anna1812Avatar border
TS
anna1812
Keunikan Acara Kompak MeNyimak, Agan Udah Tahu Belum?


Mengikuti sebuah acara belajar menulis on line melalui WA grup, tentu udah sering kita dengar, ya. Banyak manfaat yang bisa diambil. Selain ilmu yang didapat, otomatis pertemanan akan bertambah. Yang penting bukan drama aja, ya yang bertambah. Haha. Skip kalau yang ini. Bikin kepala pusing aja. Bahagia enggak, tersiksa iya. Ane sih milih bahagia, ya, karena hidup hanya sekali, GanSis. Jadi, manfaatkanlah waktu untuk hal-hal berfaedah. Setuju?

Oke, ane akan bercerita tentang suatu komunitas yang menurut ane, tuh, kompeten banget. Selain para admin dan moderatornya yang super ramah, komunitas ini juga nggak segan-segan buat merangkul para member yang ingin belajar 'ngaskus' dan selalu men-support member untuk terus berkarya. Poin paling penting, nggak ada aturan-aturan yang memberatkan para anggota. Ah, bayangin aja seandainya itu terjadi. Udahlah kita repot di dunia nyata, masa masih harus diberatkan lagi dengan urusan dunia maya. Berkomunitas tuh, tujuannya buat nyari ilmu dan berbagi hal-hal baik. Ya, kan, GanSis. Jadi, tinggalin aja hal-hal yang nggak berfaedah sama sekali.

Lanjut ke poin pembahasan, ya. Jadi, KOMPAKatau kepanjangan dari Komunitas Penulis Aktif Kreatif yang dibentuk oleh temen ane pada 24 Februari 2020 ini, bukan hanya sekadar berbagi ilmu dari para MinMod-nya aja, loh. Akan tetapi, ada acara Kompak Nge-Thread serta beberapa kali mengundang narasumber dari luar grup, buat mengisi acara Kompak MeNyimak. Menarik banget, kan, GanSis.

Lalu, seperti apa Kompak MeNyimak itu? Acara tersebut adalah suatu kegiatan berbagi ilmu, dengan mengundang narasumber sebagai penginforman.

GanSis penasaran siapa aja narasumber yang diundang pada acara Kompak MeNyimak? Cekidot!

1. Kompak MeNyimak pertama diadakan pada tanggal 7 Maret 2020 dengan narasumber salah satu moderator dari forum Sista. Pasti GanSis udah banyak yang tahu, kan, siapa beliau? Yup! Mod Vita Wulandary. Pada acara Kompak MeNyimak pertama kali itu, beliau banyak memberikan tips-tips seputar dunia wanita, mengenalkan berbagai forum dan sub forum kaskus beserta rulesnya, serta cara membuat thread supaya HT. Selain materi yang disampaikan, ada sesi tanya jawab juga, loh, GanSis. Jadi, apa-apa yang belum kita pahami, bisa ditanyakan langsung kepada narasumber. Pun akan dijawab dengan ramah dan nggak lupa penuh kehangatan. Memang Mod Vita terkenal sebagai moderator kaskus yang paling ramah, deh, ya. Hehe.




2. Kompak MeNyimak kedua diadakan pada tanggal 6 Juni 2020 dengan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Beliau adalah Bunda Anis Hidayatie, ketua Komalku Raya--Komunitas Menulis Buku Malang Raya--penulis sekaligus jurnalis di berbagai platform. Penulis buku terbitan mayor ini, pada acara Kompak MeNyimak, memberikan berbagai tips seputar tulisan. Mulai dari cara menulis naskah supaya dipinang penerbit, biaya yang dikeluarkan jika ingin mencetak buku secara self publishing, serta nasihat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan akal dan pikiran. Quotes dari Bunda Anis yang masih membekas di otak ane hingga saat ini yaitu 'nulis ya nulis aja, sebab setiap tulisan akan menemukan takdirnya sendiri'. Quotes sederhana tersebut, setidaknya mengubah pola pikir kita, bahwa menulis itu untuk bahagia. Apabila belum berhasil untuk saat ini, bisa jadi keberuntungan akan berpihak di suatu hari nanti. Sebab, ya seperti yang telah narasumber katakan. Jadi, tetaplah berkarya meskipun dunia mencela! Itu motto hidup ane, GanSis. Siapa yang nanya, ya?




