alva610Avatar border
TS
alva610
Bijak Bermedia Sosial, Jangan Unggah Beberapa Hal Berikut!

Sumber gambar : di sini



Media sosial, sudah menjadi trend masa kini. Sebagian besar orang sudah memiliki. Melalui media sosial, seseorang bisa menunjukkan eksistensinya. Berbagai kegiatan sehari-hari pun bisa dibagikan ke media sosial yang dimiliki, seperti foto selfie, foto makanan, liburan, belanja dan aktivitas harian lainnya. Namun, jangan berlebihan ya! Tetap harus bijak dalam bermedia sosial.


Oleh sebab itu, sangat penting untuk memperhatikan dan memilih apa yang diposting di media sosial. Walaupun akun media sosial adalah milik pribadi, apa yang diposting itu akan menjadi konsumsi publik. Jika salah posting, akan bisa membahayakan pekerjaan, hubungan dan identitas diri.


Lantas, hal apa saja yang tidak boleh diunggah di media sosial? Cekidot, Gan/Sist!


1. Mengunggah foto tumpukan uang yang dimiliki

Happyya, jika kita memiliki uang banyak. Apalagi uang itu hasil kerja keras sendiri. Tapi jika diunggah di media sosial, itu kurang bijak! Bisa menjadi sasaran empuk bagi perampok, apalagi jika menyertakan tempat di mana kita berada. Selain itu, juga terkesan riya dan sombong.


2. Jangan mengunggah informasi pribadi anak

Mengunggah foto lucu anak atau foto saat anak sedang sakit, pasti akan mengundang banyak respon pemakai media sosial lainnya. Namun, sebelum mengunggah alangkah baiknya jika dipertimbangkan dahulu apa dampak negatif kepada anak.


Quote:

Sumber : di sini


3. Tidak mengunggah tentang masalah pribadi

Jika ada masalah dengan keluarga, pasangan atau teman, jangan sekali-kali curat di medsos. Masalah itu aib, jika curhat di medsos berarti menyebarkan aib diri sendiri. Kalau ingin solusi, curhatlah kepada orang yang tepat dan bisa dipercaya.


4. Mengunggah sesuatu yang bukan hasil karyamu

Sepertinya sedang gencar diperbincang akhir-akhir ini, tentang plagiarisme. Boleh sih, mengunggah karya orang lain tetapi harus disertakan sumbernya atau pencipta aslinya. Plagiarisme itu tindakan yang melanggar Undang-undang. Jadi, stop plagiarisme!


5. Mengunggah kata-kata rasis

Kata-kata rasis jangan diunggah di media sosial. Karena dampaknya akan tidak baik dan melanggar UU ITE. Lebih baik, unggah kata-kata bijak yang bisa memotivasi diri sendiri dan orang lain. Stop rasisme!


6. Mengunggah data diri

Mengunggah data diri seperti KK, KTP, SIM, akta kelahiran dan paspor ke media sosial, sebaiknya dihindari. Hal tersebut bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab. Maka untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, usahakan jangan pernah mengunggah data diri ke media sosial.


7. Mengunggah berita palsu atau hoax

Mengunggah berita palsu atau hoax ke media sosial, berarti membohongi publik. Membohongi publik bisa menimbulkan pertikaian, kecemasan, perdebatan bahkan bisa membunuh karakter seseorang. Jadi, stop mengunggah berita palsu atau hoax di media sosial ya! Jika ada pihak yang dirugikan, bisa-bisa dilaporkan ke pihak yang berwajib.



Hati-hati bagi para pengguna sosial media. Jadilah netizen yang cerdas! Jangan lupa jaga kesehatan diri dan keluarga. Patuhi himbauan pemerintah untuk tetap di rumah. Jika terpaksa harus beraktivitas di luar, patuhi protokol kesehatan. Stay Health!



emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan



Referensi :
1. Opini pribadi
2. Di sini
3. Di sini
Diubah oleh alva610 20-06-2020 23:41
ach.titan
raliakbarrr
makiinun
makiinun dan 75 lainnya memberi reputasi
74
9.5K
346
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lifestyle
LifestyleKASKUS Official
10.4KThread10.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.