Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

syafira87Avatar border
TS
syafira87
[Coc. Reg Kepulauan Riau] Roti Jala Serta Kuliner Lainnya Khas Pekanbaru


1. Roti Jala

Kota Madani adalah kata lain dari Riau yang beribukotakan Pekanbaru. Provinsi ini terkenal dengan roti jalanya yang enak dan lezat. Bahan utama makanan khas daerah ini adalah tepung terigu. Bentuknya menyerupai jaring laba-laba. Saat disantap cocok disandingkan dengan kuah kari atau durian. Jika agan sista berkunjung ke kota ini, jangan lupa mampir walau sekedar mencicipinya.

Sumber gambar: Sumber

2. Gulai Siput

Nah, makanan khas ini cocok sekali disantap bersama nasi hangat di musim dingin. Selain rasa kuahnya yang gurih, siput ini bukan sembarang siput loh. Kalau di kampung ane biasanya menggunakan siput bercangkang hitam legam yang didapat di kali atau sungai kecil pun di sawah. Umumnya digulai dengan pucuk daun talas tanpa cabe atau disup. Namun, gulai siput khas Pekanbaru ini dimasak dengan bumbu khusus serta kuah kuning. Sangat menggugah selera. Rugi jika agan sista tidak mencobanya.

Sumber gambar: Good New from Indonesia

3. Sate Rusa

Berkemungkinan besar bagi agan, sista, pun ane pribadi mendengar makanan khas yang satu ini, terasa asing. Sebab, biasanya yang banyak ditemui di luar sana adalah sate ayam, daging sapi dan kambing. Kalaupun pernah membeli daging rusa itupun dikalio atau direndang khas Minang (baca: khusus keluarga ane, ya). Namun, di Kota Pekanbaru, sate rusa ini termasuk salah satu makanan khas terpopular.

Sumber gambar: Detik

4. Asidah

Namanya saja asing di telinga, apalagi di lidah. Namun, sesuai pepatah 'tak kenal maka tak sayang', agan sista wajib mencobanya biar makin cinta perbedaan Indonesia yang berbhineka tunggal ika. Asidah ini terbuat dari rempah-rempah tradisional di antaranya cengkeh, pandan serta kayu manis. Asidah adalah kue unik khas Pekanbaru yang lazim disajikan dengan taburan bawang goreng. Hmm ... bikin penasaran. Rasanya gimana, ya?

Sumber gambar: Laskar Riau

5. Bolu Kemojo

Sekilas terlihat bentuknya seperti telur dadar cabe hijau atau kue cucur. Namun, setelah diperhatikan dengan seksama, makanan khas yang satu ini adalah kue bolu kemojo. Rasanya lezat sekali dengan khas pandan disertai tekstur yang legit dan lembut. Agan sista wajib mencoba kue yang satu ini.

Sumber gambar: Tribunnews

6. Mie Sagu

Sesuai nama, mie ini terbuat dari tepung yang berbahan dasar sagu. Disajikan dengan touge, teri dan daun kucai bertabur bawang goreng beserta telur rebus. Mienya amat kenyal dan lembut. Cocok sekali dinikmati besama es air mata pengantin.

Sumber gambar: Tribunnews

7. Mie Lendir

Mie ini berasal dari mie kuning yang dimasak bersama touge. Kuahnya berlendir sebab terbuat dari rempah-rempah khusus, kacang tanah, ubi dan lain-lainnya. Biasanya kacang tanah umum dijumpai pada pecel sayur, kuah rujak. Ubi lazimnya digoreng, dikolak dan direbus, dibakar, tapi di sini dijadikan bumbu khusus. Keunikan mie lendir ini memang keterlaluan apalagi dengan toping cabe rawit ijo dan taburan bawang goreng. Agan sista harus cobain.

Sumber gambar: Tribunnews

8. Es Air Mata Pengantin

Nama yang unik. Namun segar. Es air mata pengantin ini terbuat dari campuran es serut, biji selasih, blewah dan sirup. Nama lain dari es ini adalah es air mata bahagia, sebab sering dijumpai di acara pernikahan.

Sumber gambar: Tribunnews

9. Es Laksamana Mengamuk

Dari namanya saja sudah terdengar unik, es Laksamana Mengamuk. Merupakan campuran gula merah, kweni, biji selasih dan santan kental. Hmm ... segar.

Sumber gambar: Cookpad



Ditulis oleh: Syafira87
Opini: Pribadi
Referensi: Di sini

VitaArkana
delia.adel
jokoariyanto
jokoariyanto dan 2 lainnya memberi reputasi
3
975
5
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kepulauan Riau
Kepulauan RiauKASKUS Official
670Thread149Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.