NeverSayGGAvatar border
TS
NeverSayGG
Gedung Putih: Kesepakatan Dagang AS-China Berakhir


WASHINGTON, KOMPAS.com - Penasihat perdagangan Gedung Putih, Peter Navarro menyatakan, kesepakatan perdagangan Amerika Serikat (AS) dengan China telah berakhir.

Dikutip Reuters, Selasa (23/6/2020) Navarro berkata begitu sebagai bentuk kemarahan Washington atas Beijing yang tidak memberikan alarm alias memberitahu adanya wabah Covid-19.

"Ini (kesepakatan) sudah berakhir," kata Navarro saat ditanya tentang perjanjian/kesepakatan perdagangan.

perdagangan ketika AS mengetahui soal penyebaran Covid-19 usai delegasi China meninggalkan Washington setelah penandatanganan perjanjian Fase 1 pada 15 Januari lalu.

"Mereka pada saat itu telah mengirim ratusan ribu orang ke negara ini untuk menyebarkan virus. Dan hanya beberapa menit setelah roda pesawat (yang mereka tumpangi) lepas landas, kita mulai mendengar tentang pandemi ini," kata Navarro.

Sebagai informasi, hubungan AS dan China telah mencapai titik terendah dalam beberapa tahun sejak pandemi Covid-19 yang pertama kali mewabah di Wuhan, China menghantam Amerika Serikat dengan keras.

Presiden AS Donald Trump dan pemerintahannya berulang kali menuduh Beijing tidak transparan tentang wabah mematikan itu.

Trump beberapa kali memperbarui ancamannya untuk memutus hubungan perdagangan dengan China, sehari setelah diplomat top Gedung Putih mengadakan pembicaraan dengan Beijing dan perwakilan perdagangannya.

Navarro sendiri merupakan salah satu orang yang melayangkan kritik paling blak-blakan terhadap China di antara penasihat senior Trump lainnya.

Sumber
anon009
ex.babuCCP
novitasari94
novitasari94 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
818
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.