• Beranda
  • ...
  • Batam
  • [COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya

husnamutiaAvatar border
TS
husnamutia
[COC.Regional.Batam] Plus Minus Batam dengan Keistimewaanya


Batam mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Hal ini membuat Batam menjadi kota terkenal dan populer. Keistimewaan itu meliputi hal sebagai berikut:

1. Free Trade Zone




Sebagai wilayah bebas pajak membuat Batam menjadi surgaanya para pecinta belanja. Sebab hanya di sini gan, kita bisa mendapatkan barang-barang beremerek dengan harga miring.

Namun meskipun demikian, tetap harus hati-hati ya gansis, sebab barang-barang di sini juga tidak lepas dari produk cina. Biasakan untuk meneliti terlebih dahulu saat membeli sesuatu agar tidak tertipu barang palsu.

2. Dualisme Pemerintahan

Berbeda dengan daerah lain di Indonesia, Batam memiliki dua lembaga pemerintahan. Yaitu pemerintahan kota yang mengatur dan mengurus soal administrasi kependudukan. Sementara Dewan Kawasan Pengusahaan Batam yang mengatur tentang kebijakan lahan.

Dengan adanya tugas spesifik masing-masing seharusnya semuanya bisa berjalan maksimal ya gansis. Namun pada praktenya hal ini justru membuat kebijakan tumpang tindih. Seperti halnya memiliki dua kepala, terbayang bukan?

3. Status Hak Tanah dan Hak Guna

Jadi kebanyakan tanah di Batam itu tidak mempunya hak milik tetapi hanya mempunyai hak guna saja.

Namun untuk saat ini sepertinya peraturan ini mulai berubah, jadi sudah banyak tanah di Batam yang menjadi hak milik juga.

Nah itu tadi beberapa keistimewaan Batam yang tidak ditemukan di daerah lain.

Bagaimana menurut gansis? Seperti apa Batam di mata agan, sista?

Dulu saya pikir Batam adalah bagian dari Singapura, di saat banyak warga negara Indonesia menjadi TKI, justru tetangga saya memilih merantau di Batam. Ternyata Batam mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pencari kerja untuk mencari peruntungan. Karena hal ini nih yang kemudian muncul istilah plesetan dari Batam 'Bila Anda Tiba Anda Menyesal' atau 'Bila Anda Tabah Anda Menang.'

Namun sayang dirancang sebagai wilayah khusus ekonomi, Batam kalah kompetitif dengan Singapura.

Awal pembangunannya Batam direncanakan sebagai wilayah khusus ekonomi untuk menyaingi negara tetangga. Namun hal ini tidak berkembang dengan baik. Pengelolaan kawasan tumpang tindih menjadi salah satu alasan, karena adanya dualisme pemerintahan.

Kegagalan sebagai kota bisnis menjadikan pembangunan tak terkendali dan arsitektur berantakan.




Di langsir dari batam pos.co.id_Pada tahun 2017 tercatat ada sekitar 217 Hektar pemukiman kumuh tersebar di kota batam.

Hal ini masuk akal ya gansis?

Tidak semua orang mampu untuk membeli tempat tinggal yang mewah dan elit. Karena ketidakmampuan ini kemudian lahir pengusaha-pengusaha membangun pemukiman terjangkau akibatnya pemukiman kumuh pun tersebar.

Seiring berkembangnya Batam sebagai kota Metropolitan, Berkembang pula berbagai masalah sosial seperti kriminal dan prostitusi. Jika ingin melihat fenomena ini, cobalah jalan-jalan saat malam hari. Demi keamanan jangan coba-coba sendirian menelusuri suasana malam ya gansis. Gamabaran ini akan terlihat jelas.

Batam tidak hanya menarik bagi para pencari kerja, tetapi juga menarik para mantan pekerja seks untuk merubah nasib, hingga kemudian lahirlah istilah Istri Akhir Pekan Pria Singapura. Di mana warga Singapura sebagai wisatawan tertinggi di setiap akhir pekan, ternyata mereka memiliki tujuan lain yaitu mengunjungi istri-istri simpanan di Batam.




Namun Batam dengan segala serba serbi plus minusnya, tetap saja Batam memiliki destinasi wisata yang luar biasa. Baik wisata alam, kuliner, terlebih lagi wisata belanjanya.

Ada satu hal lagi yang menarik ada di Batam, tetapi tidak banyak yang tahu soal ini. Yaitu adanya Studio animasi kelas internasional berada di Batam.




Tepatnya di JL. Hang Lekiu 02 berdiri sebuah bangunan bertuliskan Infinite Studios. Yup gedung ini adalah tempat pembuatan film animasi. Penggemar animasi pasti tahu donk film 'Joker Game (2015) Dead Mine, Journy dll, di sinilah tempat pembuatannya.

Untuk agan sista yang ingin belajar atau sekedar melihat-lihat boleh berkunjung ke sini. Sebab Infinite Studios ini dibuka juga untuk umum, tentu ada S dan K yang berlaku.

Nah, gimana gan, sis sudah ada gambaran tentang Batam? Semoga cukup memberi bayangan ya gan sis.

Sampai jumpa di thread yang lain.

Opri
Sumber
gambar sampul1, 2, 3

Diubah oleh husnamutia 09-07-2020 10:34
syafira87
febrianaryna
bintangtsurayya
bintangtsurayya dan 37 lainnya memberi reputasi
36
2.5K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Batam
BatamKASKUS Official
878Thread459Anggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.