Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kerap Mimpi Buruk? Coba Kurangi 9 Makanan Ini Gan, No 8 Paling Sering Kita Santap

QueenAmaleeaAvatar border
TS
QueenAmaleea
Kerap Mimpi Buruk? Coba Kurangi 9 Makanan Ini Gan, No 8 Paling Sering Kita Santap
Kerap Mimpi Buruk? Coba Kurangi 9 Makanan Ini Gan, No 8 Paling Sering Kita Santap
Eating in bed (foto-thedailymeal.com)
Hulaaaaa.....siapa yang punya kebiasan ngaskus dulu sebelum tidur sama kaya TS? Hahahaha, bosen ya ketemu ane mulu? Ga apa-apa kan gan ketemu sama ane mulu disini?emoticon-Kissemoticon-Kiss


Oh ya sebelumnya ane mau nanya ada yang punya kebiasan makan dulu ga sih sebelum tidur? Kalau TS jujur engga soalnya badan TS gampang gemuknya, jadi ga pernah makan menjelang tidur.

Tapi ada juga loh gan sist, orang yang harus makan dulu menjelang tidur. Katanya kalau ga makan ga bisa tidur soalnya hawanya kelaparan mulu. Jadi kalau sudah kenyang, mata ngantuk lalu tidur deh emoticon-Big Grin

Terlepas dari kebiasan mana yang agan atau sist lakuin, TS yakin kalian sudah tahu kondisi badan sendiri kan ya jadi ngerti lah yang mana yang harus dilakukan dan yang engga.

Kerap Mimpi Buruk? Coba Kurangi 9 Makanan Ini Gan, No 8 Paling Sering Kita Santap

Eat before bed (foto-naludamagazine.com)


Btw kali ini ane mau membahas mengenai keterkaitan antara makanan dan kebiasan tidur agan dan sista. Tahukan agan dan sista ternyata ada makanan yang bisa memicu kita bermimpi buruk? Hmm baru tahu ya? sama dunk kaya ane heheheheemoticon-Peace

Karena baru sama-sama tahu, ane mau ngajak kaskuser semuanya untuk belajar bareng mengenai kebiasan makan yang bisa memicu seorang bermimpi buruk. Rupanya seperti dikutip dari psychologytodayada pola makan dan makanan yang dikonsumsi bisa mempengaruhi pola tidur seseorang gan.

Di tahun 2005 lalu, British Cheese Boardmelakukan penelitian yang melibatkan 382 orang peserta. 68 responden mengaku mengalami mimpi buruk usai menyantap makanan tertentu sebelum tidur.  Penelitian ini menemukan bahwa bahwa dairy produk atau produk olahan susu menjadi makanan yang paling berpotensi membuat seseorang mengalami mimpi buruk. Responden juga mengaku mengalami mimpi yang kurang menyenangkan, usai menyantap makanan pedas sebelum tidur.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Rupanya nutrisi yang ada dalam makanan berperan penting dalam mempengaruhi emosi dan mood kita. Selain itu metabolisme tubuh serta gangguan pencernaan, juga menjadi faktor mengapa makanan tertentu yang dikonsumsi menjelang tidur bisa menyebabkan mimpi buruk.
Kerap Mimpi Buruk? Coba Kurangi 9 Makanan Ini Gan, No 8 Paling Sering Kita Santap
Nightmare (foto-laughingcolours.com) 

Nah kalau ada agan atau sist sekalian yang kerap mengalami mimpi buruk, bisa saja bukan hanya karena kalian lupa berdoa. Coba deh diingat-ingat lagi tadi sebelum tidur makan apa ya kok bisa mimpi buruk kaya gitu? 
Nah berikut ini TS punya daftar beberapa maknan yang ditengarai bisa mengakibtkan seseorang sering mengalami mimpi buruk. Apa saja itu?

1. Sambal atau saus (makanan pedas)

Spoiler for sauce:

Kebanyakan orang Indonesia adalah pencinta makanan pedas membakar lidah. Lihat saja trend makanan kekinian yang menjanjikan sensasi pedas membakar lidah hingga level tertentu yang booming di tanah air. Namun menurut penelitian yang dilakukan Frontiers in Psychologymakanan pedas bisa memicu mimpi buruk, karena  mempengaruhi temperatur tubuh yang memicu perubahan formasi mimpi. Meningkatnya temperature tubuh usai menyantap makanan pedas seperti saus atau sambal, membuat otak sedikit terganggu sehingga mimpi  buruk pun muncul.

2. Kue kering dan cake (makanan manis)

Spoiler for cake and cookies:

Kita tentu tahu bahwa mengkonsumsi terlalu banyak gula bisa memicu masalah kesehatan serius, mulai dari kenaikan bert badan hingga diabetes. Tapi agan dan sist juga sebaiknya menjauhi cake, cookies atau makanan manis lainnya menjelang tidur. Sebanyak 31% responden yang diteliti Frontiers in Psychology mengaku bermimpi buruk usai menyantap kue kering, cake atau biskuit. Gula yang berlebihan mengganggu formasi mimpi ketika kalian masuk fase tidur lelap atau REM (rapid eye movement). Jadi ga boleh dong makan makanan manis lagi? Masih boleh kok asal ga berlebihan dan maksimal dikonsumsi 6 jam sebelum tidur ya.

