Story
Batal
KATEGORI
link has been copied
110
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5efcad9f9a972e290f066172/alasan-mengapa-seseorang-akhirnya-bunuh-diri
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri Halo gansist tercinta... Gue mau sedikit sharing nih tentang apasih yang sebenarnya yang menjadi alasan seseorang akhirnya memutuskan mengakhiri hidupnya :( Kebanyakan kasus bunuh diri adalah orang yang gak di sangka2, karna tampak luar hidupnya sepertinya jauh lebih baik dari pada kita. Secara fisik, materi, dan talenta sungguh disayangkan mereka malah
Lapor Hansip
01-07-2020 22:37

Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri

icon-verified-thread
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri


Halo gansist tercinta...
Gue mau sedikit sharing nih tentang apasih yang sebenarnya yang menjadi alasan seseorang akhirnya memutuskan mengakhiri hidupnya emoticon-Frown

Kebanyakan kasus bunuh diri adalah orang yang gak di sangka2, karna tampak luar hidupnya sepertinya jauh lebih baik dari pada kita.
Secara fisik, materi, dan talenta sungguh disayangkan mereka malah mengakhiri hidupnya.

Kira2 apa yg pertama kali muncul dalam benak gansist melihat fenomena tersebut??

Kalau gue sendiri secara pribadi berfikir bahwa mereka terlalu bodoh, dan tidak memiliki iman yg teguh ( bisa jadi tidak ada yg memberi arahan dan pengajaran).

Ya bodoh itu hal yg paling terpikir pertama kali.
Why ? Karna mereka jelas2 menyianyiakan kehidupan yg sebenarnya dapat di nikmati.
Seperti makanan lezat, travelling, melihat keindahan alam, tertawa, menonton film, shopping, punya pasangan dan lain sebagainya. Bnyak hal yg bisa membuat kita bahagia.

Tapi pemikiran gue berubah sejak tadi.
They're not stupid.
Ya sesungguhnya mereka bukan orang bodoh, dan mgkin jg org yg percaya Tuhan.
Akan tetapi masalah mereka tidak lagi mampu di hadapi.
Mungkin sudah terlalu lelah sampai putus asa.
Seseorang tidak mungkin semudah itu mengakhiri hidupnya, karna pada dasarnya semua manusia takut akan kematian.

Ternyata diposisi seperti itu makanan selezat dan terfavorit sekali pun akan terasa hambar bahkan lu gak mau melihat makanan.
Mengurung diri dikamar satu2 nya pilihan dibanding traveling yg gak bisa lu nikmatin karna seluruh tubuh terasa lemah dan mati rasa.
Ketika menangis rasanya lebih gampang dibanding tertawa.
Sama sekali tidak ada satu pun hal yg dapat mengembalikan semangat hidup. Hal2 yg dulunya sangat di sukai pun kini menjadi hambar.

Gue yakin bahwa orang yg memutuskan untuk mati pun sudah sangat berjuang.
Mungkin org yg mengatakan mereka org yg paling bodoh termasuk gue dulunya itu hanya belum paham karna tidak pernah merasakan berada di posisi mereka.

Gue baru tersadar apa yg mereka rasakan selama itu, depresi, frustasi, anxiety tetapi malangnya mereka tidak punya tempat untuk mengadu secara manusiawi.
Jangan kan berharap ada yg datang dan mengatakan " I know you are not ok " bahkan yg bertanya pun tidak ada. Atau saat menceritakan keluh kesah malah tidak dianggap penting dan disepelekan, dengan kata2 yg paling mainstream "sabar ya" it's not helping -_-

Gue menjadi sadar akan apa yg mereka rasakan, seperti ingin keluar dari kehidupan itu tapi gak bisa.
Lu mau pergi tapi lu gak punya tujuan, lu mau marah tapi diri lu satu2 yg bisa lu marahin. Lu mulai nyiksa diri buat cari ketenangan tapi itu cuma sementara. Konsumsi obat2an dan lain sebagainya.
Lu bener2 gak bisa keluar dari kehidupan lu yg udah memuakkan dan menyiksa. Lu pengen pergi jauh tapi yg ngendaliin hidup lu bukan lu.

