Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Kekoreaan
  • Drama Korea, lebih digandrungi Masyarakat Tanah Air #DirumahAja

fariskiyahAvatar border
TS
fariskiyah
Drama Korea, lebih digandrungi Masyarakat Tanah Air #DirumahAja

Sumber foto: galeri foto pribadi

Drama Korea atau sering disebut DRAKOR, menjadi pusat perbincangan bagi warganet di media sosial, dan hal ini bukan menjadi rahasia umum lagi jika Drama Korea sedang menjadi trend di semua kalangan kaum melenial. Terlebih lagi Drama Korea juga sudah memiliki penggemar setia nan bejibun di masa pandemi saat ini.

Pada Selasa (23/6) jumlah angka peningkatan kasus positif virus corona di Indonesia hari ini masih bertambah. Data dari gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Ahmad Yurianto menyebutkan bahwa peningkatan jumlah khasus positif virus covid 19 di Indonesia sudah mencapai 46,845 orang.

hal ini membuat masyarakat di Indonesia memilih untuk melakukan karantina atau isolasi mandiri di dalam rumah atau yang saat ini dikenal dengan istilah #DirumahAja. #DirumahAja, dilakukan karena mengingat pandemi virus covid-19 belum mereda dan penularan masih terjadi sehingga membuat masa isolasi mandiri di dalam rumah harus tetap dilakukan.

Semenjak virus corona masuk ke Indonesia, pemerintah trus menghimbau masyarakat untuk menjalani segala aktivitas dari dalam rumah saja. Selain itu beberapa daerah bahkan juga memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) agar memutus rantai penyabaran covid 19.

Sebagian orang sudah melakukan ini sejak kurang lebih empat bulan lamanya. Tak dipungkiri, jika hal ini membuat tak sedikit orang merasa bosan, bahkan stres karena melakukan kegiatan yang itu-itu saja.

Selama berdiam diri di rumah saja tentunya membuat banyak orang mencari hiburan yang bisa dilakukan tanpa melangkahkan kaki untuk tidak keluar dari rumah, salah satunya dengan kegiatan yang ramai di perbincangkan di media sosial sehingga digemari oleh banyak masyarakat tanah air, yaitu menonton Drama Korea. Kehadiran Drama Korea kini menjadi salah satu hiburan yang amat digandrungi oleh banyak orang, hal ini dilakukan untuk mengisi kebosanan. Apalagi di masa pandemi yang memaksa masyarakat untuk selalu tetap berada di rumah seperti saat ini

Bahkan, di masa seperti ini pula, jeratan drama korea semakin meluas. Remaja, Dewasa Muda, Pasangan, Suami, Istri, Ibu-Ibu, Bapak-Bapak, sehingga para artis tanah air, dengan ponsel, televisi, maupun laptop, semua bisa dijangkau oleh Drama korea (Drakor). Selain itu masyarakat juga rela menghabiskan waktu hingga berjam-jam lamanya untuk “maraton drakor” atau menonton drama Korea dalam banyak episode hingga tamat.

Fenomena ini pun diungkap oleh pengguna Twitter dan Instagram.

“BARU KELARIN REPLY1988 SETELAH 12 HARI (LOL KAYAKNYA REKOR TERLAMA MARATON(?) NONTON DRAKOR” tulis akun @nadiramndr dalam twitnya, Kamis (18/6/2020)


“EMG YAA, NNTN DRAKOR MARATON ITU NIKMATNYA TIADA TARA : ))

GOMASEUMNIDA HOSPITAL PLAYLIST, SETELAH SEKIAN LAMA VAKUM MARATON AKHIRNYA BISA MERASAKAN GA TIDUR SMPE SUBUH LAGI :3 “ tulis akun @vyrzlee_dalam twitnya, Kamis (18/6/2020)


“LOLOS SBMPTN GW MARATON DRAKOR DRACIN ALLDAY ALLNIGHT WAKKAKA” tulis akun @nayyfk2020_dalam twitnya, Kamis (18/6/2020)


“DEMI APA BAPAKKU NONTON DRAMA KOREA YANG LAGI TAYANG DI TIPI DETIK INI JAM INI ???? :v:v:v
VOLUME DIBESARKAN LAMPU KAMAR DIMATIKAN :v:v:v “ tulis akun @bucinryeosung9_ dalam twitnya, Jumat (29/5/2020)

“ARTIS INDONESIA JG NONTON DRAKOR” tulis akun @clarinidy_ dalam twitnya, Rabu (24/2020) 


Dilansir dari pemilik akun Instagram @Dyahtrs06, saat ditanya mengenai beberapa alasan mengapa lebih meyukai drama Korea ?

