan kurir sepeda sebagai pengantar produk ke konsumennya sejak April lalu.

"Biayanya terjangkau, konsumen juga seneng karena mereka belum tahu (tentang kurir sepeda), jadi tambahan informasi juga buat mereka," ujar Hery, pengelola Voice of Jogja.

Ia berharap, layanan kurir sepeda semakin banyak di Yogyakarta. Selain ramah lingkungan, menurutnya, kurir sepeda bisa menjangkau banyak wilayah di Jogja.

Pesepeda harus taat aturan di jalan raya

Menanggapi mulai menggeliatnya aktivitas kurir sepeda, Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kulon Progo, Aris Nugroho memberikan sejumlah tips.

Menurutnya pelaku usaha kurir sepeda bisa mengukur kemampuannya masing-masing. Bila tidak fit, tidak perlu memaksakan diri karena bisa berakibat fatal.

Selain itu berbagai persiapan seperti ketersediaan minum, perlengkapan pesepeda hingga protokol kesehatan selama wabah juga wajib diikuti.

Selain itu, ia juga menyarankan agar pelaku kurir sepeda bisa menjaga keselamatan diri terutama di jalan raya. Sebab pengguna jalan raya tak hanya para pesepeda tetapi juga ada kendaraan lainnya.

"Yang paling penting jaga keselamatan diri, mengendara sesuai aturan di jalan raya, jangan sampai ugal-ugalan," tambahnya.

Liputan khas ini ditulis tim SuaraJogja.id, M. Nurhadi


Sumber : https://jogja.suara.com/read/2020/07...-dalam-sebulan
0
870
2
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Yogyakarta
YogyakartaKASKUS Official
3.5KThread1.9KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.