embunsuciAvatar border
TS
embunsuci
Jangan Malas Menyusui, Manfaatnya Tak Hanya Pada Bayi, Tapi Semua Orang!
Ayo! Semangat Memberi ASI pada Bayi





Hai, Sahabat Kaskus ... Memberi ASI pada bayi itu sangat penting, memang benar adanya kalau perjuangan seorang Ibu itu tak ada habisnya, terlebih lagi memberi ASI eksklusif. Luka dan berdarah pasti sering dialami ketika bayi mulai tumbuh gusi dan gigi. Perasaan tertekan dan hampir menyerah sering muncul saat menyusui.





Dokter mengatakan tak ada seorang Ibu yang tidak memiliki air susu. Semuanya butuh proses dan melatih kesabaran dalam menstimulasi air susu agar keluar. Untuk hal ini saya tidak ingin berdebat, kerana memang terbukti beberapa Ibu sangat ingin menyusui anaknya, tapi sayang segala usaha dilakukan, ASI tetap tidak keluar. Lain halnya dengan Ibu yang menjaga payudaranya dari kendor kerana menyusui, padahal tidak ada hubungannya dengan menyusui. Bila saatnya kendor, ya memang kendor. Kecuali dirawat dengan bahan herbal atau lainnya. Baiklah kembali ke topik bahasan. Apa saja sih manfaat memberikan ASI eksklusif untuk Ibu dan anak?


Berikut manfaat memberikan ASI eksklusif bagi Ibu dan anak :


Melindungi Bayi dari Kuman


Bayi yang baru lahir cenderung banyak menempel bakteri atau kuman di tubuhnya, dengan meminum ASI, organ dalam akan merangsang dan membentuk sistem kekebalan terhadap infeksi kuman.


Nutrisi Lengkap


Kandungan dalam ASI berupa vitamin, karbohidrat, lemak, enzim, protein dan lainnya berfungsi melindungi bayi dari terkena penyakit. ASI juga cukup untuk kebutuhan nutrisi bayi hingga enam bulan tanpa tambahan makanan lainnya.


Aman, Higienis dan Praktis

Memberi ASI secara langsung, lebih aman dan bersih daripada susu pabrik dngan rentetan proses, yang mungkin saja terkadang tak luput dari kotor atau kuman. Belum lagi tempat dot yang mungkin kurang bersih dicuci dia mesti dengan cara yang benar dalam membersihkan botol dot. Menyusui secara langsung memudahkan Ibu di dalam perjalanan ke mana pun, tidak perlu repot membawa air panas atau dot dan bubuk susu.


Perkembangan Otak Anak


Pada usia 0 - 5 tahun, adalah masa tumbuh kembang anak yang paling pesat dan mudah dalam mencerna hal baru. Pemberian ASI pada enam bulan pertama sangat baik salam pertumbuhan otak anak.


Mencegah Diare dan Kekurangan Gizi


Membentuk Ikatan Bathin Ibu dan Anak


Hal ini sangat penting, ya, Buibu ... Menyusui anak dengan menatapnya lama, penuh kasih sayang dan cinta. Akan membentuk ikatan bathin, hingga anak dewasa kelak. Siapa seorang Ibu yang pernah menyusui, pasti tau banget rasanya mengalami hal ini.


Mencegah Terkena Kanker

Dengan menyusui, maka sistem kerja pada kanker akan menurun dan menyusut. Sehingga Ibu terhindar dari penyakit kanker payudara dan kanker rahim yang mematikan ini. Hal ini berhubungan dengan hormon estrogen.


KB


Saat bayi menghisap puting Ibu, maka secara otomatis hal ini dapat mencegah kehamilan berikutnya (penjelasan ada di sumber). Kerana itu menyusui anak bermanfaat sebagai alat kontrasepsi alami.


Hemat dan Ramah Lingkungan


Dengan memberikan ASI eksklusif, maka Ibu tak perlu membeli Sufor yang lumayan juga harganya, jadi lebih hemat, tapi ada juga lho, ya. ASI ditambah dengan Sufor, kalau kerana alasan Ibu bekerja, Sufor menjadi sampingan selama Ibu tak bersama anak tak mengapa. Tapi untuk tambahan, itu tidak perlu, kerana ASI sudah sangat cukup didukung pola makan Ibu sehari-hari.


Cukup makan makanan bergizi, sayuran yang mengandung manfaat dalam produksi ASI, seperti daun katuk, kacang-kacangan atau susu untuk Ibu menyusui.


Di samping itu juga ramah lingkungan, kerana tak perlu menumpuk sampah kotak Sufor.


Jadi manfaat memberi ASI eksklusif ini, tak hanya untuk bayi saja, ya. Akan tetapi bermanfaat untuk keluarga bahkan lingkungan sekitar.


Sekian thread saya, silahkan berdiskusi dengan santun dan santuy, ya. Mohon jangan OOT.


Belajar Bersama Bisa dan Terima Kasih ❤️❤️❤️


Sumber : Di sini
detymoenadjat
Jancuk056
tien212700
tien212700 dan 22 lainnya memberi reputasi
23
4.9K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & FamilyKASKUS Official
8.8KThread9.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.