Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

prada567Avatar border
TS
prada567
6 Fakta Unik Kantong Semar. Sudah Tahukah Kamu?

Dokpri

Tahukah agan semua fakta unik mengenai kantong semar ? Mungkin diantara agan semua tahu tanaman ini bahkan mungkin ada yang yang menanam atau menjumpainya tumbuh di sekitar hutan. tapi faktanya tak banyak orang yang tahu bahwa kantong semar mempunyai keunikan-keunikan yang cukup dibilang langka. Apakah keunikannya tersebut??? Saya @prada567akan mengulasnya di thread kali ini.

1. Memakan 6000 rayap dalam sehari.

Tanaman ini merupakan tanaman paling rakus di dunia, pasalnya mereka ternyata bisa memakan 6000 rayap dalam sehari untuk mendapatkan nutrisi. Bagian bibir kantong semar mengandung nektar yang disukai serangga. Namun setelah bagian bibir, bagian dalam memiliki permukaan licin yang membuat serangga mudah terperosok ke dalam kantongnya. Tidak ada serangga yang berhasil keluar melewati permukaan licin ini. Setelah itu ia akan mengatupkan bagian atas dan menyerap nutrisi dari serangga buruan yang terjebak di dalamnya.

2. Tak memiliki otak namun sangat cerdas.

Kantong semar memang tidak memiliki otak. Namun penelitian membuktikan bahwa kantong semar mampu mengembangkan strategi jitu untuk menjebak serangga. Kantong semar menonaktifkan katup agar tidak tertutup selama 8 jam untuk mengundang lebih banyak serangga yang datang. hal ini terkesan merugikan bagi kantong semar, tetapi nyatanya ini adalah strategi kantong semar untuk menjebak lebih banyak buruan. Kantong semar yang menonaktifkan katupnya selama 8 jam ternyata lebih banyak menjebak buruannya dari pada kantong semar yang katupnya diaktifkan sepanjang hari.

3. Toilet bagi kelelawar dibayar dengan nitrogen tinggi.

Simbiosis antara kelelawar dan kantong Semar mungkin sudah diketahui banyak orang, namun selama ini orang-orang hanya berpendapat bahwa kelelawar menjadikan kantong semar sebagai toiletnya, dan kantong Semar tidak mendapatkan apa-apa, padahal kebiasaan ini membuat kantong semar beradaptasi dan memanfaatkan hobi kelelawar yang bertengger pada kantong mereka. Urine dan feses kelelawar digunakan untuk nutrisi terhadap kantong semar. Menurut penelitian 33,8% nitrogen yang ada pada kantung semar diperoleh dari urine dan feses kelelawar. dalam hal memangsa, kelelawar tidak pernah memangsa serangga yang terperangkap dalam kantong semar. Wah benar-benar simbiosis mutualisme ya gan?

4. Merias diri untuk hewan malam.

Tahukah agan jika kantong semar merias tubuhnya dengan zat berpendar berwarna biru yang menyala dalam gelap? Warna ini mampu menarik perhatian mangsa mangsanya di malam hari. Warna dari zat ini sangat penting untuk mendapatkan makanan di malam hari, karena serangga yang biasanya menjadi makanan utama bagi kantong semar tidak keluar pada malam hari, maka dari itu tanaman ini ini merias dirinya untuk menjebak hewan di malam hari.

5. Sanggup memakan seekor tikus.

Salah satu spesies kantong semar ternyata sanggup memakan seekor tikus. Spesies ini bernama Nepenthes attenboroughii, ini merupakan spesies tanaman karnivora terbesar yang mampu menampung air sebanyak 1.5 liter. Lebar kantungnya mencapai 14 cm sehingga memungkinkan bagi seekor tikus masuk ke dalamnya. Tikus yang masuk akan ditangkap, cairan asam dan enzim yang ada di dalam kantong akan menghancurkan tubuh tikus sehingga yang tersisa hanya tulangnya saja.

6. Dapat menetralkan PH air.

Bagi para petualang yang kehabisan air, bertemu kantong semar dengan posisi kantong tertutup merupakan sebuah keberuntungan. Air yang terdapat di dalam kantong semar yang tertutup bisa diminum untuk menghilangkan haus dahaga. Karena kantong semar mampu menetralkan PH air sehingga baik untuk diminum. Namun disarankan untuk mengambil air di dalam kantong semar yang tertutup, karena jika kantong yang terbuka air tersebut sudah terkontaminasi dengan serangga yang terjebak masuk ke dalamnya. Bagi penduduk di tepi hutan mempercayai bahwa air yang ada dalam kantong semar yang tertutup dapat menyembuhkan penyakit salah satunya sebagai obat batuk.

Pic: Dokumentasi Pribadi.
Threadh : Opini dan penelitian.
Tulisan : @prada567

Nah itulah tadi fakta-fakta unik mengenai kantong semar yang tidak banyak orang tahu. Diantara kaskuser semua, tahukah fakta unik kantong semar yang belum saya tuliskan di atas? Silahkan tambahkan komentar di bawah.


Original Posted By @prada567
comrade.frias
anthony305
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.2K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.