monitorteknoAvatar border
TS
monitortekno
Fugaku Sekarang Menjadi Superkomputer Tercepat Di Dunia

Superkomputer terbaru Jepang yang bernama ‘Fugaku’ adalah yang tercepat di dunia saat ini untuk kecepatan komputasi, menurut peringkat semi-tahunan yang diumumkan oleh proyek TOP500 AS-Eropa pada hari Senin. 

Ini adalah pertama kalinya superkomputer Jepang mengantongi posisi teratas sejak Juni 2011, ketika “K computer” pendahulu Fugaku mengambil tempat pertama. 

Bersama-sama dikembangkan oleh RIKEN Center yang didukung negara Jepang untuk Ilmu Komputasi dan perusahaan Fujitsu, Fugaku adalah sistem berbasis ARM pertama yang menjadi superkomputer tercepat di dunia. 

Ini mencetak skor High-Performance Linpack (HPL) dari 415,5 petaflops, yang membuatnya 2,8 kali lebih cepat dari 148,6 petaflops IBM Summit yang sekarang berada di posisi kedua dalam peringkat superkomputer Top500. 

Fugaku didukung oleh 48-core Arm-system A64FX berbasis-Fujitsu dan terdiri dari hampir 7,3 juta core CPU. Dalam operasi presisi tunggal, ini mencapai kinerja puncak lebih dari 1.000 petaflops (1 exaflops). Chip berjalan pada 2,0 GHz dengan dorongan ke 2,2 GHz dan membawa masing-masing 32 GB memori HBM2. 

Superkomputer berbasis ARM ini juga mengamankan posisi nomor satu di peringkat lain yang menguji komputer pada parameter yang berbeda, termasuk Grafik 500, HPL-AI, dan HPCG (High-Performance Conjugate Gradient). Ini adalah pertama kalinya superkomputer secara bersamaan menduduki peringkat di empat kategori di atas, menurut Fujitsu. 

“Saya merasa sangat bahagia dan merasa terhormat telah terlibat dalam menciptakan Fugaku, yang telah menempati peringkat sebagai komputer super (superkomputer) nomor 1 di dunia,” kata Shinichi Kato, Presiden Fujitsu IT Products Ltd.

Superkomputer itu diperkirakan akan mulai beroperasi penuh waktu mulai April 2021 tetapi sudah digunakan dalam perang melawan coronavirus. 

“Saya berharap bahwa cutting-edge IT yang dikembangkan untuknya akan berkontribusi pada kemajuan besar pada tantangan sosial yang sulit seperti COVID-19,” Satoshi Matsuoka, kepala Pusat Ilmu Komputasi Riken, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sumur:

Quote:


Diubah oleh monitortekno 24-06-2020 23:51
ceuhetty
murcielargoespa
gemutro
gemutro dan 8 lainnya memberi reputasi
9
4.5K
133
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.