Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
275
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5f0165598d9b176727046d7b/ironi-kalung-anti-corona--inovasi-anak-negeri-yang-dihujat-bangsa-sendiri
Kini, ditengah pandemi Covid-19, Kementerian Pertanian yang dipimpin oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, juga mengalami nasib serupa. Alih-alih ingin ikut berkontribusi menyelamatkan bangsa ini melalui penemuan kalung anti Corona, ehh malah rame-rame dihujat sama bangsanya sendiri.
Lapor Hansip
05-07-2020 12:30

Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri

Past Hot Thread
Potret Bangsa Hari Ini


Kapan lah mau maju Indonesia ini? Setiap ada anak bangsa yang berupaya menelurkan ide dan inovasi untuk negerinya, pasti ada saja segelintir orang yang menghujatnya, ibaratkan emak-emak komplek yang suka gosipin tetangga, begitulah mirisnya gambaran bangsa kita saat ini.

Masih segar dalam ingatan, beberapa tokoh teknologi seperti BJ Habibie misalnya, dulu juga pernah dihujat bangsanya sendiri atas upayanya ingin menciptakan pesawat terbang, gagasannya tentang industri strategis juga ditolak. Alhasil, bangsa ini lebih bangga memilih menjadi konsumen produk-produk bangsa lain, ketimbang menghargai hasil karya bangsa sendiri. Sementara di Jerman, BJ Habibie lebih dihargai disana, bahkan diberikan keistimewaan bebas visa, di saat bangsa ini malah menolaknya.

Potret Bangsa Hari Ini


Kini, ditengah pandemi Covid-19, Kementerian Pertanian yang dipimpin oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, juga mengalami nasib serupa. Alih-alih ingin ikut berkontribusi menyelamatkan bangsa ini melalui penemuan kalung anti Corona, ehh malah rame-rame dihujat sama bangsanya sendiri. Dibully dan dipermalukan sampai jadi trending topic di Twitter dan jadi trend di Google Indonesia.

Alasannya sama seperti dulu, tidak yakin sama kemampuan bangsa sendiri, terlalu menghamba pada produk-produk asing. Padahal, kalau ditelusuri secara ilmu pengetahuan, kandungan Eucalyptus pada kalung tersebut secara medis juga dinilai ampuh mencegah virus Covid-19. Menurut Dosen Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof. Dr. Zullies Ikawati, inovasi Kementan meluncurkan kalung ini tergolong sangat baik, minimal untuk mencegah beberapa gejala pada pasien Covid-19.

Potret Bangsa Hari Ini


"Saya kira, sebagai pendukung untuk gejala covid inovasi ini sangat bagus karena covid biasanya sesak nafas. Jadi ini sangat pas sekali," kata Zullies, seperti dikutip dari siaran pers Kementan, Sabtu (4/7).

Meskipun belum sepenuhnya bisa dikatakan sebagai obat, namun kalung tersebut setidaknya mampu mengobati beberapa gejala awal yang biasanya dialami oleh penderita Covid-19, seperti sesak napas. Kementan sendiri tidak pernah mengklaim ini sebagai obat, karena sejatinya fungsi kalung ini hanyalah sebagai pencegah atau antivirus, bukan obat seperti yang dinyinyirin oleh para netizen yang maha benar.

"Kalau uji invitro saya setuju dan saya kira memang ada potensi menjadi antivirus. Tapi kan untuk menjadi satu obat pasti ada alurnya," katanya.

Lantas, mau sampai kapan Indonesia ini mau maju? Jika sebagian masyarakat kita masih memiliki rasa inferioritas didalam dirinya, selalu meragukan kemampuan bangsa sendiri, lebih menghamba pada produk asing, selalu menjadi konsumen ketimbang produsen, setiap anak bangsa yang ingin berinovasi, dihujat habis-habisan! Apakah begini cara kalian mencintai bangsa ini?? Apakah belum cukup mental bangsa terjajah masih terkooptasi didalam pikiran kalian??

JANGAN LUPA
Diubah oleh anakmudaindia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
wanqodir dan 59 lainnya memberi reputasi
6
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 6 dari 13
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 18:56
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
saya kira yang dihujat bukan inovasinya..
tetapi statement dan klaim dari pihak terkait yang terlampau berani, padahal belum melewati uji medis yang valid.
bagaimana bisa diklaim ampuh melawan virus covid-19 sementara isolat covid-19 saja kita belum punya.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan didit.d memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 18:56
Simple sih. Yang jualan suruh pake, trus yang positif corona suruh jilatin lidah mata hidung nya. Yang jual boleh pilih minta dijilatin sama pasien yang mana. Kalo kebukti penangkal Virus Corona, rakyat boleh beli.

