• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 4 Terompet yang Terbuat dari Bagian Tubuh Makhluk Hidup, Salah Satunya Tulang Manusia

DeYudi69Avatar border
TS
DeYudi69
4 Terompet yang Terbuat dari Bagian Tubuh Makhluk Hidup, Salah Satunya Tulang Manusia

Alat Musik Tradisional

sumber

Kaskus DeYudi69 -Alat musik tiup sangat banyak jenisnya, masing-masing alat musik itu juga mengeluarkan suara yang khas ketika ditiup.

Di era modern seperti sekarang ini, banyak bermunculan jenis alat musik tiup, salah satunya adalah saksofon. Ane paling suka mendengarkan lantunan melody yang dikeluarkan oleh alat musik yang satu ini.

salah satu musisi yang sukses berkarir di dunia musik dengan saksofon yaitu Kenny G.

Tak seperti sekarang, dahulu alat musik tiup atau terompet kebanyakan terbuat dari bagian tubuh hewan bahkan ada terompet yang terbuat dari tulang paha manusia, duh ... ngeri juga ya Gan-Sist, kalau ngebayangin, pas lagi niupin terompet dari tulang manusia ... hiii ... tar yang punya tulang tiba-tiba nongol di depan kita, kan modar jadinya wkwkwk.

Nah, berikut ini deretan terompet yang terbuat dari bagian tubuh makhluk hidup:

1. Tahuri


sumber

Teropet tradisional yang berasal dari Maluku ini terbuat dari cangkang kerang raksasa. Semakin kecil ukuran dari Tahuri akan menghasilkan nada tinggi, dan nada rendah akan dihasilkan oleh Tahuri yang berukuran besar.

Pada mulanya Tahuri dimanfaatkan sebagai penanda oleh masyarakat setempat, misalnya dipergunakan sebagai isyarat untuk memanggil masyarakat oleh tetua adat untuk berkumpul di balai pertemuan, atau sebagai isyarat telah terjadi suatu peristiwa, dimana jumlah bunyi oleh Tahuri juga memiliki arti tersendiri, misalnya ditiup satu kali menandakan adanya seorang warga yang telah meninggal dunia. Tahuri juga dipergunakan sebagai alat musik untuk mengiringi tarian tradisional khas Maluku, yaitu Tari Cakalele.

2. Terompet Tanduk Kerbau


sumber

Terompet dari tanduk kerbau masih dipergunakan oleh masyarakat tradisional di Desa Lawe Cimanok, Kecamatan Kluwet Timur, Aceh Selatan, dipergunakan sebagai alat untuk memberi isyarat kepada penduduk desa agar berkumpul, sebagai penanda ada warga yang meninggal dunia, juga sebagai alat musik untuk menyambut kedatangan dari tamu kehormatan.

Di Minangkabau juga ditemukan alat musik serupa yang berbahan dasar tanduk kerbau dengan sebutan Pupuik Tanduak, digunakan sebagai penanda adanya pengumuman dari kepala adat kepada warganya untuk segera berkumpul.

3. Shofar


sumber

Adalah alat musik tiup yang dipergunakan oleh orang Yahudi dalam upacara keagamaan mereka. Shofar biasanya terbuat dari tanduk domba yang dibengkokkan.

4. Kangling


sumber

Dari semua alat musik tiup tradisional yang pernah ane tahu atau cari tahu melalui membaca buku atau membaca artikel di media online, alat musik tiup yang satu ini menurut ane yang paling extreme Gan-Sist.

Banyangin aja coba, gimana rasanya meniup terompet yang terbuat dari tulang paha manusia. Dih ... jadi auto merinding ane.

Alat musik ini berasal dari Tibet, yang apabila diterjemahkan "Kang" memiliki arti kaki dan "ling" memiliki arti seruling.

Terompet Kangling biasanya dimainkan dalam sebuah upacara yang sering dilihat sebagai metode untuk memanggil roh-roh yang kelaparan atau bahkan roh jahat.

Memainkan Kangling juga sangat memerlukan keberanian serta kesiapan mental, pasalnya alat musik ini juga dimainkan bersamaan dengan sebuah alat musik pukul yang terbuat dari tengkorak kepala manusi yang diberi nama Damaru.

Cara memainkannya yaitu, tangan kanan memainkan drum Damaru, sedangkan tangan kiri memainkan alat musik tiup Kangling.


sumber

Terlepas dari semua itu, kini alat musik tiup khususnya terompet, lebih banyak diperguanakan sebagai pelengkap dalam sebuah perayaan hari ulang tahun maupun menyambut datangnya tahun baru.

Bahan untuk membuatnya pun sudah tidak seprimitif dahulu lagi, misalnya terompet dalam peringatan tahun baru, yang terbuat dari bahan plastik dengan paduan hisan dari bahan kertas warna-warni.

Ane juga sering membuat sendiri terompet untuk mainan adik-adik ane, bukannya pelit atau keliwat irit, tapi ane memang lebih suka berkreasi dan membuat sesuatu hasil dari karya ane sendiri. Ada kepuasan tersendiri apabila alat yang ane buat dapat berfungsi sesuai dengan keinginan ane.

Berikut ini ane sertakan video tutorial cara membuat terompet dari barang bekas yang mudah untuk dicari di sekitar kita.

Spoiler for Video Cara Membuat Terompet dari Barang Bekas:


Semoga thread sederhana ane kali ini bisa memberi manfaat buat semua pembaca ya, jangan lupa beri cendolnya, rate, tulis komentar dan bagikan ke akun media sosial kalian. Thank You.

Baca Juga : 4 Mainan Anak-Anak yang Mulai Berada Di Ambang Kepunahan

Penulis : DeYudi69


Sumber referensi : 1 , 2 , 3 , 4 , 5
Diubah oleh DeYudi69 28-06-2020 11:59
UriNami
ulermaboq
raliakbarrr
raliakbarrr dan 34 lainnya memberi reputasi
35
9.8K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.