Di depan org2 bisa kelihatan senyum dan ketawa tapi begitu lu sendiri semua jadi gelap, air mata gak berenti menetes tapi lu gak punya siapapun buat ada memeluk lu, you really have no one to ask emoticon-Frown

Dan itu nyiksa bgt, lu gatau obatnya apa, lu gak tau harus gimana, lu kehilangan akal dan lu sendirian.


Satu2 cara untuk pergi jauh adalah mati. Memang tidak menyelesaikan penderitaan tapi setidaknya masalah yg ada di dunia orang hidup sudah berakhir.

Mungkin banyak org akan bilang kenapa tidak berdoa, kenapa gak minta pertolongan Tuhan. Gue pun berpikir demikian, tapi bagaimana kalau cara itu jg sudah dilakukan ?
Tapi gue gak mau bahas yg agamawis karna bukan kapasitas gue.

Gue gak tau kenapa gue nulis ini hanya terpikir dan tiba2 sungguh sangat merasakan apa yang menjadi alasan seseorang bunuh diri. Gimana pendapat gansist ??

profile-picture
profile-picture
profile-picture
kichotbalap dan 6 lainnya memberi reputasi
5
Tampilkan isi Thread
Masuk atau Daftar untuk memberikan balasan
Halaman 2 dari 2
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 12:07
Mereka sakit, tp ketika mereka being open tentang penyakit mereka, malah dikatain
Gila lah, gatau diri lah
Ya gimana gak makin pengen mokad aja wkwkwkwk

Ketika konsul ke psikolog atau konsumsi obat anti depresan hal yg normal di negara maju sana, kalo di sini ketauan org lain pasti uda dicap gak waras

Ntar ditanyain, emang lu gak punya agama? Lu gak percaya tuhan?
Lah sendirinya yg ngomong begitu pun ngaku beragama percaya tuhan tp bkn nya nolong malah berperilaku gaslighting dengan meyakinkan kalo itu salah si korban bkn salah mereka yg gamau open minded dan ngasih pertolongan
profile-picture
juzie.wowwowwow memberi reputasi
1 0
1
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 12:37
alasan orang pengen bunuh diri ya karena dia ga punya seseorang buat berbagi kali, mksdnya kalo gue perhatiin kan orang yg bunuh diri itu pasti orangnya keadaannya bener2 ga ada siapa2 buat bener2 ngedengerin keluh kesah dia doang

jadi intinya mereka cuma pengen didenger doang, karena kalo masalah orang tuh sebenernya mereka sendiri udah punya jawabannya.
profile-picture
mulumulu146 memberi reputasi
1 0
1
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 13:18
jalanin aja.
emoticon-Smilie
profile-picture
mulumulu146 memberi reputasi
1 0
1
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 13:56
Quote:Original Posted By cellilova
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri


Halo gansist tercinta...
Gue mau sedikit sharing nih tentang apasih yang sebenarnya yang menjadi alasan seseorang akhirnya memutuskan mengakhiri hidupnya emoticon-Frown

Kebanyakan kasus bunuh diri adalah orang yang gak di sangka2, karna tampak luar hidupnya sepertinya jauh lebih baik dari pada kita.
Secara fisik, materi, dan talenta sungguh disayangkan mereka malah mengakhiri hidupnya.

Kira2 apa yg pertama kali muncul dalam benak gansist melihat fenomena tersebut??

Kalau gue sendiri secara pribadi berfikir bahwa mereka terlalu bodoh, dan tidak memiliki iman yg teguh ( bisa jadi tidak ada yg memberi arahan dan pengajaran).

Ya bodoh itu hal yg paling terpikir pertama kali.
Why ? Karna mereka jelas2 menyianyiakan kehidupan yg sebenarnya dapat di nikmati.
Seperti makanan lezat, travelling, melihat keindahan alam, tertawa, menonton film, shopping, punya pasangan dan lain sebagainya. Bnyak hal yg bisa membuat kita bahagia.

