Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Sejarah Kemunculan Lampu Sein, Dulunya Cuma Aba – aba Pake Tangan

GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Sejarah Kemunculan Lampu Sein, Dulunya Cuma Aba – aba Pake Tangan

Lampu sein pada kendaraan kini menjadi salah satu komponen atau fitur keselamatan. Fitur ini berfungsi untuk memberikan aba – aba kalau kendaraan mau berbelok. Nyalain lampu sein saat bebelok wajib hukumnya. Jika gak dinyalain ditakutkan pengendara lain akan kaget dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Sejarah Kemunculan Lampu Sein, Dulunya Cuma Aba – aba Pake Tangan

Tapi tau gak sih Agan dan Sista, ternyata sejak awal kemuculan kendaraan bermesin, fitur ini belum digunakan GanSis. Karena pada zaman itu lalu lintas belum serumit sekarang. Sebelum tahun 1900, orang – orang masih menjulurkan tangan keluar mobil untuk ngasih aba – aba belok ke pengendara lain. Setelah menggunakan tangan, aba – aba berbelok sempat diganti dengan menggunakan lonceng atau menggerakkan bendera saat akan berbelok.

Namun, makin kesini orang mulai bereksperimen untuk membuat tanda berbelok dengan lebih simpel dan mudah digunakan.

Pemberi tanda belok pertama

Adalah Florence Lawrence yang berhasil merancang pemberi tanda belok mekanis pertama yang dipasang di mobil. Rancangannya ini mulai diaplikasiin pada 1914. Dengan alat ini, pengemudi cukup menekan tuas saat akan berbelok. Nantinya secara sederhana reaksi mekanis akan mengangkat dan menurunkan bendera di bumper belakang mobil ketika akan berbelok. FYI, berbarengan dengan tanda berbelok ini, Lawrence juga membuat tanda berhenti dengan mekanisme yang sama. Jadi ketika pengemudi menekan rem, sebuah tanda kecil dengan tulisan “Stop” akan muncul di bagian belakang mobil.

Pemberi tanda bereflektor

Dua orang pemuda asal Prancis dan Jerman, Max Ruhl dan Ernst, memodifikasi temua Lawrence pada 1927 dengan sistem elektrik dan memberikan teknologi reflector serta lampu kuning. Alat ini ditempatkan pada kedua sisi pilar B mobil. Teknologi ini banyak digunakan pada mobil – mobil pertama Inggris dan Jerman. Seperti VW Beetle, Austin A30, Aston Martin, dan Rover 1075.

Lampu sein kedip pertama

Dengan kemajuan zaman, bertambahnya populasi mobil dan ruas jalan yang makin besar, membuat peran dari lampu sein menjadi makin vital. Orang – orang udah mulai menyadari kalau lampu ini bisa meminimalisir kemungkinan kecelakaan di tikungan. Pada akhir tahun 1930 – an, Joseph Bell mematenkan lampu sein kedip pertama. Temuannya ini kemudian dilanjutkan oleh perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, Buick, yang menawarkan lampu sein kedip yang diberi nama Flash – Way Directional Signal pada tahun 1938.

Selang dua tahun, fitur pembatalan otomatis pada lampu sein ditambahkan, beserta dengan lampu sein tambahan di bagian depan. Fitur ini pun menjadi standar dari mobil Cadillac, Hudson, LaSalle, Chevrolet, dan Pontiac. Tahun 1968, lensa kuning dan penempatan lampu sein di 4 sisi kendaraan jadi aturan standar di Federal Motor Vehicle Safety Standards Amerika Serikat.

Nah, semakin berkembangnya teknologi, pabrikan otomotif mulai menyematkan LED pada lampu sein. Penggunaan teknologi LED ini dimulai sejak tahun 1980 – an.



doobey
davecchio
tien212700
tien212700 dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.7K
34
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.8KThread15.7KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.