• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Begini Loh, Caranya Bayar Pajak Kendaraan Di Minimarket Terdekat

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Begini Loh, Caranya Bayar Pajak Kendaraan Di Minimarket Terdekat
Sebuah terobosan baru di jajaran Kepolisian dan pendapatan daerah mengenai pembayaran pajak kendaraan kini bisa melalui minimarket menjadi kabar bagus buat kita. Hoakataukah fakta, jawabannya adalah Fakta.

[ HT# 617, 618 ]



Keberadaan minimarket yang kini kian menjamur dan kelengkapannya mulai mengalahkan jumlah toko tradisional (miris) semakin lengkap setelah membuka akses bayar pajak kendaraan bermotor baik roda dua ataupun empat.


Tentu saja kemudahan ini bukan menjadi alasan lagi untuk telat atau samasekali tidak membayar pajak. Lalu seperti apa dan bagaimana prosesnya agar kita mudah melakukannya, berikut infonya.


samsatjatim

1. Pembayaran hanya berlaku untuk pajak tahunan berjalan STNK dan tidak menunggak pajak sebelumnya

2. Bawa STNK asli motor/ mobil, KTP asli, dan HP wajib pajak dengan nomor aktif

3. Datang ke minimarket yang sudah memiliki layanan e-Samsat (Payment Point Online Bank/PPOB).

4. Kasir akan memeriksa kesesuaian data mulai dari nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan, serta nomor HP wajib pajak aktif.

5. Jika input kasir sudah sesuai dengan data pusat maka pada layar kasir akan memunculkan angka nominal pajak yang harus dibayarkan wajib pajak

6. Wajib pajak barulah bisa membayar jumlah nominal sesuai ketentuan pada kasir tadi

7. Wajib pajak harus mendapat bukti struk bukti pembayaran pajak tadi, tunggu SMS yang masuk dari HP berupa SMS bitly yang berisi link Electronic Registration and Identification (ERI). Klik link SMS bitly tadi untuk memunculkan gambar tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran yang dilengkapi dengan Barcode (QR code).

8. Wajib pajak harus menyimpan bukti pembayaran tersebut untuk digunakan sebagai pengesahan di STNK kendaraan bermotornya.

Saran saya sebaiknya juga di backup dengan di foto dari hp lalu simpan di tempat yang aman. Karena sepengalaman saya hasil print struk minimarket yang tertera akan hilang dalam kurun waktu tertentu.

9. Sedangkan pengesahan STNK bisa dilakukan di Polsek atau Polres terdekat sekaligus untuk mendapatkan cetak STNK atau Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) terbarunya.

10. Jika kita belum mendapatkan cetak STNK terbaru tadi maka Barcode (QR code) yang kita dapat tadi (point 7) sudah bisa menjadi tanda bukti pelunasan Pajak Kendaraan Bermotor dan Bukti Pengesahan STNK yang valid dan sah.

Jadi nantinya, jika kedapatan razia petugas di lapangan, kita tinggal menunjukkan kode barkode (QRcode) tersebut dan nanti petugas akan memverifikasi ke absahannya.

11. Bagi wajib pajak yang membayar pajak secara online nantinya juga akan mendapatkan barkode (QRcode) tersebut dan kode e-TBPKP dimana kode ini keduanya harus disimpan baik-baik atau di cetak sendiri serta sah di kepolisian tanpa harus balik ke samsat untuk mendapatkan STNK atau Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP) terbarunya.



Sebuah opini
Sumur. kompas
Img.header. tribratanews-polressragen



Copyright © 2016 - 2020 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS



Diubah oleh iskrim 25-06-2020 09:27
wisudajuni
turkusuma
tien212700
tien212700 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
9.1K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.