Tapi pemikiran gue berubah sejak tadi.
They're not stupid.
Ya sesungguhnya mereka bukan orang bodoh, dan mgkin jg org yg percaya Tuhan.
Akan tetapi masalah mereka tidak lagi mampu di hadapi.
Mungkin sudah terlalu lelah sampai putus asa.
Seseorang tidak mungkin semudah itu mengakhiri hidupnya, karna pada dasarnya semua manusia takut akan kematian.

Ternyata diposisi seperti itu makanan selezat dan terfavorit sekali pun akan terasa hambar bahkan lu gak mau melihat makanan.
Mengurung diri dikamar satu2 nya pilihan dibanding traveling yg gak bisa lu nikmatin karna seluruh tubuh terasa lemah dan mati rasa.
Ketika menangis rasanya lebih gampang dibanding tertawa.
Sama sekali tidak ada satu pun hal yg dapat mengembalikan semangat hidup. Hal2 yg dulunya sangat di sukai pun kini menjadi hambar.

Gue yakin bahwa orang yg memutuskan untuk mati pun sudah sangat berjuang.
Mungkin org yg mengatakan mereka org yg paling bodoh termasuk gue dulunya itu hanya belum paham karna tidak pernah merasakan berada di posisi mereka.

Gue baru tersadar apa yg mereka rasakan selama itu, depresi, frustasi, anxiety tetapi malangnya mereka tidak punya tempat untuk mengadu secara manusiawi.
Jangan kan berharap ada yg datang dan mengatakan " I know you are not ok " bahkan yg bertanya pun tidak ada. Atau saat menceritakan keluh kesah malah tidak dianggap penting dan disepelekan, dengan kata2 yg paling mainstream "sabar ya" it's not helping -_-

Gue menjadi sadar akan apa yg mereka rasakan, seperti ingin keluar dari kehidupan itu tapi gak bisa.
Lu mau pergi tapi lu gak punya tujuan, lu mau marah tapi diri lu satu2 yg bisa lu marahin. Lu mulai nyiksa diri buat cari ketenangan tapi itu cuma sementara. Konsumsi obat2an dan lain sebagainya.
Lu bener2 gak bisa keluar dari kehidupan lu yg udah memuakkan dan menyiksa. Lu pengen pergi jauh tapi yg ngendaliin hidup lu bukan lu.

Di depan org2 bisa kelihatan senyum dan ketawa tapi begitu lu sendiri semua jadi gelap, air mata gak berenti menetes tapi lu gak punya siapapun buat ada memeluk lu, you really have no one to ask emoticon-Frown

Dan itu nyiksa bgt, lu gatau obatnya apa, lu gak tau harus gimana, lu kehilangan akal dan lu sendirian.


Satu2 cara untuk pergi jauh adalah mati. Memang tidak menyelesaikan penderitaan tapi setidaknya masalah yg ada di dunia orang hidup sudah berakhir.

Mungkin banyak org akan bilang kenapa tidak berdoa, kenapa gak minta pertolongan Tuhan. Gue pun berpikir demikian, tapi bagaimana kalau cara itu jg sudah dilakukan ?
Tapi gue gak mau bahas yg agamawis karna bukan kapasitas gue.

Gue gak tau kenapa gue nulis ini hanya terpikir dan tiba2 sungguh sangat merasakan apa yang menjadi alasan seseorang bunuh diri. Gimana pendapat gansist ??


Menurut saya bundir adalah lari dari pertempuran yg kita sebut hidup. Itu langkah terakhir yang dibenci Tuhan. Tapi mari tidak membahasnya dr segi agama.

Pertempuran ada yg menang dan kalah kan? Atau sama2 menang dan sama2 kalah. Kalau menang berarti aman, kalau kalah disini saya asumsikan bangkrut, dipenjara, dikucilkan, dihindari orang2. Yg terakhir ini yg paling menyakitkan.

Manusia diberi akal budi, hati nurani, dan umumnya beberapa kesempatan berkali2 untuk menebus kesalahan. Bundir bukan salah satunya.

Salah satu kesempatan itu adalah bangkit kembali, mencoba berjuang kembali dari nol, mencoba mencari sahabat dan inspirasi baru, mencoba merasakan kembali betapa enaknya nasi padang, pecel ayam, atau kaviar, atau kopi hangat ditengah hujan Jakarta.

Saat itu kita akan bicara lagi, dan semoga anda sudah bisa ditenangkan dg kata2 "bersyukurlah anda masih hidup, krn anda adalah org2 yg kuat".


Hope this helps.
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 16:01
ts mau bundir kah?
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 17:43
Aq pernah di posisi depresi akut. Karena dibully sejak kecil. Ketika bersama teman bisa bercanda akrab tapi ketika sendirian sangat kesepian. Tidak bersemangat untuk hidup. Tiap malam membayangkan menggantung di plafon. Tapi aq takut melakukannya karen takut masuk neraka. Alhamdulillah sekarang tidak lagi. Apapun masalahmu sist, jangan putus asa dan berhenti berharap. Tanamkan dalam dirimu Allah Maha Pengasih dan Penyayang. Mintalah tolong kepadaNya. Sampai kamu benar2 yakin. Dan lihatlah efeknya untuk dirimu. Dan untuk para orang tua, tolong perhatikan anakmu....apalagi yang sensitif dan sedang beranjak remaja.
profile-picture
monkeydfarly memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 18:01
mau cerita juga sih ane, secara ane pun pernah kepikiran buat bunuh diri...
sebelumnya ane pun berpikiran bahwa manusia yg berkeinginan buat bunuh diri itu, bukan orang yg bersyukur... dan ane pun menilai mereka2 ini adalah orang-orang bodoh
ane bisa menilai diri ane itu dekat dengan agama, ane orangnya sosial yang di mana banyak banget temen, ane pun menyadari bahwa banyak orang2 yang sayang sama ane dan deket... entah itu keluarga ataupun dri pertemanan

cuman akhirnya ada suatu masalah yang menimpa ane secara tiba2... dan di situ ane bener2 ngerasain betul2 apa yang di sebut dengan stress... dan percaya sama ane, stress di titik rendah itu bener2 sakit bangett
dan di situ ane pun menyadari, bahwa orang2 yang stress dll jika berpikir ingin bunuh diri itu masuk akal, karna itu bener2 sakit banget

jadi bisa di bilang sih, stress itu nyata adanya... bukan sperti klian di putusin cinta dll, tapi stress di titik rendah itu bener2 memuakkan
dan untungnya ane masih bisa berpikir kalo yaa itu bukan jalan, dan semua stress itu cuman bisa di hilangkan dengan waktu dan keikhlasan
jadi semangat untuk sobat2 yang lagi kena masalahhh hehe emoticon-Smilie
profile-picture
monkeydfarly memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
02-07-2020 23:58
Panjang yee.. emoticon-Belo
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
03-07-2020 11:39
Yak banyak alasan gan emoticon-Ngakak
Terutama si kismin, kismin maw diapain jg tetep kismin.
Barang lebih canggih bentuk nya oke harga murmer banyak dipakek kalangan kismin, bersaing ame barang kurang canggih, bentuk nya biasa, enak dipakek harga nya mahal hanya cukong2 yg mampu beli. Pabrik menjamin kedua barang itu tidak mungkin ada yg bisa memproduksi selain dya.
emoticon-Leh Uga Tetep barang canggih si kismin ndak ada harga nya, hina. semakin dipakek dipamerin malah semakin hina..

Gimana dya gak bunuh diri, min.. kismin emoticon-Stick Out Tongue
Diubah oleh mibmobz
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
03-07-2020 11:53
^
Kalau menurut terawanganku nggak, gan. Agan cuma lagi bete aja, itu beda dengan tertekan karena masalah.
Diubah oleh Jangan.maling
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
03-07-2020 21:26
BLANK!, pikiran dan hati jadi hitam (mati lampu, tidak ada setitik cahaya pun), dada akan terasa apek, dan tatapan mata kosong = bunuh diri

