Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tribunnews.comAvatar border
TS
MOD
tribunnews.com
Cerita Kakek 'Kanjut' Soal Makna Namanya Viral, Ini Maknanya Dalam Bahasa Sunda
Cerita Kakek 'Kanjut' Soal Makna Namanya Viral, Ini Maknanya Dalam Bahasa Sunda


Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Kakek 85 tahun mendadak viral di media sosial karena makna namanya menurut bahasa Sunda identik dengan alat kelamin pria. 

Dalam kartu tanpa penduduk dan Kartu Indonesia Sehat, nama kakek tersebut Kanjut. Dalam istilah bahasa Sunda, Kanjut adalah alat kelamin pria bisa juga dimaknai tempat penyimpanan uang.

Kakek Kanjut tinggal di Desa Waluya, Kecamatan Waluya, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Ia menyambangi rumah dinas Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi pada Kamis (27/7/2017).

Sejumlah pegawai di sekitar rumah dinas dan pendopo tampak tersenyum-senyum saat melihat kedatangan kakek Kanjut karena namanya cukup ganjil.

Belakangan diketahui, foto kartu identitasnya tersebar saat ia mendatangi puskesmas di daerahnya dengan menunjukan KTP.

Quote:




Quote:




Quote:




KTP kakek Kanjut yang difoto lalu tersebar dan viral. Sehari-hari, ia berprofesi sebagai petani dan penggembala kambing.

"Waktu lahir namanya memang bukan Kanjut tapi Rasid. Usia enam tahun diganti jadi Kanjut oleh orangtua," cerita Kanjut yang saat masih muda mengaku jago beladiri.

Orangtua mengganti nama Rasid dengan Kanjut karena kerap sakit-sakitan. Nama Kanjut dipilih orangtua si kakek karena meyakini membawa kemujuran.

"Saya tidak malu diberi nama Kanjut dan malahan dengan nama itu penyakit abah waktu kecil jadi sembuh," kakek Kanjut selama berbicara berbahasa Sunda.

Ketiga anaknya telah menikah dan ia tinggal bersama istrinya di rumah yang ia miliki. Sehari-hari ia bersama istrinya menggarap sawah dan mencari rumput untuk ternaknya.

Meski usianya sudah setengah abad, ia mengaku jarang sakit. Namun dalam dua pekan terakhir kesehatannya mulai terganggu.

"Waktu itu saya berobat ke puskesmas. Di sana saya diminta KTP dan KIS. Katanya orang puskesmas ada yang nyebar foto KTP saya. Saya dengar KTP saya fotonya jadi menyebar karena namanya Kanjut," si kakek terkekeh.

Selama ini kakek Kanjut santai dengan namanya yang tak lazim meski ia mengaku banyak orang yang kaget dan tertawa saat mengenalnya.

"Enggak apa-apa, sudah biasa. Paling orang bertanya benar tidak sama ketawa-ketawa," ia menambahkan.

Lantas bagaimana ia yang warga Karawang bisa bertemu orang nomor satu di Purwakarta, ternyata ia dibawa keponakannya.

Tidak hanya soal nama, namun karena Kanjut yang terbiasa menggembala ternak.

"Saya apresiasi orang yang suka menggembala hewan ternak kambing atau sapi. Makanya saya undang karena abah suka menggembala ternak," kata Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi.

Awalnya, ia tidak percaya nama si kakek Kanjut. Semula Dedi menyangka KTP yang beredar dengan nama Kanjut adalah manipulasi.

Selama ini, Dedi mengenal Kanjut untuk istilah-istilah Sunda seperti kanjut dina tarang, kanjut dina punduk, kanjut kunangdan tentunya, kanjut sebagai penamaan alat kelamin laki-laki.

"Aneh awalnya, masa iya namanya Kanjut. Saya sempat tidak percaya saat teman saya mengatakan nama Kanjut itu orang Karawang. Maka saya minta teman saya untuk datangkan yang namanya Kanjut. Ternyata benar setelah melihat kartu identitasnya namanya ini," kata Dedi.

Pada kesempatan itu, ia memberikan seekor kambing besar untuk Abah Kanjut agar tetap menggembala dan mengembangkan hewan ternaknya supaya berkembang biak.

"Dari dulu saya suka memberi kambing pada siapa pun. Karena kambing itu modal, yang juga dipelihara bisa jadi pendapatan," ia menambahkan.

Sumber : http://www.tribunnews.com/regional/2...m-bahasa-sunda

---

Baca Juga :

- Kakek Kanjut Blakblakan soal Namanya yang Sama dengan Alat Vital Pria

- Setiap Kali Mau Setubuhi Cucunya, Kakek 59 Tahun Ini Selalu Mengucapkan Kata-kata Ampuh Ini

- Kakek 9 Cucu Ini Nikahi Gadis Cantik 18 Tahun, Ini yang Diinginkan

0
11.4K
1
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Tribunnews.com
Tribunnews.comKASKUS Official
192.3KThread2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.