Diyah mengungkapkan jika dirinya menyukai drama Korea, “karena dari alur cerita, pemainnya dan ada makna yang diambil dari tiap episodenya,” kata Diyah saat wawancara melalui Chat WatsApp(18/6/2020) 

Namun seperti masa saat-saat pandemi melanda seperti saat ini, membuat rutinitas semakin berubah sehingga waktu luang menjadi bertambah bahkan berlebih. Jadi jangan heran jika melihat banyak orang akhirnya mencoba berkenalan dengan drama Korea yang memang lagi banyak cerita menarik disetiap episodenya.

Ada beberapa alasan dan faktor yang bisa membuat orang tergoda bahkan menggandrungi Drakor (drama Korea). Berikut lima alasan mengapa drama Korea lebih menarik dan digandrungi oleh banyak masyarakat tanah air.

1.Kualitas akting para Aktor dan Aktris

menjadi seorang aktor drama Korea memang tak mudah, hal itu membutuhkan usaha dan kerja keras untuk menempa kemampuan berakting mereka sehingga menjadi bintang ternama. Demi memiliki skill yang bagus, merekapun rela menjalani trainee selama bertahun-tahun sebelum akhirnya debut sebagai aktor dan aktris. Dan hasilnya? Bisa kita ketahu jika kualitas akting para bintang yang mendapatkan peran diserial drama Korea.

2.Sountrack-nya yang bikin nagih

dalam drama Korea, original soundtrack juga berpengaruh, hal ini mewajibkan jika original soundtrack, harus ada ! Biasanya para penata musik akan mengambil dari beberapa album para musisi yang sudah rilis, namun kebanyakan mereka membuat lagu baru yang spesial untuk drama tersebut.

3. Memperhatikan detail kualitas gambar

Rumah produksi di Korea banyak menghasilkan drama-drama hits yang selalu memakai kamera dengan kualita gambar HD serta dengan angle yang menyeluruh, dengan begitu mereka bisa mengambil satu adegan berulang-ulang demi mendapatkan hasil gambar yang terbaik. Teknologi yang digunakan untuk editing video pun sangat canggih. Transisi  video demi video, terlihat mulus dan menarik untuk dinikmati.

4.Berdasarkan jumlah episodenya

Jika sinetron Indonesia memiliki jumlah episode ratusan bahkan ribuan episode seperti sinetron India, maka berbeda dengan drama korea yang umumnya hanya 16-25 episode. Itupun jika ceritanya memang mengangkat konflik yang rumit dan cukup kompleks. Jumlah episode juga ikut dipengaruhi dengan jadwal tayang yang berbeda. Jika di Indonesia sinetron sekarang kejar tayang (diputar setiap hari), maka berbeda lagi dengan drama Korea yang hanya setiap seminggu atau dua minggu sekali. Jadi nggak heran, jika setiap episodenya selalu bikin penonton penasaran.

5. Alur cerita yang unik

Sebenarnya banyak alur cerita di drama Korea yang sama, tetapi entah kenapa selalu berhasil menarik perhatian penonton karena ada yang
unik dalam cerita tersebut. Contoh aja, Goblin, drama yang dibintai gong yoo ini ya tentang kisah percintaan, tapi uniknya ini kisah cinta Om Goblin yang sudah tua dengan anak sekolahan, Ji Eun Tak.
Kemudian perjalanan cinta Bu Dokter dan tentara ala Descendants of the sun. Maka dari itu, meski temanya tetap percintaan, namun selalu ada yang unik disetiap alur ceritanya.

Selain itu cerita–cerita dalam serial drama korea bukan hanya menyajikan hiburan semata. Nyatanya ada banyak hal nilai positif yang kita bisa ambil. Beberapa nilai kehidupan kerap ditampilkan dan menjadi cerminan pemirsa untuk intropeksi kepada diri sendiri. penonton pun kerap disuguhi motivasi dengan kata-kata mutiara yang biasanya dilontarkan para tokoh dalam serial korea.
Diubah oleh fariskiyah 23-06-2020 11:18
kudanil.la
anon009
anon009 dan kudanil.la memberi reputasi
0
589
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Kekoreaan
Kekoreaan
10.8KThread2.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.