Contohnya loncat dari ketinggian, atau gantung diri atau lainnya

bisa menyebabkan bunuh diri

faktor utamanya adalah depresi

Depresi ringan, sampai yang fatal

banyak beryukur itu adalah kunci untuk menghindari hal fatal tersebut
emoticon-Matabelo
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
04-07-2020 09:26
Cari hobby ataau carii orang yg tepat untuk curhat. Terkadang orang cuma butuh cerita untuk meluangkan despresi nya ( kecuali yg faktor ekonomi )

Jangan terlalu dipikirin masalah yg ada, kita pikirin solusi nya. Klo kelamaan mikirin masalahnya bakalan ngerasa klo si masalah itu gede bangeet



We're biggers than our problem emoticon-Peluk
Diubah oleh aldean1605
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
04-07-2020 10:22
I'm dying..
dying to forget about you..
that you ever lived..
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
04-07-2020 21:18
kalo menurut ane ya karena merasa hidupnya gak ada artinya lagi. merasa tidak berguna. merasa tidak dibutuhkan, worthless.
apalagi ditambah jika orang itu ada tekanan hidup seperti bully/ buntu finansial.
tapi kita manusia engga boleh berpikir seperti itu harus punya harapan karena keadaan bisa berubah dan semua masalah ada jalan keluarnya.
Diubah oleh Leng Xue
profile-picture
profile-picture
amelreadyy dan cellilova memberi reputasi
2 0
2
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
07-07-2020 04:17
Mungkin karena lelah capek dan bingung , seharus nya orang yg depresi bulling kesulitan susah putus cinta dll perlu seseorang untuk mendengarkan cerita mereka meski tidak membantu mungkin dengan mendengarkan cerita mereka uda melepas beban nya dan setiap manusia pasti punya masalah cobaan dan beban tp kita harus kuat
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
07-07-2020 10:19
Gw pernah alamin posisi kaya gini. Kalau berdasarkan pengalaman gak setiap orang yang bunuh diri karena ingin mati tapi sebagian "munculnya pikiran mengakhiri hidup", istilahnya suicide ideation.

Suicide ideation yg gw alami itu kalau liat pintu atau jendela ada bayangan gw gantung diri. Liat tempat dari ketinggian, ada bayangan gw bakal lompat. Gw bawa kendaraan, bayangannya gw pengen nabrak dinding sampe hancur. Padahal gw gak mau mati dengan cara bunuh diri, tapi bayangan itu muncul begitu aja. Karena latar belakang pendidikan dari kesehatan mental gw sadar kalo itu bakal masalah. Jd gw cari penelitian dan cerita tentang orang bunuh diri tapi selamat, beberapa cerita dari survivor mereka gak sadar bunuh diri, pas mereka bangun udah di tempat tidur rumah sakit. Memang mereka punya masalah hidup berat dan mati mungkin salah satu pilihan jalan keluar, tapi bukan berarti ingin bunuh diri. Tindakan yang mereka ambil terjadi tidak sadar, saat lengah kegelapan dari dalam diri akhirnya mengambil alih.

Masalah hidup gw memang masalah cinta dan umum orang alami. Bucin jelas gak karena gw pilih pergi saat gw gak bisa bersama. Tapi ternyata setelah berdoa panjang gw sadar dia harusnya sama gw bukan orang lain jadi dengan semua tenaga yang tersisa gw berjuang sampai akhir and gw gagal. Seketika kekayaan gw gak berarti. Makan enak jadi gak ada rasanya. Gw marah, sedih, dll tapi gak bisa nangis cuma sekedar melegakan perasaan. Emosi gw tumpul. Pendidikan gw gak ada artinya, padahal gw dapet cum laude universitas ternama. Masa depan gw yang cerah gw relakan gitu aja, padahal ekspektasi orang lain ke gw tinggi setidaknya gw jd bos atau menteri dengan kemampuan gw dianggap sanggup. Parahnya gw lagi masa transisi dr lulus jd pekerja. Gw langsung lepas semua pekerjaan yg gw dapet setelah tes capek capek. Semua orang yg penting dalam hidup gw pergi tinggalin gw sendiri. Satu hal yg gw masih ada cuma hidup aja. Itu yg gw mati matian pertahanin dan sialnya suicide ideation muncul untuk ambil satu satunya yg ada.

