Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asnalmyAvatar border
TS
asnalmy
Ini nih 6 Paradoks yang bisa Menggemparkan Dunia (?)
Hi guysss.. emoticon-Smilie
Salam kenal dari aku newbie di kaskus.

Kali ini aku mau bahas tentang
PARADOKS

Kalian tahu nggak apa itu paradoks?
Menurut KBBI, paradoks adalah pernyataan yang seolah-olah bertentangan (berlawanan) dengan pendapat umum atau kebenaran, tetapi kenyataannya mengandung kebenaran; bersifat paradoks.

Nah, intinya paradoks ini sebuah premis atau kalimat yang bertentangan, bener juga kalau dipikir2 tapi nggak salah juga.

Nah disini aku udah mengumpulkan beberapa anekdot yg siap buat kamu pusing.. emoticon-Sundul Gan (S)
Cekidott..
1. Grandfather Paradoks

Sepertinya ini adalah paradox waktu yang paling terkenal. Kamu mungkin sering mendengarnya. Paradox-nya seperti ini:

"Jika kalian bisa kembali ke masa lalu dan membunuh kakek kalian, apa yang akan terjadi?"

Mungkin jawaban gampangnya adalah si kakek akan mati. Tapi jawaban atau akibat dari kondisi tersebut gak sesederhana itu.
Jika kakekmu mati, otomatis orangtuamu tidak akan terlahir ke dunia, dan tentu kamu juga tidak akan terlahir ke dunia, lalu ini berarti kamu juga tidak pernah membunuh kakekmu. Lalu bagaimana bisa terjadi kondisi kamu membunuh kakekmu sedangkan akibat kakekmu terbunuh membuat kamu tidak terlahir ke dunia?

2. Unstoppable Paradox

"Apa yang akan terjadi bila suatu benda yang tidak bisa berhenti bergerak menabrak suatu benda yang tidak bisa digerakkan sama sekali?"

Apakah kedua benda tersebut berhenti? Atau kedua benda tersebut bergerak? Atau gaya dari kedua benda tersebut saling tertukar?

3. Pinocchio Paradox

Pinocchio berkata, "Hidungku akan memanjang".

Seperti yang kita tahu hidung Pinocchio akan memanjang jika ia berbohong. Dan jika dia mengatakan hidungnya akan memanjang dan ternyata hidungnya tidak memanjang, berarti pinocchio sedang berbohong. Dengan demikian hidungnya akan memanjang.

Tapi bila hidungnya memanjang berarti dia berkata jujur. Berarti bila dia berkata jujur maka  hidungnya tidak akan memanjang. Dengan demikian pinocchio sedang berada dalam keadaan hidungnya akan memanjang saat hidugnya tidak akan memanjang.

4. Kidnapper Paradox

Si Codet adalah seorang penculik spesialis anak-anak. Suatu hari, Codet menculik seorang anak. Kemudian Codet menelepon ayah anak tersebut dan memberikan tebak-tebakan kepadanya. Jika ayah anak itu bisa menebak apa yang akan dilakukan Codet kepada anak tersebut, maka Codet akan mengembalikan anak itu kepada ayahnya. Kemudian si ayah menebak bahwa si Codet tidak akan mengembalikan anaknya

Dan paradox-nya dimulai di sini. Kalau Codet tidak mengembalikan sang anak, maka jawaban ayah benar. Dan jika tebakan sang ayah benar maka Codet harus mengembalikan anak itu.

Tapi jika Codet mengembalikan anak itu maka tebakan sang ayah jadi salah. Dan jika tebakan sang ayah salah maka Codet tidak harus mengembalikan anak itu. Tapi jika si Codet mengembalikan anak itu maka tebakan sang ayah benar. Jika tebakan sang ayah benar maka Codet harus mengembalikan anak itu, dan begitu seterusnya sampai si Codet bingung apa yang harus dia lakukan dan menyesal memberi tebak-tebakan.

5. Barbershop Paradox

Di suatu kerajaan hanya terdapat satu tukang cukur rambut dan di daerah itu terdapat aturan-aturan yang harus ditaati mengenai peraturan mencukur rambut. Peraturannya yaitu; Pertama, semua warga harus mencukur rambutnya. Kedua, semua warga tak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain. Ketiga, semua warga harus mencukur rambutnya di tukang cukur. Keempat, tukang cukur hanya mencukur orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Teka-tekinya, siapa yang mencukur rambut si tukang cukur? Mengingat aturan kedua, tukang cukur tidak boleh mencukur rambutnya di kerajaan lain. Peraturan ketiga mengatakan, tukang cukur harus mencukur rambutnya ke tukang cukur yaitu dirinya sendiri, sedangkan cuma dia satu-satunya tukang cukur di kerajaan itu. Kalau dia mencukur rambutnya sendiri, berarti dia telah melanggar peraturan keempat, yaitu tukang cukur hanya mencukur rambut orang yang tidak mencukur rambutnya sendiri. Lalu siapakah yang akhirnya mencukur rambut si tukang cukur, sedangkan semua warga termasuk si tukang cukur mencukur rambutnya. Haduh bingung kan teman-teman.

6. Sexual Paradox

Paradoks ini lebih rumit lagi. Contoh dari paradoks ini, Budi kembali ke masa lalu dan bertemu dengan ibunya ketika sang ibu masih seorang gadis atau perawan. Lalu kemudian si Budi jatuh cinta kemudian ia menikahi ibunya yang masih gadis itu dan kemudian mereka mempunyai anak. Si Budi sendiri kah anak itu? Atau mungkinkah si Budi yang menjadi ayah bagi dirinya sendiri? Paradoks ini referensinya bisa kalian tonton di film “Back to the Future” dimana sang tokoh utama kembali ke masa lalu dan bertemu dengan ibunya yang mana kemudian ia jatuh cinta padanya. Contoh Sexual Paradox yang lebih aneh lagi, sebuah novel yang berjudul “The Paradox Planet” karya dari Steven Spruill bercerita tentang seorang ilmuwan yang bertemu dengan seorang gadis cantik jelita. Kemudian mereka pun saling jatuh cinta dan lalu akhirnya menikah. Tapi setelah beberapa lama, ternyata ilmuwan itu mengetahui bahwa gadis tersebut merupakan seorang transgender yang ternyata mempunyai kelamin ganda yang dulunya seorang laki-laki! Tapi ternyata diketahui lagi kalau ternyata istrinya ini merupakan si ilmuwan itu sendiri yang datang dari masa depan yang telah berganti kelamin. Ini artinya dia melakukan hubungan seks dengan dirinya sendiri, gila! Yang jadi tanda tanya, bagaimana jika akhirnya mereka mempunyai anak? Dan misalkan si anak dari mereka ini kembali ke masa lalu dan menjadi ilmuwan itu sendiri dan memulai semuanya lagi yaitu ilmuwan kembali ke masa lalu dan bertemu dengan gadis yang merupakan dirinya sendiri yang berganti kelamin. Jadi, sang ilmuwan itu berperan sebagai ayah, ibu, dan anak dari dirinya sendiri. Pemikiran gila macam apa itu teman-teman. Premis paradoks ini referensinya bisa kalian lihat di film “Predestination”.

Itu dia beberapa paradoks yang bener2 membuat bingung emoticon-Hansip

Menurut agan2 gimana nih..
Komen dibawah ya emoticon-Kaskus Banget

TERIMAKASIH
scorpiolama
kakekane.cell
MUF0REVER
MUF0REVER dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & XenologyKASKUS Official
6.5KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.