detyryAvatar border
TS
detyry
Khasiat Jantung Pisang Si Bau Menyengat Berjuta Manfaat

Jantung Pisang, Trubus


Siapa sih, yang tidak kenal dengan bunga tanaman satu ini. Warnanya yang merah diantara dedaunan hijau membuatnya mudah menjadi perhatian. Bahkan banyak orang yang sengaja menanti masa panennya, yaitu ketika si bunga sudah selesai mengeluarkan buahnya.

Yups, bunga pisang atau yang sering disebut sebagai jantung pisang ini, selain rasanya yang nikmat dan bisa diolah dalam berbagai macam masakan, ternyata mempunyai segudang manfaat lho, Gansist.

Makanan yang banyak ditemukan di pedesaan ini, punya banyak kandungan gizi yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini, alzheimer juga infeksi. Kira-kira kalo infeksi Covid-19 bisa gak ya? Yang pasti sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan hasil riset dari tanaman tersebut untuk mengatasi infeksi virus yang ramai saat ini.




halosehat

Kandungan yang ada dalam jantung pisang ini diantaranya, kalium, vitamin A, vitamin C, vitamin E, mineral, asam lemak, flavonoid, saponin, asam amino esensial dan non-esensial, tanin, glikosida, serta steroid. Selain itu, jantung pisang juga kaya akan antioksidan, zat besi, fosfor, tembaga, magnesium, kalsium, protein, serta serat.

Selain rasanya yang pas dengan selera nusantara, tanaman yang bernama latin Musa Paradisiacaini bisa juga diolahenjadi beragam masakan yang menggugah selera. Bahkan, bukan saja di Indonesia, harga untuk seporsi olahan jantung pisang ini bisa dibandrol tinggi di manca negara. Itu karena berbagai macam kandungan gizi dan manfaatnya yang baik untuk kesehatan.

Lalu, apa saja kira-kira khasiat dari si merah berbau tajam ini? Yuk, langsung saja ane ulas di bawah ini.



gulai jantung pisang


Menyembuhkan Infeksi

Manfaat jantung pisang yang pertama adalah kemampuannya untuk menyembuhkan infeksi. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan etanol di dalamnya yang mencegah pertumbuhan bakteri patogen. Selain infeksi bakteri, ekstrak jantung pisang juga mampu mencegah pertumbuhan parasit malaria. Jadi Gansis, baik sekali mengkonsumsi jantung pisang ketika menderita luka atau infeksi ya.


Mengatasi Diabetes dan Anemia

Bagi Anda penderita diabetes, salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan mengonsumsi jantung pisang yang direbus. Jantung pisang memiliki kemampuannya untuk mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan hemoglobin. Hal ini dipengaruhi oleh serat dan zat besi di dalamnya yang membantu dalam produksi sel darah merah. Nah, untuk Gansis yang suka lemah, letih, dan lesu disebabkan anemia, recomended sekali mengkonsumsinya.



botok jantung pisang

Meningkatkan Suplai ASI

Pernah dengar mitos mengenai larangan mengonsumsi jantung pisang bagi ibu hamil gak, Gansis? Selain bermanfaat untuk ibu yang sedang menyusui karena dapat meningkatkan laktasi, jantung pisang juga bermanfaat untuk ibu hamil, Musa Paradisiaca juga membantu mengurangi pendarahan yang berlebihan, menjaga kondisi rahim agar tetap sehat, hingga membatasi sembelit selama kehamilan. Jadi Gansist, mau percaya atau tidak tentang mitos itu, faktanya, kandungan di dalam bunga pisang ini juga bermanfaat lho untuk ibu hamil, tetapi harus dibatasi karena sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik ya.



oseng jantung pisang


Melawan Radikal Bebas

Tubuh yang terpapar radikal bebas dalam jumlah banyak bisa menimbulkan berbagai masalah. Langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan seperti jantung pisang. Pada akhirnya, penyakit seperti kanker atau penuaan dini tidak akan terjadi pada Anda jika rutin mengkonsumsi olahan ini.


Meningkatkan Mood dan Mengurangi Kecemasan

Magnesium yang terdapat di jantung pisang dipercaya dapat meningkatkan suasana hati dan mengurangi kecemasan karena berfungsi sebagai antidepresan tanpa efek samping. Bisa dicoba nih, Gansist, di masa sekarang ini kita dituntut untuk meningkatkan imunitas, jika mood stabil dan tidak stress otomatis imun juga meningkat. So, setelah membaca ini, jangan ragu untuk mengolah jantung pisang ya.



sambel jantung pisang


Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Jantung pisang kaya akan serat larut dan tidak larut. Serat larut memungkinkan makanan melewati saluran pencernaan dengan mudah karena larut dalam air dan membentuk gel. Sementara serat yang tidak larut membantu makanan yang tidak tercerna karena tidak larut dalam air.


Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung pisang adalah sumber tannin, acids, flavonoid dan antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas dan menghilangkan kerusakan oksidatif yang mengarah pada penyakit jantung dan kanker. Gansis, penyakit jantung merupakan pembunuh tertinggi di Indonesia. Jadi tidak ada salahnya mencegah dengan mengkonsumsi jantung pisang ini selain diimbangi dengan olahraga dan pola hidup seha tentunya.


Mencegah Gangguan Syaraf

Radikal bebas dapat menyebabkan penyakit Alzheimer dan Parkinson. Guna mencegah kondisi tersebut, langkah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi jantung pisang secara teratur.



sayur lodeh jantung pisang


Mengurangi Perdarahan Saat Menstruasi

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari jantung pisang adalah kemampuannya untuk mengurangi perdarahan saat menstruasi. Selain berguna terkait masalah menstruasi, khasiat jantung juga dipercaya mengatasi maag dan masalah bronkitis.


Wah, ternyata banyak juga khasiatnya ya, Gansis. Di toko online, jantung pisang mentah ini bisa dibandrol seharga 20k. Kalau sudah jadi olahan pasti lebih bernilai ya harganya. Bersyukur, kita tinggal di Indonesia yang kondisi lahannya cocok untuk menanam pohon pisang.

Bagaimana, Gansis, apa kalian berminat untuk membuat olahan dari jantung pisang?

Jangan lupa, cendolnya emoticon-Cendol Gan

Rate emoticon-Rate 5 Star

Follow emoticon-2 Jempol

Koment emoticon-Sundul Up

Dan share jika bermanfaat.

Terima kasih kunjungannya emoticon-Big Kissemoticon-Bettyemoticon-Angel


Sumber :
IDNtimes

health benefit times

Opini pribadi
Diubah oleh detyry 25-06-2020 11:34
081364246972
betiatina
abellacitra
abellacitra dan 13 lainnya memberi reputasi
14
2.7K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Healthy Lifestyle
Healthy LifestyleKASKUS Official
7.6KThread2.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.