• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi

aftermatchtalks
TS
aftermatchtalks
Mengenal Catenaccio, Classic Football Yang Bikin Lawan Frustasi
Quote:



Foto : dokumen pribadi @aftermatchtalks

Filosofi
Catenaccio adalah sebuah taktik atau aliran dalam sepakbola klasik yang menganut filosofi sederhana "selama lawan tidak bisa mencetak gol, lawan tidak akan menang". Sehingga tujuan utama dari taktik ini adalah mencegah sekuat mungkin agar lawan tidak bisa mencetak gol.

Catenaccio menempatkan pertahanan sebagai fokus utama permainan, dalam sepakbola modern sering disebut negative football atau parkir bus. Catenaccio pula lah yang melahirkan posisi Libero.

Tapi, catenaccio tidak sesederhana menumpuk orang dipertahanan. Seni lain di catenaccio teruatama yang diperkenalkan Herrera adalah tetap mempertahankan serangan balik cepat untuk memanfaatkan peluang dari kelengahan lawan. Disinilah banyak kesalahan dilakukan oleh pelatih yang meniru catenaccio, mereka lupa cara menyerang.

Catenaccio pernah berjaya di masanya dan dianggap sebagai salah satu taktik jenius yang memengaruhi sejarah sepakbola dunia bahkan sampai sekarang. Hingga .......

Sejarah
Catenaccio sangat identik dengan Italia dan Helenio Herrera, sosok pelatih yang dianggap memopulerkan filosofi ini. Tapi sebenarnya sebelum Herrera, pelatih asal Austria Karl Rappan yang melatih Swiss telah lebih dulu menggunakan taktik ini tahun 1930-an.


Herrera menerapkan catenaccio bersama Inter Milan dan berjaya di Serie A dan Eropa era 1960-an. Pindah ke AS Roma Herrera mamakai taktik yang sama dan masih berhasil meraih gelar.


Catenaccio ala Herrera, Fachetti adalah pemain kunci dalam serangan Herrera. Picchi berperan sebagai sweeper atau Libero.

(Foto : footballbh.net)

Hingga era 1970-an catenaccio mulai terbaca. Adalah kehadiran Total Football milik Belanda yang saat itu dipelopori oleh Ajax membuat dominasi Catenaccio meredup.Johan Cruyff dan kawan-kawan benar-benar melumpuhkan catnaccio dan mengakhiri dominasi klub Italia dengan total footballnya.

Catenaccio Di Era Sepakbola Modern
Meskipun taktik klasik dan mulai redup di era 1980-an, Catenaccio tidak benar-benar hilang. Timnas Italia pun masih identik dengan ini hingga era modern meskipun dengan variasi dan kombinasi. Dalam situasi atau pertandingan tertentu ada pelatih yang menggunakan taktik ini juga.


Yunani - Final Euro 2004
Yunani benar-benar ,embuat Portugal frustasi. Sepanjang pertandingan Portugal menguasai pertandingan tapi gagal mencetak gol. Luis Figo dkk dibuat buntu oleh pertahanan ketat Yunani.

Malah Yunani mampu mencuri satu gol lewat sundulan Angelos Charesteas. Yunani pun membuat sejarah dan menejutkan dunia.


Foto : greekcitytimes.com


Inter Milan - UCL 2010
Saat melawan Barca di semifinal UCL, Inter dibawah Mourinho melakukan strategi bertahan total atau parkir bus. Walaupun banyak dikritik, Inter akhirnya menang dan menjadi juara.



Taktik parkir pesawat membawa Inter ke final UCL 2010 dan menjadi juara

foto : goal.com

Pro & Kontra
Catenaccio memang menuai pro dan kontra. Banyak yang bilang catenaccio membosankan, negative dan tidak menghibur. Tapi ada juga yang mendukung karena dalam sepakbola terutama kompetisi, kemenangan adalah tujuan akhir. Bermain cantik tanpa meraih kemenangan lebih tidak memberikan apa-apa bagi suporter dan klub.

Kalo menurut ente gimana gan?


sumur :
- https://footballbh.net/2017/08/15/ta...lenio-herrera/
- natterfootball.co.u





Diubah oleh aftermatchtalks 02-07-2020 05:46
indramamotharhaabtien212700
tien212700 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
10.8K
142
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.8KThread10.5KAnggota
Terlama
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.