3. Kompak MeNyimak periode ketiga, diadakan pada 4 Juli, hari Sabtu kemarin, GanSis. Mau tahu siapa narasumbernya? Yup! Beliau adalah moderator forum SFTH--Mod Radheka--yang katanya terkenal galak. Kalau ane sendiri malah nggak begitu mengenal beliau. Anggapan itu terpatahkan saat acara Kompak MeNyimak kemarin, GanSis. Beliau itu ternyata ramah banget, loh. Yang menyematkan predikat 'galak' mungkin karena pernah ditegur sebab bikin kesalahan. Jadi, bukan galak sebenernya, sih. Lebih tepat tegas, kali, ya. Hehe.

Di acara periode ketiga ini, membahas seputar forum SFTH. Mulai dari sejarah forum tersebut, pembahasan rules, serta hal-hal yang terkait tulisan GanSis di forum SFTH. Ane jadi tahu, bahwa tidak ada batas minimal part untuk cerbung yang mandek di tengah jalan. Cerbung bisa digembok karena TS yang minta sendiri atau karena di kolom komen sebagai tempat nge-junk unfaedah. Ituh! Jadi nggak ada aturan harus berapa part cerbung boleh ditinggal. Pokoknya ane sangat suka acara Kompak MeNyimak periode ketiga kemarin.




Ane sangat terkesan mengikuti acara Kompak MeNyimak. Selain banyak ilmu yang tentu aja sangat bermanfaat bagi ane pribadi, ada sesi tanya jawab, serta di akhir acara, selalu ada kuis bagi member yang mau ikutan. FYI, ane menang terus, loh, GanSis. Haha.

Selain tiga poin di atas, ada hal menarik yang patut diacungi jempol dari acara Kompak MeNyimak. Pembawa acara alias moderatornya, tuh, keren banget asli. Dia sangat cekatan selama materi dan sesi tanya jawab berlangsung. Jadi kayak acara seminar gitu. Keren, deh pokoknya.

Pada semua acara, pasti memiliki kekurangan, ya. Nggak terkecuali acara Kompak MeNyimak. Menurut ane, ada satu hal yang perlu dibenahi, yaitu waktu. Gimana kalau waktu Kompak MeNyimak ditambahin? Memang penggelaran acara terbilang unik, ya. Pukul 19:45. Jadi, kayak tahun kemerdekaan Indonesia, gitu. Mungkin ada sejarah tersendiri di balik jam tersebut bagi para admin Kompak, ya. Ane sendiri kurang paham dan lupa buat menanyakan.

Jadi, saran ane, waktunya ditambahin, dong. Kan tanggung, tuh, cuma 1 jam setengah. Itu, sih kalau saran ane diterima, ya Agan MinMod. Kalau enggak, ya nggak apa-apa, sih. Namanya saran, kan nggak wajib dilakukan, tapi wajib dipertimbangkan juga, sih. Hihi. Terus, pada acara Kompak MeNyimak periode selanjutnya, bolehlah datangkan narasumber yang paham SEO. Jujur, ane, tuh penasaran dengan hal satu itu. Apa dan bagaimana SEO. Poin penting apa terkait membangun hal tersebut. Semoga terealiaasi, ya.

Okelah, GanSis. Mungkin itu aja yang bisa ane sampaikan di trit dalam rangka ikut memeriahkan event Kompak Nge-Thread kali ini. Terima kasih ane ucapkan untuk segenap jajaran MinMod Kompak, narasumber acara Kompak MeNyimak, serta Agan dan Sista yang udah nyimak tulisan ane sampai sini. Semoga makin kompak dan jangan ada dusta di antara kita. Salam damai dan kompak selalu dari ane.

Buat Agan Dan Sista Yang Mau Berkunjung Ke Blog Kami, Silakan Klik Banner Di Bawah Ini.



Penulis : @anna1812
Narasi : opini pribadi
Sumber gambar : grup Kompak


emoticon-Shakehand2emoticon-I Love Kaskusemoticon-Shakehand2
Diubah oleh anna1812 06-07-2020 12:52
istijabah
masnukho
rirandara
rirandara dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.