Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Pada Masa Pandemi, Apa Makananmu?

dwi.fintanAvatar border
TS
dwi.fintan
Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Pada Masa Pandemi, Apa Makananmu?
Ditengah maraknya kasus pandemi covid-19 saat ini kita tetap harus meningkat aktivitas seperti mencuci tangan, menjaga jarak sosial, berolahraga, dan tidur yang cukup, sebagai usaha untuk memutus rantai persebaran virus. Selain itu, mempertahankan pola makan yang sehat juga penting untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga dapat menurunkan risiko penularan. Mau tau apa saja makanannya? 

Berikut adalah 8 makanan sehat yang direkomendasikan oleh para ahli gizi yang wajib kita konsumsi dimasa pandemi ini :

1. Paprika merah

Spoiler for :


Paprika merah adalah sayuran kaya vitamin C. Menurut Departemen Pertanian AS, satu mangkuk paprika merah mengandung sekitar 211% dari nilai vitamin C harian. Kandungan tersebut dua kali lebih banyak daripada yang terkandung dalam jeruk (106%).

Sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di National Institutes of Health menemukan bahwa vitamin C berkontribusi untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Dan Vitamin C juga  mendukung berbagai fungsi sel dan dapat menurunkan risiko infeksi saluran pernapasan. 

2. Brokoli

Spoiler for :


Brokoli kaya akan vitamin C. Setengah mangkuk Brokoli dapat mencukupi 43% dari nilai vitamin C harian. Brokoli juga mengandung phytochemical dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Selain itu, Brokoli juga mengandung vitamin E dan berbagai zat antioksidan lain yang dapat kita membantu melawan bakteri dan virus.

3. Buncis 

Spoiler for :


Buncis mengandung banyak protein terutama asam amino, yang merupakan nutrisi terpenting yang diperlukan oleh tubuh. Asam amino tersebut membantu proses regenerasi jaringan tubuh serta merupakan senyawa penting yang juga berfungsi mensintesis dan memelihara enzim tubuh. Menurut Academy of Nutrition and Dietetics, buncis juga memiliki kandungan zinc yang membantu membangun sistem kekebalan tubuh lho.

4. Yogurt

Spoiler for :


Yogurt  merupakan sumber probiotik yang bagus untuk tubuh. Probiotik adalah bakteri baik yang dapat membantu mengoptimalkan sistem kerja pencernaan. Studi terbaru tentang probiotik ini juga menemukan fungsi lain dari probiotik yang ternyata efektif untuk melawan penyakit flu dan infeksi saluran pernapasan.

Biasanya sih gua minum yogurt dari Yummy Yofit selain karena rasanya yang enak banget, produk ini juga mengandung banyak bakteri baik untuk sistem pencernaan kita jadi otomatis deh probiotiknya juga tinggi. Dan cara dapetinnya juga gampang banget kalian tinggal beli melalui tokopedia. Jadi, kita ngga perlu deh keluar rumah dimasa pandemi ini.

5. Bawang putih 

Spoiler for :


Bawang putih tidak cuma kunci utama untuk memunculkan rasa dalam suatu masakan, tapi juga mengandung banyak manfaat untuk kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Bawang Putih juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, karena mengandung senyawa belerang dengan konsentrasi tinggi yang dapat membantu melawan beberapa infeksi. Dalam sebuah studi tahun 2001 yang diterbitkan di Advances in Therapy, para peneliti merekomendasikan bawang putih sebagai salah satu obat herbal untuk menangkal flu.

6. Jamur

Spoiler for :


Meskipun paparan sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik, ternyata kita juga bisa mendapatkannya dari jamur lho. Sebuah penelitian tahun 2018 mengenai jamur menemukan bahwa kandungan vitamin D dalam tumbuhan ini ternyata dapat membantu meningkatkan penyerapan kalsium, yang baik untuk kesehatan tulang, dan juga dapat menurunkan risiko kanker.

7. Bayam

Spoiler for :


Bayam merupakan sayuran yang kaya akan vitamin C dan penuh dengan antioksidan yang dapat membantu regenerasi sel dalam tubuh. Bayam juga memiliki kandungan beta karotin yang merupakan komponen terpenting dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

8. Stroberi 

Spoiler for :


Hanya dengan menikmati setengah mangkuk stroberi maka kita akan mendapatkan 50% dari kebutuhan vitamin C harian lho. Vitamin C dalam stroberi sangat bagus untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.


Nah itu dia beberapa makanan yang wajib banget kalian konsumsi dimasa pandemi seperti ini, agar tubuh ternutrisi dan kesehatan pun terjaga. Kalau kalian suka makanan yang mana nih?


sumber
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
969
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.6KThread10.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.