• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Jenis Mata Uang dan Tokoh di Lembar Uang Negara Tetangga

AnggaNavieAvatar border
TS
AnggaNavie
Mengenal Jenis Mata Uang dan Tokoh di Lembar Uang Negara Tetangga
Tanggal 5 Juli besok merupakan hari Bank Indonesia. Hal ini memunculkan sebuah ide buat ane untuk membuat tread tentang uang.

Awalnya, ane ingin sekali membuat sebuah tread yang membahas siapa saja pahlawan Nasional yang muncul di lembar uang pecahan Rp.2000, hingga Rp.100.000. Namun sayangnya, sudah banyak sekali website yang membahas tentang hal itu.

Jadi ane akan membahas berbagai jenis mata uang dari negara lain saja beserta gambar tokoh yang muncul di dalamnya, lebih tepatnya negara-negara yang menjadi tetangga kita; seperti Malaysia, Brunei, Singapura, dan lainnya.

Oke deh, daripada chit-chat ga jelas, mending check this out!

Quote:




Ringgit: Ringgit merupakan mata uang resmi Malaysia. Dalam contoh lembar 10 Ringgit di atas, terdapat foto Tuanku Abdul Rahman (Abdul Rahman dari Negeri Sembilan). Beliau merupakan sultan pertama Malaysia setelah Malaysia merdeka dari Inggris pada tahun 1957.

Terima kasih buat agan @jokerfatheratas revisinya emoticon-Blue Guy Peace
_____




Dolar Singapura: Dolar Singapura merupakan mata uang negara Singapura. Gambar dalam contoh dollar singapura di atas merupakan foto Yusof bin Ishak. Beliau merupakan kepala negara pertama dan satu-satunya kepala negara keturunan Minangkabau dan Melayu. Beliau menjabat dari tahun 1965, yaitu awal Singapura memisahkan diri dari Malaysia, hingga 1970 atau tahun ketika beliau meninggal.
_____




Dolar Brunei: Dolar Brunei atau Ringgit Brunei merupakan mata uang negara Brunei Darussalam. Gambar dalam lembar $10.000 (Dolar Brunei) merupakan foto sultan Brunei saat ini, yaitu Sultan Hassanal Bolkiah. Beliau merupakan sultan ke 29 dan perdana mentri pertama Brunei Darussalam. Dalam proklamasi kemerdekaan Brunei, beliau membacaan sebuat ideologi Melayu Islam Beraja yang mana pada akhirnya menjadi ideologi yang dianut Brunei hingga saat ini.
_____




Burma Kyat: Burma Kyat merupakan mata uang negara Myanmar. Dalam contoh lembar uang 1000 kyat di atas terdapat foto Bogyoke Aung San, seorang politisi dan pahlawan revolusi. Beliau berjasa dalam pembentukan Tatmadaw (Tentara Bersenjata Myanmar) dan dianggap bapak negara Myanmar.
_____




Baht: Baht merupakan mata uang Thailand. Pada tahun 2018, Thailand sempat mendesain ulang lembar uangnya. Pada versi terbaru, gambar yang terpajang merupakan foto raja Thailand saat ini, Maha Vajiralongkom atau Rama X. Beliau merupakan putra satu-satunya dari raja sebelumnya, Bhumibol Adulyadej dan diangkat sebagai raja pada tahun 2016.
_____




Dong: Dong merupakan mata uang resmi negara Vietnam. Dalam contoh lembar 100 dong di atas, terdapat foto Hồ Chí Minh. Beliau dikenal sebagai tokoh revolusi dan negarawan dan kemudian menjawab sebagai perdana mentri hingga presiden.
_____


Oke deh, itulah beberapa mata uang dan tokoh Nasional dari setiap negara tetangga kita. Menurut gansist, dari beberapa desain mata uang di atas, mana nih yang keren?


Btw, don't close this page early! Here some facts for you!

Diantara mata uang yang ane sebutkan di atas jika dibandingkan dengan rupiah, saat ini (2/06/2020) mata uang negara Brunei dan Singapura merupaka mata uang yang paling perkasa. 1 dollar Brunei dan Singapura itu kurang lebih sama dengan 10.400 rupiah. Sedangkan mata uang terlemah adalah Dong yang mana 1 rupiah kurang lebih 1,63 dong.
______

Mangtaps nih komen:
Quote:


Kredit gambar: banknote24.com, pinimg.com, stevenborn.ml, statistic.bullionstar.com, wikipedia.

Referensi: Kompas, Wikipedia: Yusof Ishak, Aceh Tribunnews, Wikipedia: Vajiralongkorn, Wikipedia: Ho Chi Minh
Diubah oleh AnggaNavie 04-07-2020 14:33
sukremit07
indramamoth
edv039
edv039 dan 38 lainnya memberi reputasi
37
10.6K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.