Dititik nadir itu gw pakai semua keilmuan gw untuk cari jalan keluar. Ternyata cuma satu yg gw dapet caranya spiritualitas. Catat bukan agama loh yg bikin gw bertahan dari penderitaan tapi mengenal yang maha kuasa dan apa yang dia inginkan dan berikan kepada manusia. Gw sadar dunia itu tempat penderitaan dan yang maha kuasa ciptakan manusia didunia untuk diuji dengan penderitaan. Jd sebisa mungkin gw gak mengikuti suicide ideationnya, dan bertahan sampai badai selesai. Parahnya saat gw berjuang keluarga gw cemooh gw, tetangga nyindir gw, adik gw anggap gw hina karena gw lulusan perguruan tinggi ternama tapi gak bekerja. Tapi gw terus mengingat ini kondisi badai, salah ambil langkah gw langsung masuk neraka. Akhirnya setelah tiga tahun berjuang gw jd lepas dari titik nadir. Sekarang gw lagi menata kembali kehidupan, jika masih ada yang tersisa dari masa lalu gw gunakan lagi dan coba mensyukuri apa yang tersisa. Apa yang sudah hilang gw lepaskan dan cari atau bangun kembali.

Kalau mikir kebelakang lagi rasanya hidup gw kebalik seketika. Mungkin mati memang jalan keluar yang logis dan paling baik. Tapi tujuan manusia diciptakan didunia bukan mencari kebahagian tapi diuji keimanannya, dan saat ia senang atau sedih apakah dia akan berserah diri kepada yang maha kuasa. Dan gw sadar kalau hidup ini bukan milik kita tapi milik yang maha kuasa, jika ingin mati setidaknya bersabar sampai ajal menjemput. Jika belum tetap tabah dan lanjutkan hidup jangan cabut sendiri nyawa itu.
profile-picture
profile-picture
cellilova dan Leng Xue memberi reputasi
2 0
2
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
07-07-2020 10:51
Pada akhirnya merasa bunuh diri adalah cara terbaik tetapi mereka juga psti menyesalinya sih. Banyak kasus bunuh diri jstru dari kalangan orang yg punya dan terkenal, ini membuktikan bahwa segala hal yg ada di dunia tidak bisa memuaskan kita. Kemarin baru ngomong ke pacar, artis yg bunuh diri dan ane bilang kalau jadi orang biasa2 aja mngkin gak akan berakhir seperti ini emoticon-Frown
0 0
0
Lihat 5 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 5 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
07-07-2020 18:29
Coba jalan buntunya diurai, siapa tau ada yang bisa bantu. Itu kalau bukan hal pribadi banget sih...
Diubah oleh Jangan.maling
0 0
0
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
08-07-2020 14:19
karna stress dan kurg nya kedektan kepada org tua seperti aku sih.. tpi aku ga bakal bnuh diri kok masih pengen ngerasain makanan kesukaan aku dan masih pengen ketemu pacar ku. ekwkwk..
0 0
0
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Alasan mengapa seseorang akhirnya bunuh diri
09-07-2020 07:41
kurang pergaulan ato terlalu banyak pergaulan
terlalu menghabiskan diri dengan gawai tanpa punya kehidupan sosial yang sehat

Gak ada dukungan lingkungan

Kurang kasih sayang
Menolak kasih sayang
Terlalu egois

Jadi emosial disorder
Gangguan kecemasan berlebih bisa fatal
Karna otak gak bisa dipake maksimal
profile-picture
cellilova memberi reputasi
1 0
1
Halaman 2 dari 2
icon-hot-thread
Hot Threads
Stories from the Heart
completed-hey-fanny
Stories from the Heart
pernah-berjuang-namun-dibuang
obrolan-hangat-logo
Obrolan Hangat
B-Log Collections
Stories from the Heart
hitam-season-2
Stories from the Heart
who-cares-if-you-exists-21
Copyright © 2020, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia