Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Negara-Negara Tetangga Ini Sudah 0, Indonesia Malah Cetak Penambahan Corona Tertinggi

widokoAvatar border
TS
widoko
Negara-Negara Tetangga Ini Sudah 0, Indonesia Malah Cetak Penambahan Corona Tertinggi
Kasus Corona di Indonesia sepertinya tidak bisa dianggap remeh. Setelah beberapa daerah mulai menerapkan new normal pada tanggal 15 Juni kemarin, bukan berarti penambahan kasus melandai. Yang ada malah terus meningkat. 

Negara-Negara Tetangga Ini Sudah 0, Indonesia Malah Cetak Penambahan Corona Tertinggi
Penambahan Kasus Baru per Hari RI sampai 27 Juni (Sumber: kumparan.com)


Dan bahkan hari ini, 27 Juni 2020, penambahan kasus baru Covid-19 di tanah air mencatatkan rekor tertinggi. Dilansir Worldometers.info, diakses 27 Juni 2020, hari ini terjadi penambahan kasus baru sebanyak 1.385 di Indonesia. Dengan penambahan sebanyak itu berarti total kasus Covid-19 di tanah air mencapai 52.812 kasus. Dari jumlah tersebut 2.720 diantaranya berakhir dengan kematian.

Negara-Negara Tetangga Ini Sudah 0, Indonesia Malah Cetak Penambahan Corona Tertinggi
Penambahan Kasus Baru per Hari Thailand sampai 26 Juni (Sumber: worldometers)


Dengan catatan tersebut saat ini Indonesia mencatatkan diri sebagai negara dengan total kasus dan kematian tertinggi akibat Corona di Asia Tenggara. Dan sepertinya rekor kasus tertinggi di Asia Tenggara itu sulit tersalip karena di saat jumlah kasus di Indonesia mencetak lonjakan tertinggi pada angka seribu lebih, mayoritas negara-negara tetangga di Asia Tenggara sudah melandai.

Negara-Negara Tetangga Ini Sudah 0, Indonesia Malah Cetak Penambahan Corona Tertinggi
Penambahan Kasus Baru per Hari Singapura sampai 26 Juni (Sumber: worldometers)


Bahkan tidak hanya melandai, menurut catatan Worldometers.info, diakses 27 Juni 2020, beberapa negara Asia Tenggara sudah tidak ada penambahan kasus baru lagi hari ini. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Myanmar, Thailand, Laos, dan Brunei Darussalam.

Selain itu, beberapa negara lain di Asia Tenggara sudah menunjukkan penambahan yang sangat minim hari ini. Misalnya Vietnam dengan penambahan 2 kasus baru, Kamboja dengan 9 kasus dan Malaysia dengan 10 kasus baru. 

Adapun yang masih menunjukkan penambahan pada angka ratusan adalah Singapura dengan 291 kasus baru dan Filiphina dengan 730 kasus baru. Meski Singapura penambahannya pada angka ratusan, tetapi jika dilihat trendnya sudah menunjukkan penurunan yang signifikan. 

Yang layak diapresiasi dari Singpura adalah jumlah angka kematian yang relatif kecil, meski total kasusnya termasuk besar. Total kasus di Singapura adalah nomor dua di Asia Tenggara dengan jumlah 42.246. Tetapi kematiannya relatif sangat kecil, yakni hanya 26 jiwa.

Negara Asia Tenggara yang kondisinya masih belum melandai hampir sama dengan Indonesia adalah Filiphina. Meski penambahan kasus baru dan total kasus tak sebanyak di Indonesia, grafik penambahan kasus baru di Filiphina masih belum menunjukkan trend penurunan.

Dengan kondisi seperti itu maka pemerintah dan masyarakat harus tetap waspada. Jika new normal memang harus dilakukan, maka SOP Corona harus tetap dijalankan dengan kedisiplinan. Semoga Corona di tanah air segera mereda seperti mayoritas negara Asia Tenggara yang lainnya...I]





Referensi:

1. Worldometers.info, diakses 27 Juni 2020
Diubah oleh widoko 27-06-2020 23:04
0
882
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.