Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

balonkempesAvatar border
TS
balonkempes
Media Australia: Indonesia akan menjadi hotspot baru Covid19
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Media Australia, the Sydney Morning Herald (SMH), menyebut Indonesia akan menjadi hotspotatau pusat Covid-19 di dunia. Dalam tulisan James Massola tersebut dikatakan kebanyakan negara di Asia Tenggara berhasil melandaikan kurva penularan Covid-19, tetapi tidak dengan Indonesia. Pemerintah Indonesia dinilai telah gagal berperang melawan Covid-19.

Tulisan berjudul "The world's next coronavirus hotspot is emerging next door" yang dipublikasikan pada 19 Juni 2020 itu menyatakan Indonesia sedang berada di ujung jurang yang tidak menyenangkan. Pemerintah Indonesia, menurut tulisan tersebut, menunjukkan beberapa tanda bahwa Indonesia bersedia mengambil keputusan sulit yang diperlukan untuk menekan laju penularan yang berkembang pesat.

"Ketika perhatian dunia mengarah pada Amerika Serikat, India, Rusia, dan Brasil yang mencatat infeksi harian hingga puluhan ribu, Indonesia berada di bawah radar," tulis SMHyang dikutip pada Selasa (23/6).

Kritik tersebut mengacu pada dugaan banyaknya warga Indonesia yang terinfeksi Covid-19, tetapi tak terdeteksi. Dalam 8-10 hari terakhir, tercatat ada lebih dari seribu kasus baru. Epidemiologis pun khawatir kasus bisa melebihi 60 ribu kasus dalam dua pekan mendatang.

SMH juga mengkritik tingkat tes Covid-19 di Indonesia yang rendah dan tingkat kematian yang proporsional tinggi. Indonesia berada di posisi 163 dengan hanya melakukan 2.193 tes per 1 juta orang.

Namun, dengan kondisi itu Pemerintah Indonesia justru mulai melonggarkan pembatasan pergerakan publik yang selama ini diterapkan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Transportasi umum, penerbangan, pusat perbelanjaan, dan tempat ibadah sudah mulai dibuka untuk publik.

Berita Terkait

10 GB Cuma 50 Ribu Aja? Beli by.U di Indomaret Sekarang Juga [PR]Puluhan Media Lokal Australia Beralih ke DigitalMedia Australia: Jika Eksekusi Dilakukan, Indonesia Pecahkan RekorMedia Australia: Tokoh Minta Papua Barat Lepas dari Indonesia

"Sejak awal, Pemerintah Indonesia telah menangani pandemi ini dengan buruk," kata SMH memberik kritikan.

Pemerintah Indonesia dinilai punya dua pilihan. Pertama, mengambil kebijakan lebih tegas untuk menghentikan penyebaran Covid-19 termasuk di antaranya memasifkan tes dan karantina wilayah. Kedua, tetap memerintah dengan canggung dengan risiko nyawa masyarakat Indonesia.

https://m.republika.co.id/berita/qcc...tspot-covid-19

Ketika negara asia lain memulai new normal dengan angka laju penularan yang sudah menurun, indonesia justru melakukan new normal saat penularan masih sangat tinggi dan bahkan naik terus trendnya belakangan ini. Sungguh sebuah kebijakan nekat yang dilatarbelakangi keputusasaan dengan nyawa rakyat sebagai taruhannya. Tapi untungnya orang indonesia juga tidak bisa menghargai nyawanya sendiri. Jadi kebijakan sableng seperti ini juga tidak di protes keras emoticon-Ngakak
0
932
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.