Masih banyak pedagang obat pinggir jalan yang lebih pinter jualan nya.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan didit.d memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 18:57
Lah baper! Diuji secara medis dan kebenarannya udah belum?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan didit.d memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 18:57
Bukan menghujat gan, cuma ada beberapa hal:
1. Belum terbukti diujicobakan
2. Belum ada pembuktian ilmiahnya seberapa efektif produk ini. Apakah bisa menangkal 90%, 70%, 50%, 40%, atau 10%. Ini yg perlu diinformasikan ke masyarakat
3. Masyarakat semakin kritis gan, jadi hal wajar setiap hal dikritisi baik kritik baik atau buruk, tinggal pembuktian aja

Inget, sesuatu hal yang bodoh tidak akan menjadi bodoh BILA memang terbukti efektif.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 18:58
Pembodohan dan diliat negara lain amat memalukan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 18:58
logika aja, klo udah jelas, bener2 jelas ampuh, masyarakat juga bakal ngasih apresiasi, bahkan bisa dengan bangga share di medsos mereka sambil bikin (#)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:00
Kalau merilis antivirus ya siap dibantah jika nggak efektif. Jadi membantah itu BUKAN menghujat kecuali bagi orang baper atau super sensitif

Orang bikin teori ilmiah ya harus siap direvisi kalau salah, masa iya pas diberi sanggahan langsung nangis: "Huhuhuhu akutuh syedih. Niatnya bikin teori kok malah dijuhat. Sudah ya, akutuh nggak mau lanjut. Huhuhu syedih"
emoticon-sad

Jadi plis deh, ini antivirus jadi harus dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan mempertanyakan keefektifannya itu bukan suatu hujatan. Jadi jangan baper plis. Sekali lagi jangan baper
emoticon-sad

Justru kami yang mempertanyakan ini peduli dengan "karya anak bangsa" sehingga next time karya anak bangsa dapat semakin berkualitas. Beda sama mereka yang memuja2: itu malah bahaya karena apapun karyanya, selama mendapat label, "karya anak bangsa" akan dipuja2 meskipun nggak berkualitas

Jadi jangan baper
emoticon-sad
Diubah oleh maverick4ever
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan didit.d memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:02
emoticon-Kemana TSnya?
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:03
masalah nya kan itu bukan koridor dia selaku menteri pertanian main masuk aja.
dan belum terbukti main klaim aja.

sama aja kek bukan rumah nya terus main masukin dan klaim yang punya sertifikat rumah.

kan kocak emoticon-Leh Uga
profile-picture
profile-picture
didit.d dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:05
belajarlah sampai ke negri china .
yg udah bisa mengatasi pandemi .lucu nya negri ini yg mudah termakan hoak.sy rasa yg paling bahaya dr pada virus menurut pemerintah china adalah hoak bukan virus itu sendiri.di sini gak cuma maysiarakat yg kena bahkan sekaliber mentri pun kena.ayo dong jangan memperkuruh keadaan musuh kita itu virus gak mahkluh halus yg takut dengan jimat (kalung).
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:06
Inovasi boleh tapi jangan mengharap pujian. Kebiasaan indonesia ini rakyatnya suka overproud sama hal yg berbau indonesia.
profile-picture
profile-picture
kakekane.cell dan maverick4ever memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:08
wajar sih ya banyak yg kontra, entar tunggu terbukti bisa mengobati baru deh di elu elu kan emoticon-Angel
profile-picture
profile-picture
Fikrullah dan kakekane.cell memberi reputasi
2 0
2
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:10
urus saja pertanian indonesia fokus di situ .jangan urusvirus ,itu bukan ahlimu apalagi mencoba menyatasinya.salah sedikit saja dampk nya luar biasa .
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:17
kalau cuma klaim, tanpa ada bukti valid, gimana orang lain bisa percaya dengan produk tersebut, yang percaya cuma orang lugu saja.
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:17
kalo untuk industri pesawat terbang ane setuju, tapi kalung anti corona? please deh.

pencegahan dan antivirus darimana? mekanisme kerjanya apa? trus dipake jadi kalung? corona itu yg sakit di paru2 cuk. udh ada penelitiannya belom?
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:17
sori ya ts gua ga setuju banget sama lu. apalagi banding2in sama produk asing atau tokoh lain sampe penjajah lah.

nih gua kasih infografis biar lu tau kesalahan disini. lagian orang2 disini pada pinter kayanya udah pada tau juga masalahnya, lu aja yg masih baperan.
https://timeline.line.me/post/_dQpaV...96045809080363


begini cara gua mencintai bangsa gua, yaitu dengan memberi literasi agar tidak mudah dibodohi, tidak mudah menerima informasi mentah2, mengedepankan berpikir rasional sebelum bertindak.

gua akan sangat setuju dan mengapresiasi jika pemerintah mengeluarkan jurnal penelitian yg disetujui secara medis baru mulai diproduksi.
Diubah oleh Amrozi.cs
profile-picture
profile-picture
profile-picture
hantupuskom dan 2 lainnya memberi reputasi
3 0
3
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:17
Gw sih ga niat hujat, tapi cmon, kalung anti corona????? emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Ini niat ngelawak apa bijimana emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:18
ewako SYL
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:19
Heh kulik @buron.warteg , semoga lu sekeluarga terkena corona v2 emoticon-Cool
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Ironi Kalung Anti Corona : Inovasi Anak Negeri yang Dihujat Bangsa Sendiri
06-07-2020 19:21
Jangan bandingin karya alm BJ habibie dengan produk kalung ini bro , jauh lah

Orang respect kalau sebuah produk beneran bermanfaat dan berguna , kayak pesawat

Lah ini kalung diklaim bisa jad anti virus, kalau udh terbukti bisa menangkal atau sembuhkan yang positif gw dukung penuh bro, klw sekedar gimmick kyk power balance ya di bully, harus ada bukti dulu

Ini bukan inovasi, tapi buang" duit negara
Diubah oleh blues...
profile-picture
kakekane.cell memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 6 dari 13
icon-hot-thread
Hot Threads
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia