Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Spriggan13Avatar border
TS
Spriggan13
Turki Mulai Pakai Uang China, Yunarto Wijaya: Belum Ada yang Marah-marah soal Ini?
Turki Mulai Pakai Mata Uang Yuan China, Yunarto Wijaya Sindir: Belum Ada yang Marah-marah soal Ini?



TRIBUNNEWSBOGOR.COM — Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengomentari Turki yang mulai menggunakan mata uang China.

Ia pun penasaran kenapa belum ada yang berkomentar sinis terhadap kebijakan tersebut.

Salah satu yang ia sindir yakni Tengku Zulkarnain yang sering berbeda pendapat dengannya.

Hal itu disampaikan Yunarto Wijaya sambil mengomentari artikel berita berjudul “Turki Mulai Pakai Mata Uang Yuan China”.

Dilansir dari Wartakotalive.com Selasa (23/6/2020), Turki untuk pertama kalinya menggunakan mata uang China Yuan sebagai alat transaksi.

Penggunaan mata uang Yuan oleh Turki adalah bagian dari kesepakatan kerja sama kedua negara tersebut.

Mata uang Yuan digunakan untuk pendanaan sejumlah proyek yang dikerjakan di Turki hasil kerja sama dengan China.

Kantor berita China, Xinhua, melaporkan, Bank Sentral Turki mengumumkan pada hari Jumat bahwa untuk pertama kalinya, ia menggunakan Yuan Tiongkok.

Perjanjian penggunaan Yuan ditandatangani oleh Turki dan China tahun lalu (2019).

Perusahaan-perusahaan Turki menggunakan Yuan China untuk membayar tagihan impor mereka melalui bank-bank terkait dalam transaksi pada hari Kamis, kata bank sentral dalam sebuah pernyataan.

Dikatakan itu adalah langkah penting untuk akses ke likuiditas dan bahwa "itu akan semakin memperkuat kerja sama keuangan antara Turki dan China."

Cadangan bank sentral Turki telah berkurang sejak tahun lalu karena upaya untuk melindungi mata uang nasional, lira Turki, dari penurunan lebih lanjut terhadap dolar AS di tengah perekonomian negara yang rentan.

Menteri Keuangan dan Keuangan Turki Berat Albayrak mengatakan baru-baru ini bahwa Turki mengadakan pembicaraan untuk membangun jalur pertukaran dengan beberapa negara.

Dalam kerangka ini, Turki tiga kali lipat akhir Mei nilai perjanjian pertukaran mata uangnya dengan Qatar menjadi 15 miliar dolar dari 5 miliar dolar.

Apakah penggunaan mata uang China, Yuan, juga akan diberlakukan China dalam menjalin kerja sama, termasuk dengan Indonesia?

Kantor Berita Xinhua belum menginformasikan terkait kebijakan itu.

Menanggapi berita itu, Yunarto Wijaya pun menyindir Ustaz Tengku Zulkarnain yang sering ia sapa dengan sebutan ayah.

"Blm ada yg marah-marah tentang ini?

ayah?," tulis Yunarto Wijaya.



Bayar Tagihan Impor China

Sementara itu, Reuters melaporkan, pembayaran Turki menggunakan mata uang China Yuan ini untuk sejumlah tagihan impor sejumlah produk dari negeri tirai bambu tersebut.

Dalam transaksi pada hari Kamis, perusahaan Turki di berbagai sektor membayar, melalui bank, tagihan impor mereka dari China menggunakan Yuan, kata bank sentral.

Penggunaan Yuan itu akan memperkuat kerja sama antara Turki dan Cina.

Bank-bank komersial akan dapat menambahkan produk yang berkaitan dengan kegiatan perdagangan dan keuangan dengan strategi berdasarkan perjanjian pertukaran.

Penurunan cadangan devisa bank sentral Turki, sebagian disebabkan oleh intervensi bank negara untuk menopang Lira (mata uang Turki), telah menimbulkan kekhawatiran bahwa Turki akan membutuhkan dana asing.

Reuters melaporkan pada bulan Mei bahwa bank sentral melakukan upaya untuk membangun jalur swap dengan bank sentral Inggris dan Jepang dan memperluas jalur swap yang ada dengan Qatar dan China.

Sementara itu, www.aa.com.trmenulis, perjanjian penggunaan mata uang Yuan ditandatangani antara Bank Sentral Turki dan Bank Rakyat Tiongkok pada tahun 2019.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, bank komersial akan dapat memperluas jangkauan produk mereka sesuai dengan perdagangan internasional dan kegiatan keuangan dengan strategi berdasarkan perjanjian swap.

Salah satu perusahaan Turki yang membayar tagihan impor menggunakan Yuan adalah Turk Telekom, perusahaan telekomunikasi.

Raksasa telekomunikasi Turki, Turk Telekom, mengambil langkah pertama untuk berdagang dalam mata uang lokal melalui mekanisme baru yang disediakan oleh Turki dan perjanjian pertukaran baru China pada 19 Juni.

https://bogor.tribunnews.com/2020/06...l-ini?page=all





Kadrun bahlul bin idiot maunya Jokowi mati...

Itu sudah... emoticon-Belgia

serapionleo
aldonistic
decodeca
decodeca dan 16 lainnya memberi reputasi
17
7K
120
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.3KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.