3. Keju

Spoiler for Cheese:

Ilmuwan masih pro dan kontra mengenai keju, yang disebut bisa membuat seseorang bermimpi buruk. Keju disebut memicu mimpi buruk, pasca British Cheese Board melakukan penelitian dimana 44% responden mengaku bermimpi buruk usai menyantap keju. Adakah agan dan sist yang punya pengalaman mimpi buruk juga usai makan keju?

4. Salad dressing atau saus salad

Spoiler for dressing:

Salad makanan yang dikenal sehat ini konon juga bisa memicu mimpi buruk, kalau agan dan sist kurang teliti memilih dressing atau sausnya. Alasanya? Ternyata ada beberapa saus dan dressing salad yang memiliki kadar gula tinggi di dalamnya. Jadi pastikan kalau mau memberi saus di salad, yang low sugarya gan, sist...

5. Mie dan pasta

Spoiler for noodle:

Hayo siapa nih yang malam-malam hobi bikin mie goreng atau mie rebus? Biasanya makanya dalam keadaan panas dan juga rasanya harus pedas. Rupanya mie dan pasta juga berpotensi membuat kita bermimpi buruk loh gan sist. Ini karena karbohidrat tinggi dalam mie serta pasta bisa memicu penumpukan gula dalam tubuh kita. Sedangkan gula sendiri berpengaruh dalam fase REM (rapid eye movement) saat tidur. Jadi selain bikin gemuk, makan mie atau pasta menjelang tidur konon bisa memicu mimpi buruk juga gan.

6. Keripik kentang 

Spoiler for potato chips:

Renyah, gurih dan asin; keripik kentang juga jadi salah salah satu makanan favorit TS nih gan. Tapi sebaiknya tidak mengkonsumsi keripik kentang menjelang tidur ya. Ini karena kandungan lemak yang ada dalam keripik kentang mempengaruhi kerja pencernaan. Tubuh akan bekerja lebih keras sepanjang malam mengolah makanan seperti keripik kentang ini, sehingga tidur pun terganggu. 12,5% responden yang diteliti  Frontiers in Psychology  mengaku bermimpi buruk pasca menyantap keripik kentang sebelum tidur. Jadi sebaiknya mulai sekarang pilih snack sehat apalagi kalau dikonsumsi menjelang tidur ya gan sist..

7. Cokelat 

Spoiler for chocolate:

New Scientistmelaporkan bahwa cokelat yang memiliki cita rasa manis sebaiknya tidak disantap menjelang tidur. Beberapa jenis cokelat memiliki kandungan kafein cukup tinggi di dalamnya. Selain itu [url=https://www.nytimes.com/2009/01/13/health/13real.html#:~:text=Theobromine%2C%20which%20increases%20heart%20rate,and%20soft%20drinks%20%E2%80%94%20before%20bedtime.][/url][url=https://www.nytimes.com/2009/01/13/health/13real.html#:~:text=Theobromine%2C%20which%20increases%20heart%20rate,and%20soft%20drinks%20%E2%80%94%20before%20bedtime.]Theobromine[/url] yang memicu peningkatan detak jantung dan kesulitan tidur, juga ditemukan dalam beberapa jenis cokelat gan

8. Gorengan

Spoiler for fried food:

Murah meriah, enak, memiliki banyak variasi dan mudah ditemukan, membuat gorengan jadi makanan favorit kebanyakan orang. Bahkan hampir setiap hari kita mengkonsumsi makanan yang digoreng ini gan. Bakwan, tempe goreng, tahu goreng, risol, lumpia, cireng you named it! Tapi kalau agan sering mimpi buruk, sebaiknya kurangi makan gorengan terutama menjelang tidur. Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak tinggi membuat tubuh bekerja lebih keras, sehingga kualitas tidur pun menjadi terpengaruh.

9. Es Krim

Spoiler for ice cream:

Es krim, makanan yang satu ini memang enak disantap di berbagai kesempatan. Bahkan menyantap es krim konon bisa mempengaruhi mood seseorang. Tapi menyantap es krim sebelum tidur bukan hal yang dianjurkan gan, sist. Tubuh kita tak punya cukup waktu untuk mengolah lemak dan gula dalam es krim, jika kita menyantapnya sebelum tidur. Gula yang tinggi dalam es krim meningkatkan energi tubuh sehingga membuat otak menjadi bingung, apakah harus mengolah energi atau relaksasi untuk tidur.  Sebagai akibatnya, kualitas tidur pun terganggu dan mimpi buruk bisa saja muncul.

Wah jadi makan apa dong sebelum tidur? Seperti yang TS bilang diatas hanya kita sendiri yang tahu mengenai tubuh kita sendiri gan. Salah satu maknan yang disarankan menjelang tidur adalah pisang, karena tinggi magnesiumyang mampu merelaksasi otot dan membantu tidur lebih lelap.
Sekian thread dari ane gan, sekali lagi ane bukan dokter atau nutrisionis ya. Karena itu ane terbuka menerima masukan serta saran dari yang lebih ahli dari ane di komentar.  
“One cannot think well, love well, sleep well, if one has not dined well.”


See you next time emoticon-Baby Girl






brina313
tien212700
tien212700 dan brina313 memberi reputasi
2
513
5
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.