• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [ Brainstroming Yok ] Bener Ga Si, Kalau Dark Comedy Ini Belom Pas Buat Orang Indo

cyoga17Avatar border
TS
cyoga17
[ Brainstroming Yok ] Bener Ga Si, Kalau Dark Comedy Ini Belom Pas Buat Orang Indo


Dark Comedy ni Apa si? 


Quote:



Kalau menurut aku sendiri, dark comedy ni kaya kita ngejokes biasa gitu cuman materi yang disampaikan aga sedikit kontroversial. Pengertian dark comedy di internet kebanyakan menurutku terlalu sempit, karena bisa aja anggapan setiap orang tentang dark comedy ini bisa beda beda. Menurutku ini level komedi yang udah tinggi dan ga semua orang bisa menerima komedi ini karena emang kontroversial banget. 

Kalau kalian masih pada bingung ini aku contohin salah satunya. Contoh lho ya ini 
Misalnya ada orang kesusahan minta dana. Terus aku bilang mending kita galang dana buat bantuin orang ini. Nha temenku ngejokes " Kalu dananya udah kekumpul terus dibuat beli ps5 karena ps5 lebih berharga daripada masa depan orang itu " 

Menurutku yang aku contohin itu levelnya udang menengah keatas lah ya, aku ga berani nyontohin yang levelnya lebih tinggi wkwk. Sampai disini pasti kalian ada beberapa yang mempermasalahkan hal itu dengan dasar kemanusiaan, kalian tidak salah. Pasti ada juga yang tidak mempermasalahkan dan bahkan tertawa. Mungkin sampai sini kalian pasti ada gambaran tentang dark comedy ini, kalau paham mari kita lanjut ke bahasan selanjutnya.



Lalu Komedi Seperti Apa Yang Bisa Dibilang "Dark Comedy"?

Nah ini nih. Kalau menurutku pribadi ya, itu bisa dibilang Dark Comedy kalau itu tuh sesuatu yang istilahnya keprihatinan yang sensitif gitu. Sebenernya bukan tentang sara aja si . Kalau dilihat dari pengertiannya, komedi ini kaya membawakan hal yang tabu gitu. Padahal hal yang tabu di Indonesia ini banyak loh. Sex, Agama, SARA, bahkan politik tu bisa tabu lho. Sebenernya luas banget si pengertian ini tu. 

Kalau aku pribadi ketika mutusin ini dark comedy atau bukan tu dari apa yang dia angkat sebenere. Ketika yang diroasting tu sesuatu yang rentan menyinggung orang, nah itu aku biasanya udah kategoriin kalau itu dark comedy. 




Cocok Ga Si Buat Orang Orang Indo?
Orang orang ini menurutku ya masih terlalu sensitif untuk mengolah sebuah Dark Comedy menjadi sebuah kritikan membangun. Jadi tetep hal tabu itu masih ada gitu. Istilahnya tu belum semua orang bisa open mind gitu. Apalagi di Indo ini kentel banget ajaran agama ajaran sopan santun dan sebagainya, dan tidak jarang kalau ada yang sampai radikal atau fanatik lah bahasa halusnya ni. Jadi hal hal seperti ini mereka belum bisa menerima. 

Kalau opiniku pribadi si hal ini tu ngga semata mata karena open minded atau close minded ya. Aku lebih ngeliat kalau hal ini tu dari segi unsur budaya dan nilai yang berkembang di masyarakat si. Kayak Civilization gitu loh. Sebenere kalau pun bisa nerima juga malah bagus, maksudnya bukan kalian terus menentang nilai nilai gitu engga. Soalnya gini lho, sebenere ketika ada Dark Comedy. itu kan pasti ada objek peristiwa yang dipakai kan. Nah kebanyakan itu tu sebuah peristiwa atau hal kurang mengenakkan gitu lho. Tapi kalau kita bisa ngelihat itu tu sebagai bahan pembelajaran dan agar tidak terulang tu malah bagus lho. 



Jadi komedi ini biasanya punya sebuah objek yang akan diroasting istilahnya. Nah ketika objeknya dapet perhatian khalayak ramai, pasti pesan yang dibawakan akan diinterpretasikan berbeda. Nah sebenarnya kuncinya ada disini. Kita seharusnya berusaha membuka pikiran tentang apa yang terjadi didunia luar gitu, tidak serta merta bahwa apa yang kita yakini tu benar gitu , belum tentu juga. Maka akhirnya nantinya kalau begini kan tercipta brainstroming atau diskusi tentang objek yang digunakan tadi sehinga bisa memperbaikinya. Kalau gitu kan enak ya. 

Misal nih, "Masakan khas Benua Afrika= piring kosong". Pasti kan ada yang nanggepinnya, wah parah padahal disana susah makan. Coba kita puter sudut pandangnya. Terimakasih udah diingatkan ada sesama kita yang belum seberuntung kita dan jikalau kita bisa bantu ya bagus dan paling engga mensyukuri keadaan sekarang. Noh kan jadi lebih bagus gitu daripada ngejudge wah bahannya terlalu sensitif, soal kemanusiaan kok dijadiin jokes. Masalahnya sebenernya di cara kita melihat jokes itu si. 

Source: Otak Sendiri 
n.h3
eriksa
orgbekasi67
orgbekasi67 dan 38 lainnya memberi reputasi
39
10.7K
249
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.