Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kyunichanAvatar border
TS
kyunichan
Selak, Makhluk Mistis Di Lombok, Mengerikan!


Pict. by Google.com

Assalamualaikum, Agan dan Sista di manapun berada. Pie kabare? Apik-apik, yo, eh, salah, gimana kabarnya? Baik-baik, ya, aamiin.

Okey, di thread kali ini, ane mau kasih informasi menarik buanget! Mau tau? Mau aja. Karena, thread ini berisi kemistisan dan kehororan yang akan membuat Agan Sista merinding (dikit). Hihihihi *hantu nangis.

Penasaran? Langsung aja disimak, cekidot!



Lombok sebagai pemilik nama 'Pulau Seribu Masjid' yang merupakan daerah bagian selatan Indonesia ini dikenal dengan keunikan adat budaya dan pariwisatanya. Namun, di balik itu semua, tersimpan cerita mistis yang tak kalah menarik.

Selak dalam bahasa indonesia lumrah dikenal dengan sebutan hantu. Umumnya, orang-orang berpikir jika hantu adalah perwujudan dari manusia yang sudah meninggal dunia, tetapi justru Selak sebaliknya.
Quote:
Saat siang, mereka akan berlagak layaknya manusia normal, tetapi kala malam menyambang, saat itulah waktu paling mustajab untuk berubah wujud dan bisa menghilang.


Quote:
. Tidak heran karena mereka bersekutu dengan bangsa jin yang juga memakan makanan demikian.

Sebagian dari Selak membutuhkan tumbal untuk meningkatkan ilmu hitamnya. Dahulu, orang-orang menjadi Selak dalam rangka mengikuti peperangan. Risikonya tentu saja menjadi manusia jadi-jadian yang akan terus terikat dengan lingkar setan jika tidak dilepas menggunakan ritual tertentu.


(Pict. by Google.com: Ilustrasi peperangan antara Selak (warga Lombok) dengan penjajah)

Di daerah Lombok, terdapat jenis Selak yang berbeda-beda, entah itu dari segi wujud ataupun pekerjaan. Di daerah Lombok Timur misalnya, ada beberapa Selak yang menjadi momok warga, khususnya daerah pelosok. Di antaranya adalah Selak Sakti dan Selak Ngeres (Nyele).

Selak Sakti adalah makhluk jadi-jadian yang mana, ia bisa terbang dan akan melakukan aksinya ketika malam tiba. Menariknya, Selak Sakti menggunakan dua sapu ijuk agar bisa terbang. Ia akan bersikap telentang dengan kedua sapu ijuk berada di tangan masing-masing. Sementara, Selak Ngeres (Nyele) atau bahasa lainnya, hantu yang wujudnya seperti percikan cahaya, umpama putung rokok yang berjatuhan. Konon, ia bisa terbang ke sana kemari. Namun, tentu saja mereka hanya akan datang di saat-saat tertentu.

Selain itu, ada pula Selak yang berwujud anjing. Selak ini tidak jauh berbeda dengan anjing pada umumnya. Akan tetapi, ada ciri khusus yang ia miliki, yakni ekor yang tidak menjuntai ke atas, melainkan akan lurus ke bawah.

Kata sebagian besar orang, Selak berwujud anjing tidak menggonggong layaknya anjing. Malah, ketika anjing asli melihat wujudnya, maka ia akan digonggongi sebagai bentuk ketidaksukaan atas kehadiran dirinya.

Fakta tentang Selak berwujud anjing, ia sekadar ingin menakut-nakuti, bukan untuk mencari tumbal. Ketika berhasil membuat orang ketakutan dan berlari kalang kabut, ia akan tertawa sembari berguling-guling. Konon, karena ia sangat suka melihat tumit orang yang berjinjit ketika berlari. Kesannya lucu, ya, jadinya.

Quote:

Jenis makhluk mistis berikut, namanya adalah Miu'. Bukan hewan, tetapi kata orang dulu, Miu' berasal dari bayi yang digugurkan, entah berasal dari hubungan terlarang ataupun resmi. Wujudnya hampir mirip kuda dengan tanduk berada di antara kedua telinga, memiliki sayap dan terbang di angkasa ketika malam tiba. Miu' juga bersuara sesuai namanya dan berulang-ulang seolah tengah memanggil ibunya.

Jika ingin Miu' pergi, orang yang melihat akan berkata, "Ne inak bi juang kamu perujak regi." (Ini, ibumu membawakan kamu pengulek ragi). Namun, jika ingin Miu' mendekat, maka orang akan berkata, "Ne amak bi juang kamu perumbak." (Ini bapakmu membawakan kamu kain gendong).

Jarang ada yang takut pada Miu', sebab tidak melakukan apa-apa, pun tidak mengganggu. Hal itu juga karena orang percaya, Miu' adalah makhluk bernasib malang yang sepatutnya dikasihani. Akan tetapi, akhir-akhir ini Miu' tidak pernah lagi muncul. Apalagi yang biasanya terbang di atas genting dan bersuara berulang kali, sekarang tidak pernah ada.

Demikian makhluk-makhluk mistis yang terdapat di Lombok Timur. Meski sebenarnya masih banyak yang belum diungkap, tetapi sampai sini dulu, ya.

Wassalamualaikum, Gan, Sis emoticon-Big Kiss

Jangan lupa tekan bintang, lempar cendolnya, komenin, dan share-in. Eh, follow juga dong, biar kagak ketinggalan info menarik lainnya dari ane. So, see you soon Gan, Sis emoticon-Wowcantik

aryanti.story
zeze6986
hsk31
hsk31 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
3.1K
34
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Supranatural
SupranaturalKASKUS Official
15.6KThread10.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.